Memahami Dasar-Dasar Sistem Audio Mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Memahami Dasar-Dasar Sistem Audio Mobil


Seperti judul di Atas, kita akan coba memahami dasar - dasar dari sistem audio untuk mobil. Sebelum sampai pada Head unit, Ampli, Speaker, sekarang Teknovanza sampaikan dulu sejarah dan pengetahuan dasarnya. Ok! mari kita lanjut di bawah bagi yang ingin mengetahuinya.

Seperti judul di Atas, kita akan coba memahami dasar - dasar dari sistem audio untuk mobil. Sebelum sampai pada Head unit, Ampli, Speaker, sekarang Teknovanza sampaikan dulu sejarah dan pengetahuan dasarnya. Ok! mari kita lanjut di bawah bagi yang ingin mengetahuinya.

Sistem Audio Untuk Mobil

Sistem hiburan untuk mobil sudah ada sejak th. 1930, pertama kali di kenalkan oleh Motorola yaitu radio mobil, model 5T71. Lalu pada akhir th 80'n, sudah mulai berkembang dari basic penerima radio AM dengan sound tunggal untuk system elektronik yang kompleks mereproduksi musik serta hiburan yang lain. Sampai sekarang sistem audio mobil sudah bisa memutar musik mengunakan sumber audio : radio, CD/VCD, hingga pemutar musik portabel seperti iPod, audio Bluetooth serta hard-disk drive, USB flash drive, kartu SD. Hingga sekarang kecangihan teknologi Sistem GPS Untuk Mobil juga sudah bisa Anda miliki.

Dari sekian banyaknya pilihan yang mengagumkan audio dapat membuat kepala konsumen bergeleng-geleng sambil menikmatinya. Dengan banyaknya fitur dan pilihan maka setiap konsumen wajib " Mengerti dan Memahami Sistem Audio Mobil, " . Teknovanza akan mencoba memberi pemahaman mulai dari multifaset " infotainment " sistem audio sekarang ini. Hal ini akan menjadi sangat bermanfaat ketika Anda harus membeli 1 dari mereka "Tips Membeli Sistem Audio Mobil Online". Kelebihan lain dengan Anda memahami sistem seperti ini juga bermanfaat untuk melakukan perawatan sistem mobil Anda. Mengetahui apa dan mana audio mobil yang yang bagus lebih memudahkan setiap konsumen untuk memilih sebelum membeli untuk pertama kali atau yang baru. Terlebih bila ingin beli paket sistem audio mobil premium, tentunya dengan banyaknya uang yang di belanjakan karena menginginkan lebih dari yang biasa.

Dalam tahun2 terakhir ini, produsen mobil sudah mulai mengambil bagian untuk merek asli mereka (OEM). Tanpa kita perduli tentang hal itu, sistem audio mobil terbagi menjadi tiga bagian utama. pertama adalah radio atau sering kita sebut " head unit " ini mengontrol semua sistem serta menghasilkan audio. Selanjutnya adalah penguat, berfungsi untuk menambah kemampuan audio hingga bisa mendorong komponen. Terakhir, speaker, ini adalah yang mereproduksi suara.

Head Unit

Sebuah sistem audio rumah mengunakan komponen elektronik terpisah: radio tuner, amplifier, CD player, preamp - dikaitkan dengan beragam kabel.
Sebuah sistem audio rumah mengunakan komponen elektronik terpisah: radio tuner, amplifier, CD player, preamp - dikaitkan dengan beragam kabel. Di sebabkan ruangan yang di perlukan untuk kendaraan serba terbatas, mobil mesti meminimalkan banyaknya komponen ini untuk menjadi sebuah perangkat; head unit. Meski memiliki banyak fungsi, namun dua manfaat utama head unit adalah untuk mengontrol sistem volume serta menjadi sumber audio di mobil.

Bila kita melihat kembali sejarah otomotif, selama bertahun-tahun radio AM hanya manjadi satu sumber audio didalam mobil. Kemudian FM serta dalam bentuk format kaset seperti 8-track "tape mobil". Selang beberapa tahun hingga saat ini CD player sudah menjadi standard untuk setiap kendaraan. Dengan perkembangan yang tiada henti-hentinya sekarang head unit pabrik sudah banyak yang dapat menerima radio satelit dari service berlangganan. Saat ini untuk Radio HD juga sudah menyediakan AM/FM dengan penambahan fitur, saluran suara yang lebih baik.

Head unit dapat juga dipakai untuk mengontrol media player seperti iPod atau menavigasi isi dari USB flash drive yang terhubung ke sistem stereo mobil. Head unit audio Bluetooth dapat juga memainkan musik yang dialirkan dengan cara nirkabel dari hp yang cocok.

Head unit tidak hanya mengontrol sistem volume, umumnya tapi juga mengkontrol suara basic seperti bass serta treble untuk lebih memudahkan dalam menyesuaikan selera suara pendengar. Selain sudah di lengkapi sistem automatis untuk menyesuaikan volume, namun tetap bergantung pada ambient kebisingan. Sebagian system audio high-end OEM juga mempunyai subwoofer serta subwoofer-tingkat kontrol yang terpisah.

Amplifier

Sistem stereo mobil wajib mempunyai penguat untuk menambah kemampuan audio hingga cukup kuat untuk speaker menghasilkan suara. Amplifikasi merupakan sistem dua step dikerjakan oleh preamp serta power amplifier.
Sistem stereo mobil wajib mempunyai penguat untuk menambah kemampuan audio hingga cukup kuat untuk speaker menghasilkan suara. Amplifikasi merupakan sistem dua step dikerjakan oleh preamp serta power amplifier.

Preamp ini umumnya disimpan didalam head unit serta mengambil data dari radio, CD player atau sumber audio lainnya serta menyiapkan untuk power amplifier. Sistem ini menambah signal audio, yang membuatnya cocok dengan input dari power amplifier serta meyakinkan bahwasanya itu tahan pada noise yang bisa memancar dari elektronik yang lain didalam kendaraan. Selanjutnya Power amplifier mengambil preamp signal tingkat rendah serta menambah hingga speaker bisa menghasilkan suara.

Banyak head unit kecil memiliki built-in amplifier daya rendah yang bisa " mendorong " speaker yang lebih kecil. Hal semacam memungkinkan sistem audio untuk dikurangi sehinga cuma head unit serta sebagian sound. Namun untuk suara yang lebih baik memerlukan semakin banyak tenaga/kemampuan. Intinya sistem yang berkualitas bagus mempunyai power amplifier terpisah dari head unit lantaran ukuran mereka serta panas yang mereka hasilkan. Nanti Teknovanza ulas lebih rinci lagi mengenai amplifier.

Speaker

Pada intinya suara adalah getaran di udara yang kita dengar, serta speaker membuat getaran ini. Telinga manusia mendengar getaran dalam rentang frekuensi dari seputar 20 hertz (bass rendah) sampai 20.000 Hz (tinggi).
Pada intinya suara adalah getaran di udara yang kita dengar, serta speaker membuat getaran ini. Telinga manusia mendengar getaran dalam rentang frekuensi dari seputar 20 hertz (bass rendah) sampai 20.000 Hz (tinggi).

Beberapa sound otomotif paling basic dirancang komplit untuk menutupi semua rentang frekuensi. Namun dengan berusaha untuk menutupi semua spektrum frekuensi, dan biasanya tanggapan bass frekuensi yang lebih tinggi tak ada. Anda dapat memiliki reproduksi suara yang lebih akurat dengan memakai beragam jenis speaker didedikasikan untuk mereproduksi kisaran yang lebih kecil dari suara.

Woofer serta subwoofer yaitu speaker besar yang dirancang hanya untuk mereproduksi suara bass frekuensi rendah. Driver midrange aptly mengatasi frekuensi menengah-range. Sebagian dari sistem mengambil satu langkah selanjutnya serta memakai driver midbass spesial untuk mengatasi frekuensi pada bass rendah serta midrange. Tweeter yang paling kecil dari driver spesial serta mereproduksi frekuensi treble atas. Baca juga mengenai speaker aktif disini

Dari Banyaknya sitem suara mobil, dua speaker ukuran yang tidak sama dipadukan kepada satu frame untuk bikin dua arah speaker. Untuk misal, suatu speaker coaxial mount tweeter kecil pas diatas serta kepada sumbu yang sama untuk woofer berukuran kecil. Membuat speaker full-range dari dua driver.

Untuk sistem audio mobil yang lebih rumit, sering kali tata letak speaker terbagi dalam satu atau lebih dari subwoofer dengan driver midbass kiri serta kanan midranges serta tweeter. Terdapat banyak sistem high-end quality juga memakai midrange tunggal atau tweeter mungkin keduanya, pada dalam dasbor untuk saluran pusat bertujuan memperkuat panggung depan. Nanti di artikel selanjutnya Teknovanza uraikan tentang masalah ini. Sekian dulu.. :driver:
Memahami Dasar-Dasar Sistem Audio Mobil | Tri Sunenti | 5