Cara mengkilapkan warna cat mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara mengkilapkan warna cat mobil


Cara merawatan cat mobil yang tidak tepatb hanya akan mengakibatkannya terlihat kusam serta warna mengkilap pudar.

Cara merawatan cat mobil yang tidak tepatb hanya akan mengakibatkannya terlihat kusam serta warna mengkilap pudar. Lebih parah lagi menjadi kurang menarik akibat adanya bercak-bercak jamur yang membandel.

Cara mengkilapkan warna cat mobil



Mobil baru yang Anda miliki tidak menutup kemungkinan untuk terlihat kusam hanya dalam waktu kurang dari 1 tahun. Sehingga sangat penting bagi Anda mengetahui cara merawat mobil yang baik dan benar, khususnya dalam hal ini adalah warna cat. Disini, Teknovanza akan berbagi tips agar warna mobil tidak cepat kusam. Melakukankarena perawatan yang benar akan mengurangi budget, sehinga angaran tersebut bisa Anda pakai untuk keperluan lain yang tidak bisa Anda lakukan sendiri, misal seperti service dan perbaikan komponen mesin, etc. Sebaiknya jangan tunggu setelah Anda melakukan cat ulang.

Tips melindungi warna cat mobil

  1. Jangan biarkan mobil Anda terlalu lama terkena air hujan, sebaiknya segera keringkan untuk menghindari timbulnya jamur yang membuat cat menjadi kusam atau tidak mengkilap.
  2. Jauhkan mobil debu karena butiran-butiran tersebut dapat mengakibatkan baret dan goresan pada cat. Saat Anda jumpai sebaiknya segera siram /semprot mengunakan air bersih, sebelum Anda lap atau bersihkan dengan cara lain. Cara membersihkan debu mengunakan air bertujuan untuk menghindari terjadinya goresan pada cat mobil.
  3. Jangan gunakan cover penutup mobil dalam keadaan terik matahari karena kelembabannya bisa mengakibatkan jamur. Sebaiknya gunakan cover bila udara sudah dingin atau di malam hari. Dan jangan gunakan bahan cover yang tembus air bila mobil sudah masuk di garasi karena bila hujan dan tidak segera dibuka dalam waktu lama juga bisa menimbulkan jamur pada cat dan juga pada kaca mobil.
  4. Selanjutnya Anda juga harus menghindari parkir di tempat2 yang rindang, mungkin di bawah pohon yang bergetah dan terlebih bila banyak burung di atasnya. Yang perlu Anda tahu adalah getah pohon dan kotoran burung bila melekat pada cat dapat mengakibatkan kerusakan. Segera cuci bila mungkin terjadi pada kendaraan Anda.
  5. Terakhir adalah dengan menghindari dari terkena bahan-bahan yang bisa mengikis dan merusak cat mobil, seperti saat melakukan pengisian air aki atau minyak rem. Air aki sudah jelas dan Minyak rem juga sangat berbahaya bagi cat mobil karena mengakibatkan cat mobil terkikis.

Berikutnya kita bahas apabila mobil anda sudah terlanjur kusam dan ingin di kilapkan lagi. Ok! Teknovanza.com akan memberi saran dan tips sederhana untuk membuat cat mobil anda kembali mengkilap;

Tips mengkilapkan cat mobil


Tips mengkilapkan cat mobil
  • Bila yang Anda alami adalah #1 - #4 maka bisa mengunakan kompon mobil yang halus untuk menghilangkan noda atau bercak jamur. Langkah selanjutnya gunakan cairan untuk mengkilapnya, contohnya seperti produk dari Sanpoly atau dari Amway. Jamur cat mobil yang membandel bisa di gosok terlebih dahulu mengunakan amplas halus. Teknik atau cara mengamplas cat mobil adalah menggunakan air bersih. Selanjutnya di kompon terlebih dahulu sebelum memakai produk untuk pengkilap mobil.
  • Sedang kesalahan untuk no 5 anda sebaiknya di cat ulang, karena bagian yang terkena cairan air aki atau minyak rem akan terkikis bila tidak segera di tangani.
  • Cara mencegah wara cat mobil kusam Anda bisa mengunakan wax seperti yang banyak dijual di toko-toko aksesoris atau pun suku cadang mobil. Hindari pengunaan yang berbahan silikon terutama untuk cat mobil yang baru saja di lakukan cat ulang, karena dengan mengunakan silikon ini bisa memperburuk lapisan clear coat pada cat baru, akibatnya tidak bisa mengkilap.
Cara mengkilapkan warna cat mobil | Tri Sunenti | 5