Panduan Cara Parkir Mobil Yang Benar | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Panduan Cara Parkir Mobil Yang Benar

Cara parkir mobil matic maupun manual yang benar, pada dasarnya tidak ada teknik khusus. Bila kita sudah bisa mengemudi maka untuk memarkir hanya perlu sedikit pengetahuan mengenai langkah - langkahnya.
Cara parkir mobil matic maupun manual yang benar, pada dasarnya tidak ada teknik khusus. Bila kita sudah bisa mengemudi maka untuk memarkir hanya perlu sedikit pengetahuan mengenai langkah - langkahnya. Tapi bagi Anda yang baru selesai belajar mengemudi, mungkin masih belum terbiasa atau sedikit mengalami kesulitan saat memarkir mobil di tempat-tempat ramai dan sempit.



Mari, bersama Teknovanza.com kita membahas cara memarkir mobil yang benar. Tapi sebelumnya kita harus mengetahui dan mempunyai tujuan agar tidak mengalami kecelakaan saat memarkir dan aman dari tindak kejahatan. Karena sering kali kita menemukan mobil rusak, penyok, cat tergores/lecet di sebabkan kelalaian pengemudi itu sendiri.

Cara Memarkir Mobil Yang Benar

  1. Memilih Tempat
  2. Memberi Ruang Gerak
  3. Membuka Kaca Mobil
  4. Melihat dan Mengatur Spion
  5. Memanfaatkan Fasilitas Maupun Fitur Mobil
  6. Lakukan dan Konsentrasi

Memilih Tempat Parkir

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menentukan tempat, jika ada pilih tempat yang strategis. Strategis dalam hal ini adalah Anda mudah memarkir dan nanti saat keluar. Selain itu jangan lupa untuk selalu memperhatikan setiap rambu (petunjuk, belok, stop,etc).

Berikan Ruang Gerak

Hindari memasukkan mobil pada ruang yang besar kemungkinan bisa menyenggol mobil lain. Namun seperti yang telah Teknovanza sampaikan di atas, jangan sampai mobil mudah masuk tapi sulit keluar, dengan cara memperhitungkan ruang gerak mobil lain. Dan perhitungkan untuk mengurangi kemungkinan mobil tersenggol mobil lain.

Buka Kaca Mobil

Membuka jendela kaca pintu mobil akan memiliki pandangan yang lebih luas, selain itu mata Anda akan lebih mendapatkan banyak cahaya, tentu juga lebih nyaman. Dengan cara membuka kaca mobil Anda juga mudah untuk mendapatkan filling yang lebih tepat untuk memarkir mobil. Bila ragu jangan ragu turun dari kendraraan untuk melihat lokasi apakah ada benda yang mungkin membahayakan cat dan mobil Anda.

Mengatur Spion

Spion adalah aksesoris mobil penting saat memarkir mobil, lihat dan atur spion untuk memastikan keadaan kanan kiri.

  • Spion bagian kanan untuk melihat ujung body mobil sebelah kanan belakang
  • Dan sebaliknya fungsi spion sebelah kiri untuk melihat ujung body mobil kiri belakang
  • Spion dalam mobil untuk melihat belakang
  • Sedangkan spion belakang bisa Anda gunakan untuk melihat track dan sedekat apa bumper dengan garis pembatas parkir, atau bila ada benda yang membahayakan ban mobil Anda.

Maksimalkan Fasilitas Mobil

Sekarang ini fitur atau fasilitas telah banyak pada mobil modern, yang bisa kita lakukan di antaranya:
  • Menghidupkan sensor parkir, sensor ini akan memberi peringatan saat bagian belakang mobil mendekati obyek tertentu melalui bunyi. Bunyi sensor parkir mobil makin keras seandainya bagian belakang mobil semakin mendekati onyek atau benda tertentu.
  • Kamera parkir, Fungsi kamera parkir adalah untuk melihat bagian belakang dengan lebih luas ketimbang spion.

Konsentrasi Penuh

Mungkin untuk cara yang terakhir ini Teknovanza tidak banyak kata untuk di sampaikan, tapi hindari sms/ telepon,
Mungkin untuk cara yang terakhir ini Teknovanza tidak banyak kata untuk di sampaikan, tapi hindari sms/ telepon, bergurau dan matikan sistem audio atau mengecilkannya, semua harus dalam kendali sebelum memasukan mobil di tempat parkir.

Bagi kita memajukan mobil itu lebih mudah dari pada memundurkan. Tapi, saat kita memarkir terkadang kita juga memundurkan mobil. Dan sebenarnya lagi, cara parkir mobil mundur itu lebih mudah untuk di lakukan. Karena perputaran roda depan dapat berbelok ke arah kanan dan kiri. Hanya saja kita tidak dapat melihat benda yang berada di belakang mobil kecuali mengunakan kaca spion atau kamera.

Di suatu area tertentu kita memerlukan cara parkir yang berbeda, maka dengan membaca Postingan dari Teknovanza ini Anda sudah harus bisa melakukannya sendiri. Dan untuk melengkapi Artikel Otomotif Tips atau cara memarkir mobil yang benar, mari kita lanjutkan. Baca juga post yang juga bermanfaat dalam hal ini: cara mengemudi mobil

Panduan cara parkir mobil yang benar

  1. Posisikan mobil Anda sejajar dengan kendaraan yang nantinya bakal di depan mobil anda. Selain itu juga harus menjaga jarak kurang lebih 30cm
  2. Pindah atau oper gigi porsneleng ke mundur
  3. Maju atau mundurkan mobil secara perlahan (sesuai sikon parkir) sambil perhatikan jarak antara kendaraan atau obyek tertentu di sebelah dan perhatikan kaca spion untuk melihat kiri, kanan dan juga bagian belakang.
  4. Lihat dan perhatikan posisi depan hingga sedikit melewati belakang mobil yang berada di depan anda.
  5. Putar stir hingga posisi mobil anda berada lurus dengan mobil depan dan belakang.
  6. Maju atau mundurkan mobil sampai mencapai jarak aman (depan dan belakang).
Bila belum terbiasa, cara parkir mobil yang benar itu tidak semudah teori. Namun Teknovanza harap, setidaknya Anda bisa mempunyai sedikit gambaran,

Bila belum terbiasa, cara parkir mobil yang benar itu tidak semudah teori. Namun Teknovanza harap, setidaknya Anda bisa mempunyai sedikit gambaran, dan mengetahui apa yang harus di lakukan untuk memarkir mobil. Setelah melakukan praktek di banyak tempat dan kondisi, Anda akan mudah melakukanya di area-area yang sulit yang mungkin belum pernah Anda temui sebeumnya.
Panduan Cara Parkir Mobil Yang Benar | Tri Sunenti | 5