Pengetahuan Dasar Sistem Audio Mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Pengetahuan Dasar Sistem Audio Mobil

Tentang Audio Mobil

Sistem audio mobil bisa menjadi tugas berat dan penuh resiko tanpa adanya pengetahuan dan informasi yang tepat.
Sistem audio mobil bisa menjadi tugas berat dan penuh resiko tanpa adanya pengetahuan dan informasi yang tepat. Seperti halnya Anda harus mengetahui tentang komponen yang di butuhkan, informasi mengenai komponen itu sendiri dan juga bagaimana cara terbaik pengunaanya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara mengatur sistem audio mobil sendirian, kali ini Teknovanza akan memberi sedikit informasi dasar.

Head Unit

Pertama kali tentukan head unit yang Anda sukai. Sebuah head unit adalah nilai modern dari sistem stereo
Pertama kali tentukan head unit yang Anda sukai. Sebuah head unit adalah nilai modern dari sistem stereo. Patikan untuk memilih yang terbaik dan model terbaru, jangan ragu untuk bertanya pada teman tentang pilihan paling sesuai untuk mobil Anda, seperti kesesuaian, dashboard, warna, desain, etc. Selain itu pilih yang memiliki banyak fungsi seperti audio player, video player, MP3, CD/DVD dan akomodasi aksesibilitas penyimpanan perangkat eksternal. Selanjutnya setelah menentukan jenis head unit yang tepat adalah mengenai daftar komponen lain seperti: amplifier, kapasitor, pengeras suara, subwoofer, tweeter, kabel dan aksesoris. Selain harus menentukan ukuran yang tepat dari masing-masing komponen tersebut,  jangan lupa untuk mempertimbangkan ruang interior mobil, meliputi warna dan desain dari masing-masing.

Sound proofing | Peredam

Sound proofing mobil sangat penting untuk menghilangkan kebisingan eksternal yang mengganggu Anda dan terus-menerus bergetar di dalam mobil Anda.
Sound proofing mobil sangat penting untuk menghilangkan kebisingan eksternal yang mengganggu Anda dan terus-menerus bergetar di dalam mobil Anda. Sound proofing terdapat banyak pilihan produk yang tersedia meliputi, busa, karpet dan seprai yang dapat menyerap getaran suara. Selain untuk melindungi interior mobil dari suara mesin, Sound proofing akan menciptakan suasana lebih damai di dalam mobil serta dapat mendengar sistem audio mobil yang lebih jelas dan tajam.

Ampli

Selanjutnya Amps. Sebuat Amplifier tersedia dengan banyak bentuk/model/type/jenis dan ukuran, pasti harus memilih yang powerful agar bisa tahan lebih lama.
Selanjutnya Amps. Sebuat Amplifier tersedia dengan banyak bentuk/model/type/jenis dan ukuran, pasti harus memilih yang powerful agar bisa tahan lebih lama. Hati-hati dengan amplifier berkualitas rendah jika Anda menginginkan Audio Mobil Yang Bagus Untuk Mobil Anda. Sebuah ampli harus ditempatkan pada bagian belakang head unit atau harus sedekat mungkin. Serta cukup ventilasi yang baik dan harus memiliki akses aliran udara yang cukup. Amps powerful adalah kontrol yang lebih baik dan akan lebih keras dalam menghasilkan suara sound system Anda. Selain Ampi juga memerlukan sebuah kapasitor karena ini adalah sahabat karib :D , ia berfungsi untuk memasok listrik saat terjadi ledakan pendek yang tiba-tiba, yang mungkin di sebabkan oleh aki mobil. Selain itu juga membantu Anda ketika ada masalah lampu mobil redup setiap kali menyalakan sistem audio mobil.

Speakers | Loud speakers, subwoofer dan tweeter

Item terakhir yang Anda butuhkan adalah speaker dan kabel. Dalam Audio, Speaker dibagi menjadi tiga bagian yaitu: loud speakers, subwoofer dan tweeter.
Item terakhir yang Anda butuhkan adalah speaker dan kabel. Dalam Audio, Speaker dibagi menjadi tiga bagian yaitu: loud speakers, subwoofer dan tweeter. Kerja loud speakers adalah mereproduksi sinyal suara dari ampli, pada umumnya mereka mampu memaksimalkan kisaran rata-rata di lapangan tetapi akan jatuh pendek ketika datang untuk menurunkan dan rentang suara yang lebih tinggi. Bagian speaker selanjutnya adalah Subwoofer, mereproduksi bass nada rendah, dengan memasang sepasang subwoofer di mobil maka akan dapat meningkatkan output suara. Bagian terakhir, tweeter, Untuk kisaran suara yang lebih tinggi. Tweeter sangat baik dalam memilih nada tinggi dan efisien ketika mereka mereproduksi nya.

Sebelum melakukan setting audio mobil, sebaiknya kabel dan aksesoris juga perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Susun rencana di mana Anda akan menempatkan semua komponen serta mengukur panjang yang dibutuhkan untuk semua kebutuhan kabel, gunakan kabel yang kompatibel, kabel kit, sekering serta adaptor.
Pengetahuan Dasar Sistem Audio Mobil | Tri Sunenti | 5