Pengetahuan Dasar Speaker & Loudspeaker | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Pengetahuan Dasar Speaker & Loudspeaker


Loudspeaker atau yang kita kenal dengan sebutan speaker adalah sebuah transduser electroacoustic yang menghasilkan suara dengan menanggapi sinyal input audio listrik.

Loudspeaker rumah Serta tiga jenis driver dinamis

  1. Mid-range driver
  2. Tweeter
  3. Woofer
Loudspeaker atau yang kita kenal dengan sebutan speaker adalah sebuah transduser electroacoustic yang menghasilkan suara dengan menanggapi sinyal input audio listrik. Bisa di artikan bahwa speaker mengubah sinyal listrik menjadi sinyal yang dapat kita didengar. Speaker pertama kali dikembangkan sebagai aksesori untuk sistem telepon pada akhir tahun 1800'n. Sedangkan amplifikasi elektronik dengan bentuk tabung vakum ada sekitar th 1912 yang saat itu membuat speaker menjadi lebih praktis. Lalu sekitar th 1920 speaker sudah digunakan dalam; radio, phonographs, dan sistem teater.

Selanjutnya Speaker populer dengan bentuk yang dinamis. Loudspeaker dinamis beroperasi pada prinsip dasar yang sama seperti mikrofon dinamis pada umumnya, hanya saja untuk menghasilkan suara dari sinyal listrik secara terbalik. Saat listrik masukan sinyal audio saat ini diterapkan melalui kumparan suara, sebuah kumparan kawat tergantung di celah melingkar antara kutub magnet permanen, kumparan dipaksa untuk bergerak cepat bolak-balik karena hukum Faraday induksi, yang menyebabkan kerucut kertas yang melekat pada kumparan untuk bergerak maju mundur, mendorong di udara untuk membuat gelombang suara. Selain metode yang paling umum ini, terdapat beberapa teknologi alternatif yang dapat digunakan untuk mengubah sinyal listrik menjadi suara.

Tingkat Reproduksi yang tinggi dari suara tentunya diperlukan, sebagian speaker dapat digunakan. Speaker Miniatur ditemukan di perangkat seperti radio dan TV, dan pemutar musik lainya. Sistem loudspeaker lebih besar digunakan untuk musik seperti di bioskop dan untuk konser.

Speaker biasanya ditempatkan di sebuah box, sering kali berbentu kotak persegi panjang atau kotak yang terbuat dari kayu atau juga plastik. Baca di sini 10 cara mimilih speaker aktif terbaik

Woofer

Pengertian woofer adalah sebuah driver yang mereproduksi frekuensi rendah. Mid-range driver di gabungkan dengan desain box untuk menghasilkan frekuensi rendah yang cocok serta pas
Pengertian woofer adalah sebuah driver yang mereproduksi frekuensi rendah. Mid-range driver di gabungkan dengan desain box untuk menghasilkan frekuensi rendah yang cocok serta pas. Mungkin sebagian sistem loudspeaker menggunakan woofer untuk frekuensi terendah, terkadang cukup baik ketika tidak mengunakan subwoofer. Selanjutnya, dari beberapa pengeras suara menggunakan woofer untuk menangani frekuensi menengah dan untuk menghilangkan driver mid-range. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan pemilihan tweeter yang dapat bekerja cukup rendah yang dikombinasikan dengan woofer yang merespon cukup tinggi, koheren dalam frekuensi tengah.

Mid-range driver

Mid-range speaker driver loudspeaker mereproduksi frekuensi tengah. Sebuah Diafragma Mid-range driver dapat kita buat dari kertas atau bahan komposit,
Mid-range speaker driver loudspeaker mereproduksi frekuensi tengah. Sebuah Diafragma Mid-range driver dapat kita buat dari kertas atau bahan komposit, dan sebagai penggerak langsung radiasi atau mereka dapat menjadi driver kompresi. Seandainya driver mid-range adalah radiator langsung, dapat kita dipasang pada baffle depan bok loudspeaker, driver kompresi, untuk menambah tingkat output dan pengendalian pola radiasi yang dihasilkan.

Tweeter

Seperti yang kita ketahui bahwa tweeter adalah driver frekuensi tinggi yang mereproduksi frekuensi tertinggi dari sistem speaker.
Bukan Saya Gan... Twitternya. Ente SALAH masukin Gambar
Seperti yang kita ketahui bahwa tweeter adalah driver frekuensi tinggi yang mereproduksi frekuensi tertinggi dari sistem speaker. Sering kali kita temukan masalah utama dalam desain tweeter adalah mencapai cakupan suara sudut lebar (respon off-axis), hal ini di sebabkan suara frekuensi tinggi cenderung meninggalkan speaker dalam balok sempit. Jika Amda mencari Tweeter Soft-kubah bisa ditemukan pada sistem home stereo. Sedangkan untuk tweeter Ribbon lebih mendapatkan popularitas, kekuatan output telah ditingkatkan ke tingkat yang berguna untuk penguatan suara profesional.

Pengetahuan Dasar Speaker & Loudspeaker | Tri Sunenti | 5