Cara menghilangkan Karat, Mengecat, Dempul Mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara menghilangkan Karat, Mengecat, Dempul Mobil


Tips | Cara menghilangkan karat, mengecat, dempul mobil Sampai mengunakan spray gun

Tips | Cara menghilangkan karat, mengecat, dempul mobil Sampai mengunakan spray gun


Salam hangat, wah.. 2 hari ndak posting. Oke langsung saja, kali ini Teknovanza.com akan mengajak Anda untuk mengulas cara menghilangkan karat pada mobil, Cara mengecat yang benar, tentang dempul mobil, bahan serta peralatan yang di perlukan dan paling akhir adalah tips mengunakan kompresor / spray gun.

Mengatasi Karat Mobil

Karat yaitu musuh paling besar pada Kendaraan. Sedangkan mobil memanglah di buat dari logam. Body maupun sasis juga di buat memakai logam, karenanya karat seperti kanker yang dapat mengerogoti body mobil.

Banyak penyebab dan alasan kenapa bisa timbul karat pada body mobil. Yang paling utama yaitu lantaran cat mobil mengelupas atau mungkin di sebabkan adanya goresan dan baret. Mungkin lantaran menabrak, terantuk bebatuan atau benda keras, catnya telah berusia atau mungkin lantaran sering terkena panas secara terus-terusan.

Cat pada body yang mengelupas ini, ditambah dengan angin serta kelembaban, mengakibatkan logam teroksidasi hingga timbulah karat. Karat di mobil ini awalannya kecil, namun selalu melebar.

Cara menghilangkan karat di mobil, pasti lewat dengan mengecat kembali. Dan berikut ini langkah - langkahnya:
  1. Pertama siapkan dulu peralatan yang di perlukan; gerindra dan amplas, lalu sarung tangan, sebagai perlindungan gunakan juga kaca mata serta pelindung debu.
  2. Menghilangkan cat pada bagian yang berkarat. Anda dapat memakai gerindra tangan. Dalam memoles sisi body yang berkarat dikerjakan pelan - pelan saja, atau mungkin dapat pula memakai amplas 150 grit untuk mengamplas karat, termasuk juga karat yang ada di logam. amplas hingga halus.
  3. Waktu memakai gerindra tangan anda mesti hati - hati, lantaran bila terlalu berlebih jadi mengakibatkan kerusakan body mobil. Untuk bersihkan bekas - bekas karat anda dapat juga memakai asam fosfor yang dapat dibeli di toko kimia atau mungkin memakai cairan pembasmi karat dari toko onderdil atau mungkin Ace hardware.
  4. Bila dibutuhkan, belilah dempul seperti isamu atau mungkin yang impor seperti bondo untuk meratakan permukaan. langkah akhir finishing yakni dengan mengamplas memakai tangan serta menggunakan amplas 120 grit. Sesudah semua bagian karatan halus baru siap untuk dicat.
  5. Beli cat dasar untuk mobil.
  6. Langkah implementasi cat dasaran ini umumnya dengan mengelap ruang yang bakal di beri cat dasaran dengan thiner.
  7. Tutup bagian yang tidak dicat dengan kertas koran.
  8. Cat mengunakan cat dasaran dengan jarak 20 - 30 cm.
  9. Terapkan 3 lapis dasaran, anda mesti menunggu agar agak kering sebelum membuat 3 lapisan tersebut. Kemudian, Tunggu cat dasaran benar-benar kering semalaman. Atau minimum sekitar 12 jam an.
  10. Sesudah kering amplas dengan memakai amplas 400 grit.
  11. Kemudian di cat tipis agar tidak menggumpal seperti air dan ulang sampai susunan sama atau Anda rasa cukup. Biarlah sepanjang 24 jam untuk mengeringkan.
  12. Tahap akhir adalah mengunakan cat vernis atau clear coat sebagai lapisan terakhir.
  13. Biarkan hingga cat kering kurang lebih 48 Jam, kemudian bersihkan serta gosok mobil. Janganlah pakai kompon pada bagian yang baru di lakukan pengecatan tadi, hingga sekurang-kurangnya satu bulan sesudah pengecetan.

Cara Mengecat Body Mobil

Pengecatan badan mobil bisa dikerjakan sendiri, terlebih untuk mobil-mobil umum serta bukanlah mobil elegan.
Pengecatan badan mobil bisa dikerjakan sendiri, terlebih untuk mobil-mobil umum serta bukanlah mobil elegan. Bahan yang dipakai dalam pekerjaan pengecatan yaitu dempul, cat dasar untuk mobil, cat warna, flincoat, pembersih karat, bahan polis, ingincer (thinner), serta ampelas.

1. Dempul

Ada tiga jenis dempul yang umum dipakai pada pengecatan badan mobil, yakni dempul plastik, dempul plamir, serta dempul buatan.

Dempul plastik
Dempul plastik lebih cepat keras serta kering. Oleh karena itu pakai seperlunya saja. Pelaksanaannya mesti cepat untuk menghindar pemborosan pemakaian dempul.

Dempul plamir
Dempul plamir yaitu dempul umum yang di jual dalam kaleng. Dempul plamir bisa segera dipakai. Lantaran agak lama mengeringnya maka baiknya dipakai sesuai keperluan.

Dempul buatan
Dempul buatan adalah kombinasi dari dempul plamir dengan cat basic serta bedak talk. Perbandingan kombinasi yang dikira terbaik yaitu 1 kg cat basic ditambah 1/4 kg bedak talk yang diaduk sampai prima, serta lalu ditambah dempul plamir seperlunya (lebih kurang 1/4 kg).

2. Cat dasar

Cat basic kerap juga dimaksud meni. Ada dua jenis cat basic yang biasanya dipakai, yakni cat basic merah serta cat basic abu-abu. Cat basic merah dipakai juga sebagai cat basic pertama, Cat basic abu-abu dipakai juga sebagai cat basic ke-2 atau mungkin juga sebagai susunan sesudah pekerjaan kelanjutan serta pendempulan.

3. Cat warna (cat duco)

Cat duco yaitu arti yang umum di kenal di orang-orang. Sesungguhnya Duco yaitu merk cat yang pertama kali bisa disemprotkan. Cat warna ada dua jenis, yakni :

Cat kering oven
Zat perekat cat ini terdiri atas kombinasi yang cuma bakal jadi kering apabila susunan cat meraih suhu 120-150 ーC.

Cat kering udara
Umumnya bengkel-bengkel karoseri memakai cat ini untuk melakukan perbaikan rusaknya cat atau mungkin untuk service pengecatan body mobil.

4. Bahan polis

Bahan polis umumnya berwarna coklat muda. Bahan polis bermanfaat untuk melicinkan permukaan cat yang sudah kering hingga cat terlihat mengkilat. Ada dua jenis bahan polis yang umum dipakai, yakni kompon serta kit. Kompon yaitu type bahan polis yang agak kasar sedang kit yaitu type polis yang halus. Kit ini dipakai sesudah kompon.

5. Thinner
Thinner atau mungkin solvent berwarna bening serta berbau khas menyengat hidung. Zat cair ini mengencerkan kombinasi zat pewarna serta zat perekat sampai jadi agak encer serta bisa ditangani selama pengecatan. Thinner juga menurunkan kekentalan cat atau mengencerkan.

6. Flin coat
Flin coat berperan untuk menghindar karat di bagian yang kerap terserang air. Flin coat berwarna hitam agak kental seperti cat. Flin coat yang beredar di market ada berbagai macam mereknya, diantaranya :
  • Dinitrol
  • Tectyl
  • Coroterol,
  • Tuff Kote Dinol

7. Pembersih karat pada mobil
Penghilang karat yaitu bahan kimia untuk bersihkan karat yang melekat di bagian chasis serta badan mobil. Pemakaiannya yaitu dengan langkah digosok-gosokkan atau mungkin disapukan di bagian yang bakal dibikin bersih.

8. Ampelas
Kertas ampelas berperan untuk menghaluskan permukaan lewat cara digosok-gosokkan. Halus serta kasarnya kertas ampelas diperlihatkan oleh angka yang terdaftar dibalik kertas ampelas itu. Makin besar angka yang tercatat tunjukkan makin halus serta rapat susunan 'pasir ampelas' pada kertas itu.

Baca disini cara menghilangkan baret pada mobil 

Peralatan yang dibutuhkan dalam pengecatan yaitu;


1. Kompresor

Kompresor mesti senantiasa ditempatkan ditempat yang sejuk serta bebas debu namun janganlah terlampau jauh dari ruang penyemprotan lantaran hal semacam ini bakal menyebabkan menyusutnya desakan jika pipa angin terlampau panjang.

2. Katup reduksi, alat pemisah air serta minyak

Katup reduksi ini sangat mungkin tukang-tukang cat untuk mengatur desakannya sesuai sama kekentalan serta jumlah cat yang digunakan. Alat ini mesti kerap dikeringkan.

3. Pipa-pipa saluran cat

Pipa-pipa saluran cat baiknya sependek mungkin saja untuk menghindar kemungkinan penurunan desakan. Pipa-pipa saluran ini mesti tahan pada bahan pelarut serta thinner. Juga mesti tahan pada panas supaya bisa dipakai pada penyemprotan panas.

4. Pipa-pipa saluran udara

Pipa-pipa saluran angin mesti tahan pada desakan pada 3 hingga 6 atmosfir. Pipa-pipa saluran angin juga mesti di buat sependek mungkin saja untuk menghindar penurunan desakan angin serta kurangi berat pipa itu. Pipa-pipa yang panjang bakal memberatkan serta menyulitkan pekerjaan pengecatan.

5. Spray gun

Ada dua jenis spray gun, yakni untuk desakan tinggi serta untuk desakan rendah. Pastikan spray gun yang pas serta enak dipakai. Spray gun yang terlampau besar bakal mengakibatkan cepat capek. Hal semacam ini bakal punya pengaruh pada hasil pengecatan.

Supaya didapat hasil pengecatan bagus, pengecatan dengan system semprot sebaiknya dikerjakan di ruang tertutup. System ventilasi ditata sedemikian rupa hingga angin mesti masuk ruang dekat langit-langit atap serta mesti keluar dari ruang dekat lantai bawah pada dinding yang berlawanan. Aliran angin seperti ini bakal lewat di semua ruang serta bakal membawa debu-debu semprotan keluar dari ruangan tempat pengecatan mobil tersebut. Penerangan dalam ruang itu juga mesti ditata hingga lampu-lampu bercahaya dari ke-2 iris segi dinding serta dari atas. Dengan langkah tersebut ketelitian pada pengecatan bisa lebih baik lantaran susunan cat disinari oleh lampu dari semua arah.

Langkah mendempul :


  1. Bersihkan bagian-bagian yang bakal didempul. Apabila berkarat maka bersihkan dengan pembersih karat serta ampelas.
  2. Check bagian-bagian yang bakal didempul. Jika ada banyak lekukan maka ratakan dengan palu spesial (hammer serta doly).
  3. Bersihkan bagian-bagian yang telah rata dengan angin bertekanan.
  4. Siapkan cat basic (meni) yang telah digabung thinner. Cermati perbandingan campurannya (umumnya 1 : 1).
  5. Kerjakan pengecatan basic di bagian yang bakal didempul dengan meni. Desakan angin semprot pada 0, 5 hingga 2 kg/cm2.
  6. Semprot sisi yang dicat basic. Jarak spray gun pada 8 hingga 10 inchi.
  7. Ratakan sisi yang lekuk dengan dempul. Biarlah dempul sampai kering.
  8. Imbuhkan dempul di bagian yang belum rata. Kerjakan pendempulan lagi sampai semua sisi rata serta terbaik.
  9. Gosok sisi yang diolesi dempul tadi dengan memakai ampelas, gosok hingga rata serta halus sesuai sama bentuk bodi atau mungkin media yang bakal dicat.
  10. Cermati nat atau mungkin bentuk garis-garis pada bodi, upayakan bentuk nat lurus sesuai sama bentuk aslinya.

Tips tehnik cara memakai spray gun yang benar :


  1. Jarak spray gun pada bagian yang dicat pada 7 hingga 8 inchi.
  2. Gerakan spray gun yaitu dalam arah lurus mendatar dengan jarak yang sama. Bila jarak spray gun berubah-ubah maka tidak tipis hasil pengecatannya akan tidak sama.
  3. Lebar kipas spray gun mesti ditata sedemikian rupa hingga penggunaan cat bisa dibatasi sehemat mungkin saja. Susunlah kipas semprot sesuai sama ukuran media yang yang bakal dicat.
  4. Kecepatan gerak spray gun mesti terus tak berubah-ubah. Kecepatan yang berubah-ubah menyebabkan ketebalan pengecatan tak rata. Untuk mentukan kecepatan gerak spray gun mesti diperhitungkan jumlah cat yang keluar dari ujung spray gun.
  5. Bila bakal menyemprot suatu plat maka ke-2 ujungnya mesti disemprot lebih dahulu. Setelah itu bekas semua permukaan disemprot serta pada akhirnya ke-2 ujungnya disemprot lagi.
  6. Cara menyemprotkan benda yang kecil dalam jumlah yang cukup banyak dikerjakan dengan meletakkan benda-benda itu pada rack serta disemprot sekalian dengan cara berbarengan.
  7. Cara penyemprotan seperti pager kawat serta sejenisnya disarankan dengan menempatkan pelindung di belakang bagian yang akan di lakukan pengecatan, itu supaya beberapa dari cat yang berbalik dari pelindung bisa membantu untuk menutup sisi belakang dari kawat pager itu.

Untuk penyemprotan benda kerja yang bulat langkahnya yaitu seperti berikut :


Suatu benda, misal berupa silinder karena memiliki diameter kecil mesti disemprot tegak lurus ke atas serta ke bawah berkali-kali sampai cat merata. Jika silinder dengan ukuran yang cukup besar disemprot lewat cara yang sama dengan permukaan yang datar dengan jarak penyemprotan yang lebih pendek. Benda-benda kerja bulat dengan permukaan datar disemprot lewat cara yang sama dengan permukaan datar umum.

Supaya hasil pengecatan mutunya baik, cermati beberapa hal di bawah ini :


  • Bersihkan permukaan yang bakal dicat dengan thinner pencuci untuk menyingkirkan wax, silicon, minyak serta kotoran yang lain.
  • Permukaan yang bakal dicat mesti benar-benar halus. Jadi pastikan gosok permukaan dengan ampelas yang halus.
  • Pakai thinner yang berkualitas tinggi serta aduklah cat dengan prima.
  • Janganlah Anda mengeringkan cat dalam ruang tertutup.
Baca cara mencuci mobil untuk melindungi warnanya

Perawatan spray gun :


  • Buka tempat cat serta terlepas nosel angin.
  • Buka nosel angin serta pancarannya. Celupkan kedalam thinner lalu bersihkan.
  • Beri pelumas di bagian yang bergerak dan berputar.
  • Bersihkan spray gun setelah dipakai.

Ok! itu dulu ya tips dan informasi dari teknovanza, semoga bermanfaat dan bila ada yang kurang lain kali akan di post pada halaman Otomotif Teknoovanza selanjutnya. Thank's sudah membaca Artikel kami...

Cara menghilangkan Karat, Mengecat, Dempul Mobil | Tri Sunenti | 5