Cara Mengganti Sistem Stereo Mobil Baru | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Mengganti Sistem Stereo Mobil Baru

Tips Panduan Instalasi Car Stereo

Jika Anda sedang mencari seorang profesional untuk menginstal stereo mobil, tapi tarifnya terlalu mahal,kenapa Anda tidak melakukannya sendiri. Dengan begitu biaya yang harusnya Anda bayarkan bisa di gunakan untuk melengkapi peralatan Audio Mobil yang lain. Atau uang tersebut bisa di simpan untuk kebutuhan yang lain.
Cara untuk menginstal sistem audio mobil sebenarnya tidaklah terlalu sulit, dan hanya perlu sedikit belajar. Ini adalah ilmu pasti,

Cara untuk menginstal sistem audio mobil sebenarnya tidaklah terlalu sulit, dan hanya perlu sedikit belajar. Ini adalah ilmu pasti, Anda hanya perlu sedikit presisi dan fokus untuk memasang sistem. Bila Anda mengetahui cara setting audio mobil tidak ada keterampilan khusus yang di perlukan atau pengetahuan lebih. Jika mau melakukanya sendiri maka Anda benar-benar dapat menghemat banyak uang dari proses instalasi sistem audio mobil sendiri, dengan begitu Anda juga bisa membeli sebuah sistem yang lebih bagus.

Ketika melakukan pekerjaan ini, Anda harus berhati-hati jangan sampai kehilangan konsentrasi karena dapat menyebabkan kerusakan peralatan audio mobil atau merusak kualitas sistem stereo mobil itu sendiri. Hal ini hanya cukup sistematis dengan mencolokan ke masing - masing soket saja.

Cara Menginstal Sistem Stereo Baru

Pertama


  1. Sebelum membeli sistem audio mobil baru yang bagus, Anda harus memastikan bahwa itu cocok dengan sistem audio lama. Saat membeli sistem stereo mobil baru jangan lupa juga membeli kabel yang sesuai.
  2. Selanjutnya siapkan terlebih dahulu semua peralatan yang di perlukan, misal obeng, tang/gunting untuk memotong, dll.
  3. Bila Anda tidak bisa membuka tutup sistem audio lama untuk di lakukan pergantian, Anda bisa membaca petunjuk tentang cara yang tepat untuk mengantinya dari dashboard. Anda bisa menemukannya di buku petunjuk, artikel audio mobil di internet atau cara lebih mudah adalah mencari video tutorial di youtube/ situs-situs video lainya.

Melepaskan sistem stereo mobil yang lama

Melepaskan sistem stereo mobil yang lama

  1. Pertama kali mulai dengan melepaskan kabel negatif dari baterai agar lebih aman.
  2. Selanjutnya keluarkan dashboard mobil Anda untuk melepas sistem audio mobil lama dan jangan lupa untuk memeriksa kabel pada bagian belakang. Mungkin masih terdapat 1 colokan kabel yang belum di lepas karena banyaknya kabel yang melekat. Cara terbaik adalah dengan memotong satu per satu untuk menghindari kebingungan.
  3. Pada langkah berikutnya adalah memasang konektor ke kabel baru dan pasang kembali ke sistem stereo mobil baru Anda.

Jika semua langkah di atas bisa Anda lakukan dengan baik, mari kita lanjutkan ketahap III.

Menghubungkan Wiring manual

Menghubungkan Wiring
  1. Jika tidak ada kabel dukungan, maka pasang setiap kabel pada bagian belakang stereo mobil baru tersebut dengan hati-hati dan teliti.
  2. Secara perlahan mendeteksi setiap kabel positif dari masing-masing speaker lalu menghubungkan mereka pada bagian belakang konektor positif dari stereo mobil baru tersebut. Begitu pula dengan kabel negatif dan menghubungkannya ke konektor negatif dari sistem audio mobil. Bila hanya ada satu kabel yang keluar dari speaker, maka speaker tersebut didasarkan pada chassis dan Anda harus menginstal kabel baru untuk speaker mobil tersebut.
  3. Untuk bagian Kabel negatif yang melekat dengan logam harus dihubungkan dengan sekrup dekat radio dasbor mobil.
  4. Pada Kabel pengapian dan 12 konstan, dihubungkan di bagian belakang stereo baru.

Cara Menempatkan stereo mobil

  1. Seluruh kabel dipasang ke konektor tunggal dengan sistem stereo mobil di mana semua kabel telah terhubung.
  2. Sekiranya tidak tersedia braket baru untuk menempatkan stereo mobil yang baru , maka bisa megunakan yang lama yang sebelumnya di gunakan pada sistem stereo pabrikan.
  3. Tahap berikutnya adalah menempatkan konektor akhir yang merupakan kabel di belakang sistem stereo dengan antena pada kabel panjang yang sebelumnya terhubung di bagian belakang stereo bekas dan kawat listrik di bagian belakang unit mobil stereo baru.
  4. Kemudian pasang sistem stereo baru di dalam dashboard sesuai sistem sebelumnya ditempatkan, dan sebaiknya jangan di pasang terlebih dahulu sekrup untuk melakukan pengujian sistem.
  5. Saatnya memasang kembali kabel negatif baterai.
  6. Setelah itu hidupkan mesin mobil Anda serta unit stereo mobil baru tersebut. Periksa seluruh sistem dan semua speaker apakan sudah terpasang dan bekerja dengan baik.
  7. Langkah terakhir setelah semua di uji dan bekerja dengan baik, tinggal memasang semua sekrup sampai penutup dashboard mobil.

Note:

Sekiranya apa yang anda kerjakan tidak memberikan hasil yang memuaskan, kemungkinan Anda memerlukan kayu atau fiberglass flummox untuk meningkatkan kualitas suara agar menjadi lebih baik. Atau dengan menambahkan peredam suara untuk mengurangi kebisingan seperti liners, lem strip, etc.
Membaca adalah sumber pengetahuan sekiranya anda menyukainya. Teknovanza.com sudah menulis banyak artikel untuk menyampaikan semua yang ingin Teknovanza sampaikan

Tips Tambahan Tentang Instalasi Audio Mobil Sendiri

Suatu sistem audio di mobil dipasang karena untuk memenuhi kebutuhan audio setiap konsumen. Tapi sering kali orang yang menyukai genre musik tertentu sulit menemukan sistem audio mobil yang bagus dari produk bawaan. Kemudian mereka membeli sebuah sistem audio mahal. Tanpa informasi dan sedikit pengetahuan di bidang Audio, mereka sering kali hanya menghabiskan biaya pemeliharaan dan penggantian yang lebih. Tapi melalui beberapa tips sederhana di Teknovanza.com di atas Anda dapat menginstalnya untuk mobil Anda dan akan bertahan lama/Awet.

Pertama tentukan terlebih dahulu apakah perlu kaset / CD player. Meski mungkin Anda bisa memilih kaset dan CD player terintegrasi dalam satu unit audio mobil, Harga untuk unit ini jelas lebih mahal. Atau dengan dukungan USB, dengan ini Anda hanya perlu melakukan transfer file audio ke USB kemudian tinggal plugging di audio player.

Pilih audio mobil Anda yang diproduksi oleh sebuah perusahaan terkemuka di bidangnya. Karena sebuah perusahaan terkenal dalam bisnis audio mobil sudah terbukti dengan merk audio terbaik nya. Harga player audio yang diproduksi oleh merk terkenal mungkin dua kali lipat lebih mahal, tapi kualitas yang di milikinya akan membayarnya untuk Anda.

Audio mobil terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan speaker di bagian pintu depan juga pada panel belakang untuk kursi bagian belakang. Ketika ingin menganti speaker di kursi belakang, maka sudah seharusnya Anda juga mengubah bagian depan. Dari setiap pembicara yang sudah Anda pilih harus terimpedansi sama sehingga hasil suara sistem audio mobil bisa seimbang.

Untuk pemilihan kabel sistem audio mobil sebaiknya juga yang memiliki kualitas baik untuk. Harga Kabel berkualitas tentu lebih mahal, tapi kabel harga murah biasanya lebih cenderung mudah rusak "arus pendek" dan tidak bertahan lama, dan juga akan berpengaruh terhadap kinerja sistem audio.

Mungkin melakukan instalasi stereo mobil Anda sendiri dapat menghasilkan risiko yang lebih tinggi untuk sebuah kualitas dan tingkat keruakan. Jadi sekiranya Anda tidak hati-hati, akibatnya setiap kesalahan malah dapat membuat biaya yang lebih.

Membaca adalah sumber pengetahuan sekiranya anda menyukainya. Teknovanza.com sudah menulis banyak artikel untuk menyampaikan semua yang ingin Teknovanza sampaikan. Dan semoga bermanfaat, begitu juga untuk postingan yang lain seperti: gadget elektronik berkualitas, sound system mobil dan Otomotif Mobil beserta peralatan lainnya.
Cara Mengganti Sistem Stereo Mobil Baru | Tri Sunenti | 5