Otomotif | Sistem Pendingin Mesin Mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Otomotif | Sistem Pendingin Mesin Mobil


Bersama teknovanza mari kita ulas; apa yang disebut dengan Sistem Pendingin dan sampai ke akar-akarnya. Tapi sebelum di mulai, karena pembahasan kali ini cukup panjang dan tidak muat pada 1 halaman, jadi akan bersambung di beberapa halaman berikutnya. Jadi Anda bisa mengetahui lebih lanjut, mengenai : Radiator sampai sistem flush.

Sistem Pendingin


Bersama teknovanza mari kita ulas; apa yang disebut dengan Sistem Pendingin dan sampai ke akar-akarnya. Tapi sebelum di mulai, karena pembahasan kali ini cukup panjang dan tidak muat pada 1 halaman, jadi akan bersambung di beberapa halaman berikutnya. Jadi Anda bisa mengetahui lebih lanjut, mengenai : Radiator sampai sistem flush.

Pada dasarnya sistem pendingin mobil terbuka dan tertutup, disel, kendaraan sepeda motor sampai kapal memiliki komponen dan prinsip yang hampir sama dan juga ada yang sama persis. Suatu kendaraan 4 silinder yang melakukan perjalanan di jalan raya seputar 50 mil per jam, bakal membuahkan 4. 000 ledakan dikontrol per menit didalam mesin seperti busi membakar bahan bakar di tiap-tiap silinder untuk mendorong kendaraan di jalan. Terang, ledakan ini membuahkan beberapa besar panas serta, bila tak dikontrol, bakal menghancurkan mesin dalam hitungan menit. Mengontrol suhu tinggi yaitu pekerjaan dari system pendingin.

Saat ini Sistem pendingin modern sedikit beralih dari system pendingin dalam jenis T kembali di '20-an. So.., pasti, ia sudah jadi tambah lebih handal serta efektif dalam lakukan pekerjaan itu, namun system pendingin basic masih terbagi dalam cairan pendingin yang beredar lewat mesin, lantas keluar ke radiator untuk didinginkan oleh aliran angin yang hadir lewat grill depan kendaraan.

System pendingin sekarang ini mesti menjaga mesin pada suhu konstan apakah suhu angin luar yaitu 110 derajat Fahrenheit atau mungkin 10 dibawah 0. Bila suhu mesin terlampau rendah, efisiensi bahan bakar bakal boros serta emisi bakal meningkat. Bila suhu diijinkan untuk terlampau panas terlampau lama, mesin bakal mengakibatkan kerusakan.

Kerja dan Fungsi Kompnen Sistem Pendingin

Sesungguhnya, ada dua type system yang diketemukan pada kendaraan bermotor pendingin : Cair didinginkan serta angin didinginkan. Air didinginkan mesin diketemukan pada mobil tua sedikit, seperti aslinya Volkswagen Beetle, Chevrolet Corvair serta sebagian orang yang lain. Banyak sepeda motor yang moderen masih memakai pendingin angin, namun untuk beberapa besar, mobil serta truk memakai system liquid cooled serta di artikel ini - berikutnya bakal kita ulas.

System pendingin terbagi dalam bagian-bagian didalam blok mesin serta kepala, pompa air untuk mengedarkan pendingin, termostat untuk mengontrol suhu pendingin, radiator untuk mendinginkan pendingin, suatu tutup radiator untuk mengontrol desakan dalam system, serta sebagian pipa yang terbagi dalam interkoneksi selang untuk mentransfer pendingin dari mesin ke radiator serta juga untuk system pemanas mobil dimana pendingin panas dipakai untuk pemanasan interior kendaraan saat dingin.

Suatu system pendingin bekerja dengan kirim pendingin cairan lewat sisi dalam blok mesin serta kepala. Juga sebagai pendingin mengalir lewat sisi ini, itu mengambil panas dari mesin. Cairan dipanaskan lalu melewati selang karet untuk radiator di depan mobil. Seperti mengalir lewat tabung tidak tebal di radiator, cairan panas didinginkan oleh aliran angin yang masuk ke kompartemen mesin dari panggangan di depan mobil. Sesudah cairan didinginkan, ia kembali ke mesin untuk menyerap panas semakin banyak. Pompa air mempunyai pekerjaan melindungi fluida bergerak lewat system ini plumbing serta sisi tersembunyi.

Suatu termostat diletakkan diantara mesin serta radiator untuk meyakinkan bahwasanya pendingin terus diatas suhu yang sudah diputuskan spesifik. Bila suhu pendingin turun dibawah suhu ini, blok thermostat aliran pendingin ke radiator, memaksa cairan bukan hanya lewat memotong segera kembali ke mesin. Pendingin selalu beredar seperti ini hingga meraih suhu design, dimana titik, termostat bakal buka katup serta membiarkan pendingin kembali lewat radiator.

Untuk menghindar pendingin dari mendidih, system pendingin dirancang untuk bertekanan. Dibawah desakan, titik didih pendingin dinaikkan jauh. Tetapi, terlampau banyak desakan bakal mengakibatkan selang serta sisi lain untuk meledak, hingga system dibutuhkan untuk kurangi desakan bila melebihi titik spesifik. Pekerjaan menjaga desakan dalam system pendingin punya tutup radiator. Cap ini dirancang untuk melepas desakan bila meraih batas atas yang ditetapkan bahwasanya system dirancang untuk mengatasi. Sebelum saat th. 70-an, tutup bakal melepas desakan ekstra ini untuk trotoar. Mulai sejak itu, system ditambahkan untuk menangkap cairan launching serta menyimpannya sesaat dalam tangki cadangan. Cairan ini lalu bakal kembali ke system pendingin sesudah mesin dingin. Ini yaitu apa yang dimaksud sistem pendingin tertutup.

Aliran / Sirkulasi

Pendingin ini mengalir dari pompa air, lewat passages didalam blok mesin dimana ia menghimpun panas yang dihasilkan oleh silinder. Ini lalu mengalir hingga ke kepala silinder (atau mungkin kepala dalam mesin jenis V) dimana ia menghimpun lebih panas dari ruangan pembakaran. Ini lalu mengalir keluar melalui thermostat (bila thermostat di buka untuk sangat mungkin cairan untuk lulus), lewat selang radiator atas serta ke radiator. Pendingin mengalir lewat tabung diratakan tidak tebal yang membuat inti dari radiator serta didinginkan oleh aliran angin lewat radiator. Dari sana, mengalir keluar dari radiator, lewat selang radiator bawah serta kembali ke pompa air. Pada sekarang ini, pendingin didinginkan off serta siap untuk menghimpun semakin banyak panas dari mesin.

Kemampuan system engineered untuk type serta ukuran mesin serta beban kerja yang diinginkan untuk melakukan. Terang, system pendingin untuk yang semakin besar, mesin V8 yang lebih kuat dalam kendaraan berat bakal memerlukan kemampuan tambah lebih lalu mobil kompak dengan mesin 4 silinder kecil. Pada kendaraan besar, radiator semakin besar dengan semakin banyak tabung untuk pendingin mengalir lewat. Radiator juga lebih luas serta lebih tinggi untuk menangkap aliran angin yang lebih masuk kendaraan dari panggangan di depan.

Antibeku

Pendingin bahwasanya pelatihan lewat mesin serta pipa yang berkenaan mesti dapat menahan temperatur dibawah 0 tanpa ada titik beku. Hal semacam ini juga mesti dapat mengatasi temperatur mesin kian lebih 250 derajat tanpa ada mendidih. Suatu keinginan yang susah untuk cairan apa pun, namun itu tak seluruhnya. Cairan juga mesti diisi inhibiters karat serta pelumas.

Pendingin dalam kendaraan sekarang ini yaitu kombinasi dari etilena glikol (antibeku) serta air. Rasio yang dianjurkan yaitu fifty-fifty. Dengan kata lain, satu sisi antibeku serta satu sisi air. Ini yaitu minimal yang dianjurkan untuk dipakai pada mesin mobil. Kurang antibeku serta titik didih bakal terlampau rendah. Dalam iklim spesifik dimana suhu dapat dibawah 0, diijinkan untuk mempunyai sejumlah 75% antibeku serta 25% air, namun tak kian lebih itu. Antibeku Murni akan tidak bekerja dengan terbaik serta bisa mengakibatkan mendidih diatas.

Antibeku beracun serta mesti dijauhkan dari beberapa orang serta hewan, terlebih anjing serta kucing, yang tertarik dengan rasa manis. Ethylene Glycol, bila tertelan, bakal membuat kristal kalsium oksalat di ginjal yang bisa mengakibatkan tidak berhasil ginjal akut serta kematian.
Komponen-komponen System Pendingin

  1. Radiator
  2. Fans Radiator Pendingin
  3. Desakan Cap & Reserve Tank
  4. Pompa air
  5. Thermostat
  6. Sistem Bypass
  7. Freeze Plug
  8. Kepala Gasket & Gasket Intake Manifold
  9. Heater Inti
  10. Selang

Seperti yang sudah Teknovanza.com sampaikan di atas agar tidak memberatkan loading page demi kenyamanan Anda, untuk komponen sistem pendingin dan fungsinya berlanjut di halaman berikutnya. Thank, semoga bermanfaat...
Otomotif | Sistem Pendingin Mesin Mobil | Tri Sunenti | 5