Cara Mengemudi Mobil: Menyalip | Menanjak | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Mengemudi Mobil: Menyalip | Menanjak


Cara mengemudi mobil transmisi matik sebenarnya jelas lebih mudah ketimbang mobil jenis manual

Panduan Belajar Mengemudi

 Teknovanza.com. Cara mengemudi mobil transmisi matik sebenarnya jelas lebih mudah ketimbang mobil jenis manual. Tapi dalam banyak hal ataupun bidang kita tetap harus memiliki cukup informasi dan pengetahuan untuk di kembangkan sendiri agar kemampuan bisa meningkat dan maksimal, begitu juga mengenai teknik mengemudi. Bila Anda masih merasa perlu meningkatkan skill menyetir, mari kita lanjutkan mengulas trik yang dapat diterapkan pada pengoperasian mesin mobil matik.

Untuk yang masih dalam tahap belajar memudi, banyak di antaranya masih merasa kesulitan untuk mengoperasikan mobil transmisi otomatis. Dan bila mereka sudah terbiasa dengan manual, maka mereka masih beranggapan "lebih mudah cara mengemudi mobil manual bila dibanding transmisi matik.

Mungkin juga hanya karena belum terbiasa atau tidak paham mengenai cara pengoperasian dan simbol-simbol matik. Bila sudah terbiasa dengan sistem manual ada juga yang berpendapat perpindahan gigi secara manual, maka semua mekanisme tetap dalam kontrol pengemudi tersebut. Dan Teknovanza rasa hal-hal ini hanyalah sebuah persepsi yang hanya menyebabkan mobil matik terasa canggung dikemudi.

Meski pendapat tersebut ada benarnya, tapi transmisi otomatis diciptakan untuk mengeliminasi beberapa kegiatan pengemudi di waktu mengemudikan mobil, dengan kata lain untuk lebih memudahkan. Satu contoh: sopir tak perlu lagi untuk menekan pedal kopling dan memindahkan tuas transmisi saat mengemudi. Dan seharusnya pengemudi lebih mudah juga nyaman karena dapat mengurangi kelelahan, terutama bila Anda tinggal di wilayah yang rawan dengan kemacetan jalan raya.

Bila baru saja berpindah dari transmisi manual, maka adaptasi memang menjadi kunci utama. Berbeda bagi mereka yang melajar mengemudi mobil mulai dari nol, seharusnya belajar mengemudi dengan mengunakan mobil matik adalah menjadi lebih mudah. Menguasai sistem pengoperasian transmisi mesin otomatis adalah hal penting. Pertama mulailah dengan mengetahui setiap trik cara mengoperasian transmisi otomatis untuk di pelajari agar nyaman dan aman ketika mengemudi di jalan raya. Selain memerlukan waktu dan ketekunan dalam belajar mengemudi mobil, tentu hal ini juga perlu penyesuaikan diri dengan kondisi dan situasi mengemudi.

Menyalip

Cara Mengemudi selanjutnya adalah teknik menyalip kendaraan. Dalam menyalip menyalip kendaraan yang berada di depan, maka sudah sangat jelas kita membutuhkan kecepatan yang lebih tinggi ketimbang mobil yang akan di salip. Untuk jenis mobil bertransmisi otomatis ini, cara memacu kecepatan adalah dengan menginjak penuh pedal gas (kickdown) secara otomatis transmisi akan berpindah ke gigi lebih rendah. Dengan demikian jangan terkejut bila Anda terasa terdorong akibat dari mobil berakselerasi.

Selanjutnya setelah berhasil menyalip mobil di depan, kengendurkan tekanan pedal gas
Selanjutnya setelah berhasil menyalip mobil di depan, kengendurkan tekanan pedal gas. maka secara otomatis transmisi mobil tersebut akan memindahkan gigi ke tingkat lebih tinggi ketimbang saat Anda menyalip tadi. Selanjutnya yang terjadi adalah adanya dorongan kecil.

Saat kendaraan dalan kecepatan yang tidak tinggi, tapi melakukan melakukan kickdown, sering kali transmisi tidak mau berpindah ke gigi yang lebih rendah. Untuk kondisi seperti ini, hal yang bisa Anda lakukan adalah mengoperasikan tuas transmisi secara manual agar dapat melakukan akselerasi untuk menyalip.

Satu Contoh: misal memindahkan tuas dari ‘D’ untuk ke posisi ‘3’, atau juga di lakukan dengan cara mematikan "overdrive" [menyalanya indikator “O/D OFF”]. Dalam hal ini tidak harus untuk menekan penuh pedal gas mobil. Sedangkan untuk besarnya tekanan pada pedal gas disesuaikan dengan kecepatan akselerasi yang ingin Anda lakukan.

Menanjak

Cara mengemudi mobil di jalan menanjak pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan menyalip, naik di jalan yang menanjak dapat Anda lakukan dengan kickdown atau juga dengan memindahkan tuas transmisi secara manual seperti yang telah Teknovanza sampaikan di atas. Karena untuk melitasinya Mobil Anda juga membutuhkan tenaga yang lebih besar.

Sekiranya cara mengemudi di jalan menanjak tidak mengunakan kickdown, maka cara dengan cara manual akan lebih efektif
Sekiranya cara mengemudi di jalan menanjak tidak mengunakan kickdown, maka cara dengan cara manual akan lebih efektif. Hal yang perlu di lakukan adalah mengatur putaran mesin agar tidak terlalu tinggi, berkisar antara 3.000 rpm bertujuan agar torsi mesin yang dibutuhkan tetap stabil. Selanjutnya memindahkan tuas transmisi secara bertahap dari posisi ‘D’ ke ‘3’- ‘1’ dan L di lakukan untuk jalan tanjakan yang terjal. Serta pantau posisi gigi pada panel instrumen Anda.

Bila anda ingin memanfaatkan momentum dari mobil yaitu menggunakan kecepatan untuk menanjak juga bisa di terapkan. Ini memungkinkan untuk Anda bisa menambahkan kecepatan mobil sebelum memasuki jalan menanjak. Hanya saja cara demikian lebih memerlukan kewaspadaan yang tinggi, karena sudah jelas bahwa kecepatan kendaraam yang lebih tinggi juga memiliki tingkat risiko juga tinggi. Cara seperti ini bisa Anda lakukan saat kondisi jalan yang lengang.
Cara Mengemudi Mobil: Menyalip | Menanjak | Tri Sunenti | 5