Baca ini Sebelum Beli Mobil Mesin Diesel | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Baca ini Sebelum Beli Mobil Mesin Diesel


Langkah Panduan Sebelum Membeli Mobil Second Yang Bermesin Diesel

Langkah Panduan Sebelum Membeli Mobil Second Yang Bermesin Diesel


Di Situs Otomotif Teknovanza.com ini sudah banyak tersedia berbagai tips mengenai cara membeli mobil bekas, tapi untuk saat ini secara khusus Teknovanza akan memberikan tips untuk anda cara mengecek mesin serta bagian2 mobil disel sebelum anda memutuskan membeli mobil second. Jadi langsung saja kita mulai membahasnya:

Meski harga solar di Indonesia terus mengalami kenaikan, dan sekarang malah sudah tidak mendapat biaya subsidi dari pemerintah. Tapi mobil diesel ini tetap banyak di minati masyarakat, buktinya di jalan masih mudah kita temukan berbagai merek dan jenis dari kendaraan berbahan bakar solar ini.

Setiap kendaraan yang bermesin diesel pada umumnya merupakan mobil pekerja keras tapi dengan perawatan yang minim, asal mesin belum mati dan masih bisa di paksa, asap hitamnya pun terus di pacu agar keluar semakin banyak lagi :D . Di sebabkan kondisi seperti inilah yang menyebabkan mobil diesel bekas yang di jual juga kurang dirawat. Dari banyaknya merk dan jenis Mobil diesel yang bandel, tapi masih banyak juga selalu di rawat dengan baik oleh si-Empunya.

Type mobil diesel untuk keluarga, antara lain; Isuzu Panther, Toyota Kijang Diesel dan Daihatsu, itu adalah beberapa pilihan terbaik bila Anda sedang mencari rekomendasi. Sebelum keluar lebih jauh keluar dari judul artikel, langsung saja kita kembali mengulas tips membeli mobil bekas bermesin disel di atas. Berikut ini adalah beberapa tahap atau bagian untuk Anda teliti dan cermati sebelum membeli:

Cek bagian mesin

Pertama kali yang harus kita lakukan adalah membuka kap mobil untuk menganalisa bagian komponen mesin. Silahkan lakukan pengecekan dengan benar, cermat dan teliti agar terhindar dari membeli mobil bekas yang mesinnya bermasalah. Selain Anda akan merasa kena tipu, hal ini akan memaksa Anda untuk mengeluarkan biaya perawatan yang relatif mahal, karena bagian dari mesin diesel sangat vital sekali.

Ketahui dengan pasti apakah kondisi mesin masih kering atau terdapat bekas-bekas oli karena rembesan, selanjutnya control bagian manifold knalpot apa ada yang basah atau dalam keadaan kering, Kemudian lakukan pengecekan juga pada selang-selang power steering mungkin ada kebocoran atau hanya sekedar rembesan. Dengan mengetahui kondisi kepala baut yang masih bagus atau sudah pada lecet-lecet bisa menandakan bahwa mesin disel tersebut sering atau pernah dibongkar, jadi ketahui juga kondisi dari baut-baut ini atau mungkin juga ada yang hilang. Melakukan analisa dengan baik dan benar adalah kunci utama untuk Anda mendapatkan mobil diesel yang terbaik.

Kontrol oli mesin

Selanjutnya adalah oli mesin diesel. Cara melakukan kontrol pada oli mesin adalah dengan menarik dipstick oli, setelah itu cermati apakah volume oli berada pada garis normal, dan mengenai kekentalannya, Perhatikan; "bila oli terlalu kental sering kali di gunakan untuk mengelabui suara mesin mobil diesel yang kasar, mengunakan cara demikian bertujuan agar mesin terdengar halus".

Cek bagian radiator

Saat keadaan Mesin dingin, buka tutup radiator mobil disel tersebut, bila radiator keruh dan berwarna coklat berarti kurang kendaraan kurang terawat. Sedang warna hijau atau merah itu berarti bahwa unit pendinginan mesin terawat. Kondisi air ini sangat penting untuk Anda ketahui karena akan mempengaruhi performa dan durabilitas

Hidupkan mesin

Setelah melakukan pengecekan dengan teliti hal-hal diatas selanjutnya hidupkan mesin disel tersebut. Ketahui dan pahami arti dari bunyi bunyian aneh yang mungkin timbul. Pertama gas secara perlahan, setiap mesin mobil diesel yang bagus suaranya terdengar padat dan ketika gas Anda lepaskan atau saat kembali ke idle. Saat mesin mobil hidup serta mulai agak panas, selanjutnya buka tutup oli mesin tersebut, waspadai bila keluar asap hitam tebal karena unit mesin sudah mengalami bocor kompresi, itu berarti perlu dilakukan turun mesin.

Transmisi, bagian kolong, gardan serta kaki-kaki

Berikutnya periksa bagian transmisi apakah terjadi kebocoran atau juga rembes oli transmisi mesin diesel, demikian juga pada bagian gardan apa terdapat rembesan oli. Selanjutnya pada bagian kolong untuk memastikan juga apakah ada chasis yang bermasalah mungkin keropos atau lainnya. Periksa dengan teliti bagian bawah untuk mengetahui kondisi body, mungin terdapat banyak tambalan-tambalan atau sudah mulai berkarat. Terakhir adalah mengkontrol kaki-kaki, per dan shock breaker mobil masih normal atau tidak bisa di lakukan dengan cara menggoyang-goyangkan bodi mobil diesel tersebut dari samping.

Cek bagian bodi mobil

Melakukan pengecekan bagian body merupakan sesuatu yang gampang-gampang susah, tapi bila Anda adalah ahli tentu mudah dan hanya memerlukan waktu singkat.
Melakukan pengecekan bagian body merupakan sesuatu yang gampang-gampang susah, tapi bila Anda adalah ahli tentu mudah dan hanya memerlukan waktu singkat. Dalam pengecekan ini yang terpenting adalah bahan bodi mobil masih utuh atau tidak, Tapi bila semua cat mobil masih asli atau original, ini adalah keuntungan tersendiri bagi Anda sebagai pembeli. Akan tetapi untuk mobil diesel mungkin Anda lebih mudah menjumpai baret pada catnya. Baret pada bodi bisa di hilangkan mengunakan kompon mobil, Cara mengkompon bisa juga Anda baca di Teknovanza.

Pengecekan Rangka serta Sambungan

Amati pada bagian rangka serta tiap sambungan pintu apakah masih simetris? Setelah itu pada sela-sela pintu apakah terdapat kotoran yang mencurigakan seperti mobil bekas kena banjir, nanti dibawah Teknovanza lampirkan setikit tips mengetahui mobil bekas banjir. Tahap selanjutnya pada rangka depan kap mobil apakah masih utuh atau terlihat pernah dilas. Sekiranya memang ada bekas las kemungkinan besar itu adalah mobil bekas kecelakaan. Jangan ragu untuk melakukan ketok-ketok dengan tangan secara perlahan pada seluruh bagian body mobil, bila terdengar apakah bunyi “dug-dug” atau sudah tidak nyaring berarti sudah banyak dempul.

Cek bagian interior

Cermati dan pastikan bahwa unit-unit engsel, kait pintu normal dan masih bagus, lakukan pengecekan dengan cara buka tutup pintunya untuk memastikan suara pintu terdengar mantap ketika di tutup. Lihat karet pintu serta peredam pada mesin untuk memastikan suara berisik tidak masuk ke kabin. Lakukan pengecekan juga bagian dasbor seperti kisi-kisi AC, termasuk juga indikator spedometer harus berfungsi dengan baik. Jangan lupa jok mobil apakah masih memiliki busa bagus? Saat memastikan interior masih original atau tidak Anda juga harus memastikan plafond an doortrim apakah banyak kotoran atau lumpur yang terselip disela-sela karpet, karena ini untuk mengetahu apakah korban banjir.

Cek Setir dan Kemudi

Cara mengcek kemudi adalah dengan cara membelok-belokkan setir kekanan dan kekiri secara maksimal, Dengan cara demikian untuk mengetes kerja power steringnya normal atau bermasalah, sambil Anda mewaspadai terhadap bunyi-bunyi yang mungkin ada.

Pedal gas, rem seta kopling mobil masih empuk atau sudah keras

Cara memeriksa bagian tuas transmisi apakah masih bagus atau tidak adalah dengan memasukkan gigi transmisi, mudah ataukah sukar.

Cek Kabel dan Kelistrikan

Cara mengecek kabel adalah dengan cara melongok ke bawah kolong, Sekiranya tiap kabel masih tertata dengan rapi berarti anda menemukan kondisi mobil yang utuh. Utuh dalam artian ini si pemilik lama belum memodifikasi elektronik secara berlebihan, dengan kondisi kabel tersusun rapi dan asli lebih menjamin bahwa mobil jarang mengalami masalah pada wiring dan konslet.

Cek Aksesoris

Aksesoris elektronik yang perlu di lakukan pengecekan di antaranya; power window, central lock atau sistem alarm mobil. Serta jangan lupa untuk menaik-turunkan kaca jendela mobil, mungkin rusak atau macet, Seandainya itu hanya kaca power window nya yang kurang lancer, mudah di lakukan perbaikan. Aksesoris ini meliputi juga AC Mobil apa masih normal? Sistem AC mobil ini akan sangat berpengaruh pada harga mobil bekas.

Mengajak Ahli apa Bengkel Khusus

Hehehe... Point Terakhir, kalau anda kurang yakin dengan kemampuan Anda, mungkin terlalu Awan atau alasan lain, jangan ragu untuk mengajak bengkel atau orang kepercayaan anda untuk ikut mengecek terutama pada bagian mesin diesel tersebut. Sudah sangat jelas sekali, bagian mesin memang sulit bagi sebagian dari kita sebagai orang yang masih awam dalam teknik otomotif mobil. Seperti halnya untuk sekedar mendeteksi bunyi-bunyi yang tak lazim, begitu juga ngecek mesin mobil bensin, bagi oarang biasa tentu hal semacam ini bukan bidangnya.

Karena Postingan Kali ini sudah terlalu panjang, Namun untuk memenuhi Janji Teknovanza diatas tadi, Berikut ini Sedikit cara untuk mengetahui dan mengenali ciri-ciri mobil bekas banjir, Lain kali bisa kita ulas lebih banyak lagi, sekarang point-point dulu ya... :D

Ciri-Ciri Mobil Bekas Kebanjiran, cek melalui;

1. Surat-surat
2. Buku Servis Manualnya
3. Bekas noda-noda dan bau yang tertingal
4. Aksesoris Kendaraan dan kelengkapan mobil itu sendiri
5. Baut dan bumper
6. Perangkat serta Sistem Elektronik Mobil

Demikian tips dari Teknovanza.com cara menganalisa sebelum Anda membeli mobil bekas bermesin diesel. Sampai ketemu di posting berikutnya :driver:
Demikian tips dari Teknovanza.com cara menganalisa sebelum Anda membeli mobil bekas bermesin diesel. Sampai ketemu di posting berikutnya :driver:

Baca ini Sebelum Beli Mobil Mesin Diesel | Tri Sunenti | 5