Cara Mengidentifikasi Kerusakan Sabuk Pengaman | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Mengidentifikasi Kerusakan Sabuk Pengaman


Berikut ini cari memeriksa sabuk pengaman dengan benar.

Sabuk pengaman adalah salah satu fitur keselamatan mobil paling penting. Pada dasarnya mereka sudah dibuat agar kuat, efektif serta tahan lama. Tapi karena sifat alami, kekuatan itu akan berkurang di sebabkan faktor usia, pemakaian, serta panas sinar matahari secara langsung atau tidak. Untuk kinerja agar tetap baik maka harus diperiksa secara teratur mungkin juga perlu di ganti dengan yang baru. Berikut ini cari memeriksa sabuk pengaman dengan benar.

Webbing


Anyaman "Webbing" adalah bahan kain yang terikat di atas pangkuan Anda dan dada saat di gunakan. Webbing Ini adalah komponen sabuk pengaman yang paling rentan terhadap kerusakan. Cara melihat kerusakan dengan menarik keluar seluruh sabuk lalu periksa dengan hati-hati untuk pemotongan. Karena setiap potongan kecil dapat mengurangi kekuatan anyaman sebanyak dua per tiga. Teliti pada tepi anyaman untuk tempat berjumbai. Perhatikan ketebalan sabuk, tenunan dan kekuatan bahan.

Sering kali terdapat beberapa bagian yang rentan terhadap keausan dan berjumbai. Untuk itu Anda harus memperhatian lebih untuk daerah tersebut. Periksa daerah sebelah kait, daerah yang melintas di atas bahu penumpang ketika sabuk pengaman Anda kenakan termasuk juga semua bidang yang berada pada kursi jok mobil.

Gesper dan latch


Ketika memeriksa gesper sabuk pengaman Anda juga perlu melakukanya dengan hati-hati. Teliti semua bagian dan mungkin sudah retak, rapuh dan sejenisnya. Sering kali kita tidak menyadari dan mengetahuai denga jelas penyebab gesper rusak. Maka Anda perlu mengujinya dengan memasukkan kait ke gesper. Dan bila terdengar bunyi klik, maka fitur tersebut masih bekerja dengan baik.

Demikian juga dengan Latch memerlukan pemeriksaan yang hati-hati. Tanda-tanda kerusakan adalah keausan, berkarat dan mengalami korosi. Periksa dengan menarik sabuk pengaman untuk memastikan bahwa kait bisa terpasang dengan benar. Untuk mengidentifikasi kerusakan masukkan kait ke gesper secara perlahan. Bagian latch sabuk pengaman ini harus bisa menyelip dengan lancar. Dan bila berbunyi klik artinya semua baik.

Retraction Operation


Retractor Sabuk pengaman adalah komponen penting dari semua sistem karena memungkinkan seatbelt mampu menahan Anda saat kecelakaan. Mungkin Anda bisa melakukan tes sederhana untuk memastikan bahwa hal itu bekerja dengan baik. Caranya dengan menarik sabuk dan melepaskannya dengan perlahan. hal tersebut harus spool serta retract without binding.

Miliki sabuk pengaman terbaik untuk mobil Anda, jika hasil pemeriksaan menunjukkan tanda-tanda kerusakan atau sudah tidak lagi berkinerja dengan baik, sebaiknya segera diganti dengan yang baru untuk menjamin keamanan dan memastikan tingkat tertinggi keamanan di dalam mobil.
Cara Mengidentifikasi Kerusakan Sabuk Pengaman | Tri Sunenti | 5