Cara Menganti Oli Mobil Sendiri | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Menganti Oli Mobil Sendiri


Salah satu pemeliharaan yang bisa di lakukan sendiri adalah menganti menganti oli mobil.

Salah satu pemeliharaan yang bisa di lakukan sendiri adalah menganti menganti oli mobil. Proses ini mudah tapi membutuhkan beberapa alat. Meski begitu ini adalah cara untuk menghemat biaya perawatan kendaraan dan tanpa duduk membosankan di ruang tunggu sambil membaca majalah bekas. Baca disini: cara memilih oli mobil diesel terbaik

Dengan cara mengati oli sendiri pada dasarnya adalah cara bijak untuk lebih mengenali kendaraan Anda lalu mudah untuk belajar mengambil kontrol atas pemeliharaan tanpa tergantung dengan bengkel mobil. Ketika Anda berada di bawah mobil merupakan kesempatan yang baik untuk melihat-lihat dan memperhatikan hal lain yang mungkin tidak anda ketahui untuk di lakukan tindakan.

Hemat Uang


Waktu yang dibutuhkan untuk pemula biasanyas 1 jam lalu rata-rata 30 menit bila sudah mengetahui apa yang harus di kerjakan.

Peralatan yang dibutuhkan:

  • Kunci pas untuk membuka penutup saluran
  • Kunci Filter oli
  • Oil drain pan
  • saluran
  • Latex gloves
  • Jack and jack stands or ramps

Bahan yang dibutuhkan:


  1. Oli
  2. filter oli
  3. Penggantian drain plug washer (tergantung pada pengaplikasian)

Mari kita mulai


Beli Oli di toko onderdil sambil berkonsultasi atau mencari informasi mengenaii jenis dan jumlah oli yang bagus untuk mobil Anda. Baca juga: Tips memilih Oli mobil Terbaik

Seperti contoh Jumlah untuk Ford Explorer 2012 membutuhkan 5,7 liter oli. Sebaiknya beli 6 liter sekiranya membutuhkan 5,7 liter. Isi 5 liter mungkin memang mengoda karena jelas lebih murah sebagai ukuran yang lebih kecil, tapi jika harus membeli 2 tentu lebih, dan sisa oli /pun sejenisnya hanya akan kesulitan untuk menyimbanya. Terlebih bila Anda sendiri tidak memiliki tempat khusus.

Selalu pastikan untuk mencocokkan viskositas oli untuk mesin mobil. 2.0-liter Ford EcoBoost membutuhkan oli 5W-30. Jika menentukan sembarangan Anda bisa dengan mudah memilih 5W-20 sebagai gantinya. Tapi itu adalah oli yang ditetapkan untuk mesin V6 3.5-liter.

Periksa untuk persyaratan spesifik oli lainnya seperti yang didefinisikan Komite Persetujuan Internasional Pelumas Standarisasi (ILSAC.) Terkadang oli sintetis secara tegas menyerukan. Dan kadang juga itu tidak perlu. Ada juga yang penggunaannya harus memenuhi persyaratan tambahan.

Selain oli itu sendiri, Anda juga memerlukan filter oli, gunakan kunci untuk membuka penutup saluran, corong, panci drain dan mengunakan sarung tangan.
Selain oli itu sendiri, Anda juga memerlukan filter oli, gunakan kunci untuk membuka penutup saluran, corong, panci drain dan mengunakan sarung tangan. Mungkin juga perlu untuk mobil di naikan agar memudahkan pengerjaanya, maka memerlukan dongkrak "Jack and jack stands or ramps".

Dengan mudah Anda dapat membeli filter di dealer atau toko suku cadang mobil. Mungkin Anda perlu bertanya apakah Anda harus menguras steker washer baru. Dari sebagian dealer secara otomatis mencakup washer baru.

Pilih jenis kunci filter yang terlibat gerigi di ujung filter oli. Kunci mudah di temukan pada toko onderdil mobil. Ada banyak ukuran, tapi baik bila membeli 1 set kunci sekalian, mungkin suatu saat Anda memerlukan ukuran yang berbeda. Bersambung...


Cara Menganti Oli Mobil sendiri Teknovanza rasa tidak ada hal khusus untuk di uraikan dan di perhatikan selain beberapa hal di Atas. Karena ini adalah pekerjaan mudah yang Teknovanza yakin Anda mampu melakukankan. Dan yang terpenting adalah pilih oli terbaik untuk dan yang bagus untuk mobil Anda. Di Artikel selanjutnya akan Teknovanza sambung dengan posting yang lebih bermanfaat.. :D :D :D :)
Cara Menganti Oli Mobil Sendiri | Tri Sunenti | 5