Pahami Speaker Untuk Sistem Audio Mobil Terbaik Anda | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Pahami Speaker Untuk Sistem Audio Mobil Terbaik Anda


Sebelumnya kita sudah membahas head unit dan amplifier juga pengertian lebih jauh lagi mengenai Audio Mobil. Head unit dan amplifier adalah komponen yang menghasilkan dan kemudian memperkuat sinyal audio.

Speaker Mobil

Sebelumnya kita sudah membahas head unit dan amplifier juga pengertian lebih jauh lagi mengenai Audio Mobil. Head unit dan amplifier adalah komponen yang menghasilkan dan kemudian memperkuat sinyal audio. Namun tanpa adanya speaker yang bertugas mengambil sinyal listrik lalu mengubahnya menjadi suara, semuanya sia-sia dan hanya akan ada keheningan.

Sound

Untuk memahami bagaimana speaker menciptakan suara, postingan Teknovanza kali ini membantu Anda untuk memahami bahwa suara adalah gelombang tekanan yang dilakukan melalui udara. Saat terjadinya gelombang tekanan tersebut menyentuh gendang telinga Anda lalu menyebabkannya bergetar, kemudian otak menafsirkan kejadian ini sebagai suara. Hal ini membuat mudah untuk memahami apa itu speaker: Dari getaran lalu menciptakan tekanan di udara yang kita dengar sebagai suara.

Getaran gelombang suara diukur berapa kali mereka terjadi tiap /detik. Untuk Frekuensi gelombang suara dinyatakan dalam hertz, atau siklus /detik. Jika frekuensi getaran semakin rendah maka semakin rendah juga nada suara. Dan semakin tinggi getaran frekuensi maka semakin tinggi nada suara. Ini bagian syarat dari bass dan treble.

Seperti yang kita ketahui bahwa pendengaran manusia terbatas hanya pada kisaran frekuensi tertentu, 20-20,000 hertz. Yang terdalam noice bass agar kita dapat mendengar adalah pada angka 20 hertz, meskipun sebenarnya manusia bisa mendengar frekuensi lebih rendah. Sedang untuk frekuensi treble tertinggi agar kita mendengar adalah 20.000 hertz.

Setiap orang memiliki tingkat pendengaran yang berbeda. Dan orang juga akan mengalami gangguan pendengaran karena usia, frekuensi terutama lebih tinggi. Eksposur suara sangat keras dan suara keras terlalu lama dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Jadi keputusan yang baik adalah dengan memakai pelindung pendengaran ketika berada di sebuah konser keras, mobil balap dan untuk menghindari mendengarkan musik pada volume keras di mobil pengunaan headphone untuk jangka waktu yang lama.

Selanjutnya, Amplitudo atau kenyaringan suara diukur dalam desibel (dB). Dengan sedikit kebisingan latar belakang, Anda bisa mendengar suara yang sangat lembut hinga di bawah 50 dB. Suara berisik ada pada 60-70 dB. Angka 80 dB sangat keras, Jika terlalu lama pada 90 db maka akibatnya dapat merusak pendengaran Anda. Hindari pengunaan tingkat 100-plus dB untuk sistem audio karena dapat merusak pendengaran lebih cepat.

Speaker

Mungkin Anda sudah memahami bahwa sound menciptakan tekanan yang kita anggap sebagai suara, selanjutnya kita ketahui cara speaker bekerja. Sound juga disebut transducer dikarenakan mengubah energi listrik dari amplifier menjadi energi mekanik, yang merupakan gerakan cone speaker. Gerakan cone speaker menghasilkan tekanan suara untuk kita dengar. Baca juga cara memaksimalkan suara speaker.

Sedangkan Audio amplifier memiliki output positif dan negatif yang terhubung ke terminal input speaker melalui kawat. Lalu arus bolak-balik dari amplifier disalurkan melalui sebuah kumparan kawat yang disebut sebagai voice coil yang dihubungkan menuju terminal speaker melalui kawat lead. Voice coil, ini adalah wound di sekitar cone speaker yang lebih kecil. Cone ini ditangguhkan dalam sebuah magnet tetap pada frame speaker.

Selanjutnya Arus dari ampli menciptakan medan elektromagnetik di sekitar kumparan suara. Disebabkan magnet pada frame suara adalah tetap di tempat dan kumparan suara dapat bergerak bebas maka arus bolak-balik dari amplifier bergerak ke cone speaker untuk membuat suara. Speaker Aktif Silahkan Baca Disini.

Speaker khusus

Speaker paling umum dalam sistem audio mobil disebut "full-range" ini dirancang untuk mereproduksi rentang frekuensi pendengaran manusia.
Speaker paling umum dalam sistem audio mobil disebut "full-range" ini dirancang untuk mereproduksi rentang frekuensi pendengaran manusia. Namun secara fisik tidak mungkin untuk speaker tunggal mencakup berbagai macam suara yang akurat.

Solusinya adalah dengan menggunakan speaker khusus yang dirancang untuk mereproduksi bagian tertentu dari spektrum frekuensi. Karena cone kecil dapat bergerak sangat cepat sedang tweeter mereproduksi frekuensi tinggi. Subwoofer dalah speaker besar yang mendorong lebih banyak udara dan bergerak lebih lambat untuk membuat frekuensi bass. Sedangkan untuk speaker midrange adalah mereproduksi frekuensi antara tweeter ataupun woofer.

Biasanya jenis sistem audio mobil yang kompleks juga memanfaatkan driver midbass untuk menangani frekuensi antara bass yang dalam dan midrange. Tugas speaker menggabungkan beberapa driver "Dua arah" contohnya midrange dan tweeter, untuk satu frame menghemat ruang di dalam kendaraan.

Crossing Lebih

Dibutuhkan lebih banyak kekuatan untuk memindahkan subwoofer cone besar ketimbang tweeter cone kecil. Jika sinyal audio yang kuat dirancang untuk subwoofer maka hasilnya hanya merusak tweeter kecil.

Pada postingan amplifier sebelumnya sudah membahas bagaimana sirkuit crossover yang membagi sinyal audio sehingga beberapa saluran amplifier dapat menangani rentang frekuensi tertentu. Dengan demikian akan memungkinkan speaker untuk mendapatkan sinyal audio mereka dirancang untuk memproduksi dan jumlah daya.

Dan pada post tersebut menyebutkan bahwa beberapa sistem menggunakan crossover[pasif]. Crossover pasif ditemukan pada speaker dua arah dan membagi frekuensi antara dua speaker untuk satu frame.

Teknovanza

Sampai di tahap ini sudah mencakup setiap aspek dari sistem audio terbaik untuk mobil Anda, mulai dari sumber audio, head unit untuk suara speaker. Postingan selanjutnya Teknovanza akan mencoba memberitahu kepada Anda apa yang harus dicari dari sebuah sistem audio yang bagus dan cara memperbaikinya sekiranya itu tidak menghasilkan suara berkualitas tinggi.
Pahami Speaker Untuk Sistem Audio Mobil Terbaik Anda | Tri Sunenti | 5