Mengenal Komponen Dasar Head Unit Mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Mengenal Komponen Dasar Head Unit Mobil


Ada juga yang menyebutnya radio, Tetapi " head unit " adalah arti yang lebih pas untuk komponen ini lantaran adalah otak serta pusat komando system audio mobil.

Head Unit Untuk Mobil

Ada juga yang menyebutnya radio, Tetapi " head unit " adalah arti yang lebih pas untuk komponen ini lantaran adalah otak serta pusat komando system audio mobil. Lewat Head unit ini sangat mungkin Anda pilih sumber audio, mengatur volume serta memastikan lagu spesifik atau menentukan stasiun radio yang memutar lagu favorite Anda.

Seluruh sinyal audio juga di dimulai dari head unit. Lewat head unit ini Anda dapat membuahkan dua jenis suara, pertama " lewat udara" yakni sinyal; radio, serta dalam wujud format ; CD/VCD, tape mobil serta media digital yang lain. Suatu head unit mobil umumnya mempunyai semua fitur dan komponen lengkap serta lebih praktis namun speaker membuat penuh dasbor Anda. Lain halnya dengan komponen sistem home theater, dimana piranti seperti processor tanda serta amplifier bisa disimpan di unit terpisah lalu dikaitkan oleh suatu kabel.

Berikut ini adalah berbagai elemen sehinga membentuk sebuah head unit mobil.


Tuner

Seperti yang Teknovanza tulisan pada post sebelumnya, Dulu elektronik mobil tak ada pilihan lain kecuali radio AM. Maka nama " Tuner " awalya adalah radio FM. Sekarang di daerah metropolitan, stasiun radio telah mulai menyiarkan siarkan Radio HD.
Seperti yang Teknovanza tulisan pada post sebelumnya, Dulu elektronik mobil tak ada pilihan lain kecuali radio AM. Maka nama " Tuner " awalya adalah radio FM. Sekarang di daerah metropolitan, stasiun radio telah mulai menyiarkan siarkan Radio HD.

Sinyal Radio HD ini merupakan simulcast digital berkwalitas tinggi dari standard pemograman analog AM/FM. Sebagian stasiun juga menyiarkan program terpisah pada sub-frekuensi yang hanya tersedia dengan HD tuner. Sudah pasti, head unit mobil Anda mesti mempunyai dedicated tuner Radio HD agar bisa terima siaran itu.

Beberapa Produsen Mobil memberikan kekuatan HD Radio untuk kendaraan mereka sebagai perlengkapan standard atau untuk pilihan. Namun ada banyak customer tidak mengetahui HD, walau mutu suara lebih baik dengan feature tambahannya. Anda perlu mengecek ketersediaan Radio HD di daerah Anda sebelum membayar ekstra untuk feature itu.

Radio satelit Sirius serta XM lebih popular dengan customer. Service berbasis berlangganan ini tawarkan beberapa ratusan saluran pemrograman radio. Stasiun suara radio satelit adalah kualitas yang lebih tinggi dari radio analog. Radio satelit serta tuner Radio HD dapat juga ditambahkan pada head unit yg tidak mempunyai built in

Antena adalah sisi utama dari radio tuner. Selama bertahun-tahun, antena hanyalah tiang logam yang dipasang di bagian luar mobil. Banyak mobil terbaru saat ini mengunakan "sirip hiu", ini merupakan gaya antena yang aerodinamika serta lebih baik dalam penampilannya juga lebih praktis. Bila Anda tak lihat ke-2 type antena pada kendaraan Anda, barangkali mempunyai suatu array dari kawat tipis yang tertanam pada kaca mobil depan atau kaca belakang yang berfungsi untuk antena radio.

Disc-Based Music Sources

Head unit mobil juga memainkan materi direkam dari berbagai sumber. Delapan-track dan kaset pemain memiliki masa kejayaan mereka. Bahkan noise player sempat tampil dalam mobil pada tahun 60'n.
Head unit mobil juga memainkan materi yang direkam dari berbagai sumber. Delapan-track dan kaset pemain CD - tape mobil memiliki masa kejayaan mereka. Bahkan noise player sempat tampil dalam mobil pada tahun 60'n.

Player compact disc adalah non-radio sumber audio utama dalam mobil hari ini. Beberapa head unit dapat mengontrol jarak jauh. Head unit mobil yang memainkan CD/DVD juga populer, karena video DVD dapat di putar pada layar terpisah atau di belakang dan depan


Banyak CD Player modern juga dapat memutar file musik MP3 yang telah dibakar ke disc, yang membuat lebih banyak menyimpan lagu. Kebanyakan head unit yang memutar DVD juga dapat memutar file MP3 dibakar. DVD dapat menyimpan file secara signifikan lebih dari satu CD.

Sebagian head unit juga mempunyai built-in hard-disk drive yang bisa menaruh file musik yang ditransfer dari CD atau DVD. Disk drive ini tersedia dalam beragam ukuran dari 10GB ke 30GB, apabila ukuran semakin besar maka lebih memungkinkan untuk menyimpan musik semakin banyak lagi.

Portabel Sumber Musik

Umumnya head unit moderen selalu menawarkan cara-cara untuk mengintegrasikan pemutar musik portabel seperti iPod ke sistem audio mobil serta dapat mengaturnya dengan head unit. Konektor yang paling basic yaitu
Umumnya head unit moderen selalu menawarkan cara-cara untuk mengintegrasikan pemutar musik portabel seperti iPod ke sistem audio mobil serta dapat mengaturnya dengan head unit. Konektor yang paling basic yaitu " jack aux-in. " Anda gunakan kabel aksesories murah ke aux-in jack, lalu menghubungkannya ke jack headphone dari iPod atau pemutar musik yang lain. Anda mengoperasikan piranti memakai kontrol sendiri dengan jack aux-in, walau head unit mobil bakal sesuaikan volume. Suatu jack aux-in juga tidak memerlukan pengisian baterai player musik.

Langkah yang lebih baik untuk menghubungkan pemutar musik portabel yaitu lewat port USB. Anda bisa mengoperasikan piranti memakai kontrol head unit ini. Baterai akan di cas saat terhubung lewat USB. Umumnya mobil dengan port USB bakal memutar file musik dari USB thumb-jenis drive memori juga. Sebagian kendaraan juga mempunyai slot kartu SD untuk akses ke file musik pada bahwasanya sumber media portabel, yang paling kerap dihubungkan dengan kamera digital.

Pada akhirnya, suatu teknologi yang dimaksud audio Bluetooth nirkabel bisa kirim file musik dari piranti yang cocok untuk system audio mobil, seperti Bluetooth untuk hands-free sangat mungkin untuk mendengarkan suara pemanggil dengan speaker sound sistem mobil. Ada peringatan dari Bluetooth : Kontrol terbatas pada manfaat basic seperti play/pause serta lagu-melompat ke depan/belakang, serta head unit umumnya tak menghadirkan info seperti nama artis dan judul lagu.

Amplifier

Nanti pada post berikutnya Teknovanza bahas lebih detail lagi. Tapi kita perlu mengetahui gambaran singkat di sini karena sebagian besar head unit mobil memiliki built-in amplifier kecil.
Nanti pada post berikutnya Teknovanza bahas lebih detail lagi. Tapi kita perlu mengetahui gambaran singkat di sini karena sebagian besar head unit mobil memiliki built-in amplifier kecil. Penguat sebenarnya terbuat dari dua komponen, preamplifier (preamp) dan power amplifier.

Preamp mengambil data dari tuner radio, CD player atau sumber audio yang lain serta sedikit menambah sebelum saat mengirimnya ke power amplifier. Power amplifier makin memperkuat tanda itu hingga cukup kuat untuk memindahkan kumparan suara dari speaker dalam system audio mobil. (temukan informasi lebih banyak tentang speaker pada halaman lain)

Controls

Tak hanya beroperasi sebagai sumber audio, head unit dapat juga sesuaikan suara dengan kontrol suara bass serta treble atau mungkin dengan equalizer built-in. System yang lebih tinggi juga memakai pemrosesan sinyal digital yang mutakhir (DSP)
Tak hanya beroperasi sebagai sumber audio, head unit dapat juga sesuaikan suara dengan kontrol suara bass serta treble atau mungkin dengan equalizer built-in. System yang lebih tinggi juga memakai pemrosesan sinyal digital yang mutakhir (DSP) teknologi untuk lebih membuat suara serta memerangi Ambient kebisingan yang umum berasal dari kabin mobil.

Sudah pasti, head unit juga mengontrol semua sistem volume. Namun hari ini Anda barangkali tak perlu menyentuh suatu tombol atau tombol di dasbor untuk mengoperasikan aspek-aspek spesifik dari sistem audio mobil Anda. Begitu banyak sistem audio mobil sudah mempunyai kontrol volume pada setir yang bisa merubah stasiun radio atau lagu CD.

Sebagian mobil juga mempunyai steering-wheel switch yang untuk mengoperasikan sistem audio lewat perintah suara. Dan sebagian sudah tersedia fitur untuk pengemudi berpindah sumber audio atau merubah stasiun radio serta lagu CD hanya dengan menghimpit 1 tombol atau mengunakan perintah suara.

Elements of Car Audio

Ada banyak komponen untuk membuat sebuah sistem audio mobil. Memahami peran masing-masing akan memungkinkan Anda untuk membuat keputusan suara ketika Anda membeli mobil baru, atau ketika Anda sedang berbelanja komponen audio baru untuk mobil Anda saat ini.
Ada banyak komponen untuk membuat sebuah sistem audio mobil. Memahami peran masing-masing akan memungkinkan Anda untuk membuat keputusan suara ketika Anda membeli mobil baru, atau ketika Anda sedang berbelanja komponen audio baru untuk mobil Anda saat ini.
Mengenal Komponen Dasar Head Unit Mobil | Tri Sunenti | 5