Cara Perbaikan Bemper Mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Perbaikan Bemper Mobil

Cara Melakukan Perbaikan Bemper Mobil Variasi Anda

Bemper mobil variasi Anda rusak, sobek, pecah hingga perlu di lakukan perbaikan? Bersama Teknovanza mari kita ketahui sedikit mengenai Cara perbaikan bemper mobil.

Bemper mobil variasi Anda rusak, sobek, pecah hingga perlu di lakukan perbaikan? Bersama Teknovanza mari kita ketahui sedikit mengenai Cara perbaikan bemper mobil. Langkah pelaksanaannya bergantung kondisi bempernya, seberapa dan sampai di lapisan mana bagian yang rusak.

Rusak Ringan :


1. Baret tipis
rusak pada lapisan ketiga yakni clear coat
Cara memperbaiki : hanya dipoles, Anda bisa mengunakan kit (termasuk wax) hingga kompon yang dapat mengikis susunan cat mobil (level clear coat)

2. Baret dalam
Rusaknya bemper sampai pada susunan ke-2 yakni cat, tetapi belum meraih base-coat (kondisi warna masih tetap sama dengan yg tidak mengalami baret, mungkin cuma warnanya agak lain)
Cara perbaikan bemper : silahkan ratakan susunan clear coat-nya, lantas cat lagi clear coatnya saja. Bila saat meratakan bekas baretnya sukses dengan sempurna, bermakna mesti dilapisi clear coat untuk semua bumper supaya tak belang. Tapi, Tidak mungkin untuk memiliki kebeningan yang sama dengan pada awal mulanya meskipun memakai type clear coat yang sama persis. Pelapisan lagi clear coat ini baiknya ditambahkan cairan spesial (namanya lupa yg terang harga nya lebih mahal dari clear coat) bertujuan supaya clear coat baru bisa bercampur rata dengan clear coat lama. Perbaikan ini membutuhkan kecermatan extra bila Anda melakukanya sendiri tanpa tenaga Ahli. (Kemungkinan belang tinggi, bengkel cat mobil paling males ngerjakan perbaikan ini). Baca disini; Cara menghilangkan baret mobil

3. Lecet atau terkelupas
Rusaknya menyentuh susunan pertama yakni base coat hingga warna basic di bawah cat terlihat
Cara memperbaikinya : Terlebih dahulu lepas bumper (ada bengkel yg males terlepas bumper karena cat harus kering baru dapat dipasang tanpa mengakibatkan kerusakan cat baru, bila terjadi maka bengkel terpaksa harus ngecat bemper mobil itu lagi) "bemper mobil copotan". Sisi yang mengelupas diratakan serta di pastikan base coat serta cat di seputar luka sudah telah kembali rata. (umumnya di sekitar luka ada susunan cat yang gampang mengelupas). Sesudah rata dikerjakan pengecatan base coat di seputar luka, lantas cat lagi semua bumper, lalu dilapisi clear coat. (perbaikan di level ini lebih sederhana kan dari rusaknya no. 2 di atas?)

4. Penyok tanpa ada mengakibatkan kerusakan susunan cat
Rusaknya cuma berlangsung pada plastik bahan basic bumper hingga berlangsung pergantian bentuk, tak ada cat bumper yang mengelupas.
Caranya : terlepas bumper serta panaskan. Tekan sekedarnya di bagian yang alami pergantian bentuk. Ini yaitu satu diantara tehnik Paintless Dent Removal (PDR) untuk bumper memiliki bahan plastik.

5. Penyok dengan susunan cat rusak
rusaknya pada plastik bumper cuma pergantian bentuk dengan susunan cat rusak.
perbaikan : adalah paduan nomer 4 serta nomer 1 atau mungkin 2 atau mungkin 3. Pada pergantian bentuk yang kronis serta tak dapat dikembalikan dengan prima dengan pemanasan, dapat diratakan dengan dempul spesial plastik. Tetapi apabila tak dapat disiasati dengan dempul, better ubah bumper.

6. Bumper sobek atau mungkin pergantian bentuk yg parah
rusaknya pada plastik bumper bukan sekedar pergantian bentuk, namun juga berlangsung lubang, sobek atau mungkin sebatas berlangsung pergantian ketebalan plastik dibagian spesifik yang mengakibatkan bumper tak dapat kembali ke bentuk awal mulanya.
perbaikan : ubah bumper plus pengecatan lagi (serupa langkah nomer 3 namun dikerjakan menyeluruh). Pada rusaknya ini tak dianjurkan memakai dempul (bumper gak ingin ditukar) lantaran pergantian suhu yang berkali-kali berlangsung bakal mengakibatkan retak pada dempul (pemuaian/penyusutan material dempul pasti lain dengan plastik), umumnya paling lama 3 bln.

Bengkel Modifikasi Bemper Mobil

Penjelasan di atas cuma garis besar saja, yang masih dapat DIY cuma rusaknya nomer 1, untuk yang lain sistem perbaikan bemper yang benar masih membutuhkan langkah lain yang utama:
1. Pengoplosan cat supaya tak belang dengan cat di sampingnya. Langkah yg utama dalam hal semacam ini umpamanya : mencocokan hasil oplosan harus dibawah cahaya matahari segera atau mungkin dengan lampu spesial yang mempunyai spectrum warna matahari
2. Bagaimana menerapkan dempul mobil yang benar. Sedangkan cara dempul untuk body dari plat metal saja cukup susah serta butuh latihan yang banyak, untuk plastik? Plastik, lebih susah lantaran plastik lebih lentur.
3. Bagaimana menerapkan base coat, cat serta clear coat. Yang mana hingga sekarang ini belum ada cat instan (spt pilox dsb) yang dapat membuahkan warna persis sama juga dengan cat pada awal mulanya.
4. Bagaimana lakukan penghalusan permukaan clear coat yang baru tanpa ada mengakibatkan kerusakan clear coat yang lama.
5. Peralatan yang ideal, misal saja Spray Booth serta Oven Chamber yang sepertinya cuma dipunyai oleh bengkel body-paint bermodal besar. (Ingin DIY gimane cobalah? pinjem spray booth?)

Langkah paling sederhana ganti, mungkin anda bisa mencari harga bemper mobil variasi, copotan, murah dan lainya sesuai keinginan Anda. Kalau tidak, solusi selanjutnya adalah dengan membawanya ke bengkel bemper mobil untuk di lakukan perbaikan, serahkan pada mereka.
Cara Perbaikan Bemper Mobil | Tri Sunenti | 5