Cara Komplit Merawat Mobil Mesin Diesel | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Komplit Merawat Mobil Mesin Diesel

Kunci Perawatan Mobil Disel untuk Menjaga Performa Mesin

Kunci Perawatan Mobil Disel untuk Menjaga Performa Mesin

Cara merawat mobil mesin diesel sesuai karakter khusus yang di milikinya amat penting untuk di ketahui bagi para pemiliknya. Sebagian orang menganggap jenis mobil diesel kurang bertenaga, aklerasi tidak segesit bahan bakar bensin dan beberapa mekanik sering kali kesulitan melakukan tuning mesin diesel untuk memaksimalkan peforma mesin. Tapi saat ini produsen sudah melakukan terobosan dengan teknologi turbocharger atau supercharger untuk kepuasan konsumen.

Kunci merawat mobil diesel adalah harus rajin melakukan perawatan pada injektor, pompa injeksi dan filter udara yang harus sering diganti dan dibersihkan. Karena dari tiga komponen tersebut memiliki karakter khas sebagai pembakaran dalam, dan proses pembakaran terjadi bukan oleh alat lain atau busi seperti pada mesin bensin, tetapi bahan bakar menyala dengan bersuhu tinggi dikompresi oleh piston yang merapat.

Kemudian solar disuntikkan ke ruang pembakaran dalam tekanan yang cukup tinggi melalui nosel agar bisa bercampur dengan udara panas yang juga bertekanan tinggi. Maka dari hasil percampuran menyala dan membakar dengan cepat dan untuk menghasilkan tenaga untuk mengerakkan mobil.

Beberapa kalimat di atas adalah sistem kerja mesin diesel dengan mengandalkan semburan bahan bakar dan angin. Berdasarkan karakter mesin diesel yang milikinya tersebut maka diperlukan pengetahuan cara merawat dan meningkatkan tenaga mesin diesel, mari disini bersama Teknovavza.com kita ketahui lebih lanjut;

Cara yang tepat untuk merawat mobil bermesin disel

Cara yang tepat untuk merawat mobil bermesin disel

  1. Seperti pada umumnya cara merawat yang pertama kali adalah dengan memanasi mesin mobil sebelum di kemudi. Tapi untuk beberapa jenis keluaran dan model terbaru saat ini sudah tidak di anjurkan, bila mobil yang anda miliki merupakan mobil keluaran lama, hal ini masih wajib di lakukan. Cara memanaskan mobil sebaiknya tidak lebih dari 5 minit dan sudah pernah Teknovanza posting beberapa waktu yang lalu, selanjutnya bisa Anda baca disini.
  2. Hal kedua adalah pengunaan oli mesin mobil diesel terbaik. Gunakan oli mesin sesuai kriteria mobil mesin diesel anda, atau yang secara khusus sudah di rekomendasikan untuk jenis mobil disel Anda. Buang jauh-jauh rayuan sales oli mobil yang menawarkan kepada anda meski harga murah.
  3. Type mobil mesin diesel adalah dengan menggunakan bahan bakar solar, dan sebaiknya Anda juga mengutamakan yang memiliki kualitas baik tanpa ada campuran apapun. Pada point ini anda harus mewaspadai agar bahan bakar solar anda jangan sampai lebih dari batas minimum yang sudah di tentukan. Satu alasan yang jelas adalah untuk menghindari rusaknya filter solar pada mobil anda.
  4. Tahap perawatan selanjutnya adalah dengan menganti filter solar secara berkala untuk menjaga peforma mesin seperti yang telah Teknovanza sampaikan diatas. Selain itu dengan melakukan penggantian filter solar secara rutin juga akan meminimalkan kotoran yang berada pada mesin mobil disel tersebut.
  5. Untuk ini mungkin Anda akan merasa sulit melakukanya. Tapi tak ada salahnya Teknovanza sampaikan: Setelah mobil disel Anda selesai di gunakan, sebaiknya jangan langsung di matikan. Karena dengan mematikan mesin secara langsung tidak ada waktu untuk komponen mesin diesel melakukan proses pendinginan dengan baik. Cara seperti ini mengakibatkan umur penggunaan mesin disel lebih pendek. Mungkin Anda mau menunggu sekitar 5 minit sebelum mesin di matikan, terlebih setelah di gunakan untuk perjalanan jauh
  6. Point terakhir ini sering kali tidak kita hiraukan, yaitu menggunakan spare part atau suku cadang mobil yang telah direkomendasikan. Sering kali kita lebih memilih harga suku cadang mobil murah ketimbang yang asli. Tapi sebaiknya kebiasaan seperti itu harus kita tinggalkan untuk menghindari hal hal yang tidak di inginkan pada mesin.

Pembahasan di atas merupakan Cara-cara perawatan mobil bermesin diesel. Ok! langsung saja, untuk melengkapi postingan kali ini dan tanpa basa-basi sekarang kita lanjut untuk mengulas tips cara meningkatkan juga menjaga performa / tenaga mesin disel.

Cara meningkatkan tenaga mesin diesel

Cara meningkatkan tenaga mesin diesel
1. Kalibrasi pompa injektor
Dalam mesin disel Pompa injektor memiliki peran penting untuk proses penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar. Jadi seandainya hasil semburan yang dihasilkan sempurna maka proses pembkaran juga sempurna, dan begitu juga sebaliknya. Akan tetapi dengan penggunaan yang secara terus menerus maka performa peranti ini sudah tentu akan mengalami penurunan.

Untuk mengatasi masalah maka di perlukan kalibrasi atau penyetelan ulang pada pompa injektor mesin diesel. Kalibrasi pompa injektor ini bertujuan untuk mengatur dan memaksimalkan kembali semprotan bahan bakar solar pada mobil Anda. Sedangkan, kalibrasi juga mengatur pasokan solar ke ruang kompresi melalui nosel.

2. Mengatur ulang kerapatan waktu injeksi
Selain perlu melakukan penyetel ulang pompa injeksi Anda juga perlu melakukan penamabahan sinyal secara elektronik di pompa bahan bakar tersebut. Penamabahan sinyal Hal ini agar pasokan bahan bakar yang menuju ke ruang injeksi juga semakin optimal.

Cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memajukan waktu (timing) injeksi. Selain itu juga berfungsi untuk mengurangi terjadinya angin palsu. Selanjutnya Anda harus mengatur klep agar lebih rapat.

3. Menyetel turbin, turbo dan intercooler.
Sekiranya mobil yang Anda miliki telah menggunakan teknologi commonrail dan dilengkapi peranti turbocharger/supercharger serta intercooler, langkah selanjutnya Anda wajib melakukan penyetelan pada perangkat tersebut.

Tujuan penyetelan Turbocharger adalah untuk memperbanyak volume udara yang masuk ke ruang bakar. Cara penyetelan yaitu dengan meningkatkan kinerja turbin, hal ini di karenakan setiap udara yang masuk ruang bakar didorong oleh turbin pada turbo/supercharger mobil diesel Anda.

Sama halnya untuk intercooler, ini berfungsi mendinginkan udara yang akan masuk ruang pembakaran. Dan juga agar Angin dingin yang masuk ke ruang pembakaran semakin banyak. Dengan demikian proses pembkaran yang terjadi bisa sempurna.

4. Bersihkan atau ganti filter
Cara ini sama seperti yang sudah Teknovanza utarakan di atas, akan tetapi seperti yang kita ketahui bahwa proses pembakaran di ruang bakar mesin sangat membutuhkan pasokan udara. Jadi bila oksigen semakin banyak, proses pembakaran juga semakin sempurna, dan begitu pula bila sebaliknya.

Tentunya Anda mengetahui peranan filter udara sangat penting. Jadi sebisa mungkin usahakan untuk memilih filter udara yang bagus atau minim hambatan. Contohnya seperti filter udara model open air.

Tujuan ini adalah agar pasokan udara bisa untuk mengimbangi semburan bahan bakar yang semakin cepat seiring dengan telah dikalibrasinya pompa bahan bakar serta dipercepatnya penyemprotan bahan bakar solar di mobil disel Anda.

5. Menambahkan perangkat maximize/piggybcak
Solusi sekiranya Anda kurang yakin dengan cara di atas, maka juga bisa menggunakan maximize atau piggyback. Sekarang ini perangkat maximize/piggybcak sudah banyak dijual di banyak toko suku cadang mobil dengan harga yang bervariasi.

Tips Pengunaan perangkat ini adalah konsultasikan terlebih dahulu kepada ahlinya. Serta cermati juga keuntungan dan kerugian seandainya menggunakan peranti tersebut, dan juga ketahui cara pemasangan yang benar dan aman.

Cara Komplit Merawat Mobil Mesin Diesel | Tri Sunenti | 5