Fitur Audio Mobil Yang Harus Ada | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Fitur Audio Mobil Yang Harus Ada


Fitur Yang Diperhatikan dan Cara Upgrade Sistem Audio Mobil

Fitur Yang Diperhatikan dan Cara Upgrade Sistem Audio Mobil

Setelah kemarin berbicara tentang head unit, amplifier dan speaker, selanjutnya kita sampai pada tahap membeli sistem audio untuk mobil baru dan dan sedikit akan menyingung cara meng-upgrade sistem pabrik dengan komponen aftermarket untuk meningkatkan kinerjanya.

OEM vs Aftermarket

Audio Mobil bawaan memang kurang memberikan pengalaman memuaskan dalam hal kualitas suara. Jadi tidak salah bila Anda berniat menggantikan sistem stereo pabrik dengan komponen aftermarket yang bagus di lengkapi dengan fitur terbaru dan tingkat kualitas suara terbaik, ini akan menjadi sangat bernilai.

Premi sistem OEM (original equipment manufacturer) yang baik dapat menyaingi setup aftermarket setara dalam hampir segala hal dan bahkan terkadang sangat jauh. Head unit di berbagai kendaraan juga terintegrasi ke dalam dasbor sedemikian rupa sehingga bisa menghabiskan isi kocek Anda jika ingin menggantinya (mungkin juga hasil akhirnya menjadi tidak terlihat menarik). Seperti sistem navigasi "GPS Mobil" dan Bluetooth, steering-wheel juga sering terkait pada head unit pabrik.

Ampli dan speaker dalam sistem juga ikut meningkat, walaupun cenderung jadi titik lemah dalam sistem OEM, tapi paling mudah untuk meng-upgrade nya.

Fitur Harus Diperhatikan

Dengan sistem yang semakin canggih dan teknologi baru seperti integrasi player musik, audio Bluetooth untuk mobil, seringkali membuat bingung tentang hardware audio mobil ini. Maka sangat di sarankan untuk
Dengan sistem yang semakin canggih dan teknologi baru seperti integrasi player musik, audio Bluetooth untuk mobil, seringkali membuat bingung tentang hardware audio mobil ini. Maka sangat di sarankan untuk Anda mengetahui apa yang penting dari sistem audio mobil sebelum membeli. Selanjutnya Anda akan menemukan sistem yang bagus, memuaskan dan yang terpenting Anda bisa tahu cara mengoperasikanya.

Ample power

Kekuatan cukup, Semoga Anda sudah membaca mengenai ulasan amplifier pada post sebelumnya, daya bersih yang cukup merupakan salah satu faktor terpenting untuk mereproduksi suara berkualitas bagus. Bahkan Speaker Mobil Terbaik bisa terdengar mengerikan ketika memakai amplifier underpowered yang menghasilkan distorsi.

Auxiliary input

Input tambahan, aux-in jack memungkinkan perangkat musik portabel seperti iPod di pasang menggunakan kabel, sekarang merupakan fitur umum dalam sistem audio. Dengan adanya ini akan lebih memungkinkan untuk semua player musik diintegrasikan ke dalam sistem audio mobil Anda, terkadang harus menggunakan kontrol di perangkat untuk mengakses konten, yang mengganggu ketika menyetir mobil.

Bluetooth audio

Audio Bluetooth, teknologi Bluetooth hands-free memungkinkan Anda lebih mudah menerima panggilan melalui sistem audio sehingga Anda juga dapat mendengar suara pemanggil dengan speaker, aliran musik audio Bluetooth nirkabel dari perangkat yang kompatibel dengan sistem audio. Namun terkadang kontrol terbatas pada volume atas dan bawah, track-melompat ke depan dan belakang. Tentang audio Bluetooth nanti kita ulas lebih rinci lagi pada postingan yang lain.

Controls on the steering wheel

Kontrol setir, fitur steering whell ini memungkinkan Anda mengoperasikan fungsi dasar seperti preset radio, volume atau musik melompat ke depan dan belakang dan juga untuk beralih dari sumber audio dengan tangan tetap dalam keadaan menyetir mobil. Anda juga lebih mudah untuk mengontrol player musik yang terhubung.

Easy-to-read display

Display mudah dibaca, layar atau monitor pada sistem audio juga 1 hal penting untuk di pertimbangkan, yaitu mengenai kemudahan cara mengoperasikan (sederhana), karena secara tidak langsung bisa berpengaruh pada tingkat keamanan, saat mengemudi mobil. Pastikan layar pada audio mudah untuk dibaca dan ingat untuk memeriksa visibilitas silau antara siang hari dan malam hari.

Intuitive controls

Meminimalkan gangguan saat mengemudi mobil, maka sistem audio dengan kontrol intuitif akan lebih mudah serta aman ketika Anda digunakan.

Separate subwoofer

Subwoofer terpisah, bass rendah merupakan yang di cari dari sistem audio yang bagus. Speaker mobil kecil tidak dapat mereproduksi suara frekuensi rendah yang realistis, sehingga sistem membutuhkan subwoofer yang dipasang terpisah.

USB port

Port USB, Kita tahu bahwa port USB adalah cara yang lebih bagus untuk mengintegrasikan player musik portabel. Anda dapat memanfaatkan kontrol head unit untuk mengontrol perangkat, sementara baterai perangkat juga memberi respon ketika terhubung pada port USB. Selanjutnya dapat juga menghubungkan USB flash drive lalu memutar file musik yang tersimpan di dalamnya.

Voice command

Bila Anda bisa mengoperasikan sistem perintah suara adalah cara termudah, nyaman dan paling aman ketika mengontrol sistem audio mobil. Ini juga memungkinkan untuk menganti stasiun radio, musik CD/VCD Player atau bahkan menelepon dan playlist pada musik player yang terhubung.

Tips Melakukan Audio Mobil | Upgrade Options

Tips Melakukan Audio Mobil | Upgrade Options
Untuk meningkatkan kualitas suara sistem audio OEM yang terintegrasi pada elektronik mobil dengan melakukan upgrade adalah pilihan terbaik dari pada harus menggantinya. Dan umumnya bagian tersulit yang mereka hadapi adalah pada pengetahuan komponen yang harus di ganti atau di tambahkan.

Jika sudah memiliki head unit OEM dengan fitur lengkap, mungkin Anda tidak ingin menggantinya. Tapi bagi mereka yang memiliki head unit bawaan tanpa fitur dan kinerja yang mereka inginkan, maka dapat memulai dengan unit aftermarket terbaik. Pastikan untuk menemukan sebuah toko audio mobil yang tahu jelas dan terbiasa dengan sistem elektronik mobil.

Jika menyukai head unit kecuali sistem suara, maka cara yang tepat adalah meningkatkan power amplifier dan mungkin juga harus mengganti speaker mobil sekalian. Coba untuk menambahkan lebih banyak kekuatan. Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas, tingal Anda mempelajarinya dan mempraktekanya. Suara yang buruk sering kali disebabkan karena kurang daya yang tepat bukan karena inferior speakers.

Selalu memastikan agar speaker mobil dapat menangani kekuatan ekstra dari amplifier. Biasanya toko audio mobil akan membantu Anda untuk mencocokkan add-on amplifier ke speaker bawaan. Lupakan untuk menambahkan 1.000 watt amplifier ke speaker pabrik dengan 300 watt. Biasanya sistem OEM jenis premium menggunakan kabel proprietary yang menyulitkan untuk swap out stock amplifiers termasuk untuk komponen speaker.

Bila head unit dan amplifikasi sudah tertangani, mungkin Anda akan lupa untuk upgrade speaker. Baca cara memasang Ampli disini. Speaker mobil yang dirancang sesuai dengan lokasi speaker bawaan mobil bisa menjadi cara yang mudah dan murah untuk meningkatkan sound sistem mobil Anda. Sound sistem yang bagus bisa di dapat dengan menambahkan subwoofer untuk respon bass agar lebih baik. Sebuah subwoofer besar terkadang tidak muat untuk lokasi yang dialokasikan untuk speaker. Untuk mengatasinya Anda memerlukan box subwoofer untuk mendapatkan bass yang baik. Sebuah solusi yang bagus adalah custom subwoofer di toko audio mobil dan box "kotak subwoofer" yang di desain khusus tanpa memerlukan banyak ruang.
Fitur Audio Mobil Yang Harus Ada | Tri Sunenti | 5