Penyebab Mesin Mobil Panas Tinggi | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Penyebab Mesin Mobil Panas Tinggi


Overheating adalah suatu kondisi mesin tidak bisa bekerja dengan normal yang disebabkan oleh temperatur kerja mesin berada di atas suhu normal mesin kendaraan.

Cara Mengatasi Penyebab Temperatur Mesin Mobil Panas

Overheating adalah suatu kondisi mesin tidak bisa bekerja dengan normal yang disebabkan oleh temperatur kerja mesin berada di atas suhu normal mesin kendaraan. Selanjutnya, bila hal demikian yang Anda alami maka sebaiknya segera matikan mesin mobil. Bila di paksa akan berakibat fatal untuk diri Anda sendiri dan kendaraan tersebut.

Penyebab tingginya temperatur mesin mobil panas biasanya disebabkan oleh kerusakan radiator, kebocoran pada slang radiator, termostat, tidak normalnya fan dan water pump. Sistem kerja temperatur mesin normal bisa digambarkan sebagai kondisi dimanana motor cooling fan bisa on dan off sesuai dengan temperatur mesin yang berada di antara 85C hingga 95. Gambaran tersebut seandainya mesin menggunakan elektrik fan.

Sistem pendingin selain terdapat pada PC maupun Laptop dan berbagai perangkat yang menggunakan mesin, terutama untuk jenis kendaraan bermotor juga pasti memiliki. Rusak atau tidak bekerjanya sistem pendingin ini yang akan menyebabkan mesin mobil mengalami overheat. Kondisi mesin mobil panas seperti ini sering kali di alami ketika kita melakukan perjalanan jauh. Dan tanda - tanda yang bisa di lihat dari dashboard mobil, biasanya overheat jarum indikator akan bergerak ke kanan ke arah suhu, selanjutnya mesin akan langsung mati.

Overheating Radiator

Cara mengatasi mesin mobil overheating adalah terlebih dahulu harus dilakukan pengecekan untuk mengetahui pasti penyebab mesin mobil panas. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk pengecekan diantaranya oli mesin dan oli rem, air pada reservoirradiator serta pada air aki.

Ciri - Ciri overheating atau suhu panas mesin naik tinggi adalah mesin mobil mati tiba-tiba atau istilah gampangnya, mati mendadak. Hal ini terjadi karena kita tidak memperhatikan indikator temperatur yang ada di panel speedometer, jarum indikator temperatur atau juga lampu indikator temperatur, sehinga terlampat untuk mencegahnya.

Setelah mengetahui penyebab dan gejala di atas mari bersama Teknovanza kita ketahui tips untuk mesin mobil Anda agar tidak terjadi overheating, termasuk perawatan dan pemeriksaan sistem pendingin mesin mobil serta mencegah temperatur tinggi atau panas berlebih yang menyebabkan mobil macet. Post lain yang juga setopik bisa di baca di cara memperbaiki mesin mobil mati.

Radiator panas


Hal pertama adalah melakukan pemeriksaan pada Radiator Mobil. Cek isi air dalam radiator, segera tambah sampai batas upper jika kurang atau lakukan pergantian jika di rasa terlalu kotor serta tambah Long Life Cooland. Setelah melakukan pengecekan, periksa juga bagian tutupnya, kisi-kisi radiator apakah mengalami kebocoran.

Kondisi radiator serta kebocoran sistem pendingin

Beberapa bagian dari radiator mobil yang perlu untuk Anda periksa adalah upper tank serta lower. Pemeriksaan initerutama jenis radiator yang menggunakan plastik untuk upper tank serta lower tank nya. Hal ini disebabkan karena kilometer tempuh tertentu untuk upper tank dan lower tank berbahan plastik mudah rapuh serta mengalami retak-retak hingga mennjadi penyebab bocorannya air radiator mobil Anda. Pada upper tank dan bagian paling atas dari radiator umumnya mudah rusak dikarenakan langsung menerima air panas dari mesin mobil.

Cara mengetahui kebocoran pada cooling sistem dengan radiator tester

Lakukan pemeriksaan kebocoran cooling sistem dengan mengunakan radiator tester. Ini merupakan salah satu cara untuk Anda memeriksa kebocoran sistem pendingin mesin mobil yakni menggunakan radiator tester atau radiator cup tester. Cara melakukanya adalah dengan memberikan tekanan lebih tinggi dari tekanan relief valve tutup radiator, tekanan tutup radiator umumnya 1,1 bar atau 0,9. Saat Anda sudah menemukan kebocoran dengan menemukan air menetes maka bisa langsung di lakukan penanganan pada bagian tersebut.

Kondisi Tutup Tadiator

Pada sebuah tutup radiator akan terdapat karet dan jika karet ini mengalami kerusakan atau mungkin mengeras maka akibatnya air pendingin mesin yang keluar dari radiator tidak melewati tabung reservoir.

Cara Periksa tutup menggunakan radiator cup tester

Untuk pemeriksaan pada tutup radiator ini juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan radiator cup tester untuk mengetahui tekanan relief valve radiator mulai terbuka. Bila hasilnya tidak sesuai dengan yang tertera pada tutup radiator langkah terbaik adalah segera ganti tutup radiator mobil Anda.

Pergunakan Radiator Coolant

Kondisi Air yang dipanaskan atau mendidih cenderung bereaksi dengan benda logam dan membuat larutan logam oleh sebab itu jika radiator yang tidak di beri radiator coolant seringkali kita menemukan air yang kekuningan, selain itu warna kuning itu juga akan menempel di dalam radiator dan mengakibatkan kotor. Dan...air tidak bersih /steril seringkali didalamnya mengandung logam yang dapat menimbulkan kerak yang akan menyumbat saluran radiator, selanjutnya kondisi mesin mobil panas atau mesin mengalami overheating.

Radiator Mobil Tersumbat

Tersumbatnya menyebabkan air radiator tidak bisa mengalir dengan lancar. Titik penguapan air hanya rendah yaitu 100c sedang suhu mesin bisa lebih dari 100c, Kesimpulanya; jika kita menggunakan air sebagai isi radiator maka air dalam radiator tersebut cepat berkurang karena penguapan melalui reservoir. Jadi untuk mencegah cepat habisnya air radiator sebaiknya mengunakan radiator coolant untuk mobil anda.

Kondisi Slang Radiator Beserta Klem nya

Penyebab mobil macet karena mesin mobil panas selanjutnya adalah karena selang radiator pecah, atau klem yang kurang kencang. Ini menandakan kondisi slang radiator mobil Anda sudah waktunya untuk di ganti. Kerusakan selang radiator biasanya di tandai dengan slang yang sudah mulai mengeras dan ketika Anda tekan mengunakan tangan sudah tidak lentur, selanjutnya juga menimbulkan bunyi bila di tekan.

Kecepatan Angin Kipas juga Kebersihan Pada Permukaan Radiator

Untuk type mesin modern yang menggunakan motor cooling fan atau kipas radiator, ia akan berputar ketika temperatur kerja tercapai. Ganguan yang biasanya ditemukan, seperti; debu, daun atau juga sirip yang tertekuk mengakibatkan kemampuan kipas berkurang untuk membuang suhu panas radiator. Dengan adanya ganguan tersebu juga menyebabkan beban motor cooling fan bertambah dan di tandai dengan naik nya arus listrik.

Water Pump

Pemeriksaan Water Pump bisa Anda lakukan lakukan dengan cara melihat dari bawah kendaraan pada bagian water pump. Periksa pada lubang angin di bawah apakah ada air yang keluar. Jika Anda mendapatinya segera ke bengkel untuk mengganti water pump baru.

Periksa juga bagaimana kondisi V-Belt yang melilit pada pompa air atau sering kali kita sebut Water Pump. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mencegah v-belt putus yang di sebabkan retak. Bila sudah demikian sebaiknya segera ganti agar tidak putus di tengah perjalanan.

Oli Mesin Mobil

Ketinggian Oli mesin

Cara untuk pemeriksaan oli mesin mobil bisa di lakukan mengunakan stik oli atau sembarang benda lain, tapi yang masuk akal tentunya,,. Fungsi oli mesin ini selain sebagai pelumas pada mesin yang bergesekan juga berfungsi mendinginkan mesin agar tidak terjadi overheating. Jadi amat penting untuk menjaga oli mesin agar tetap pada jumlah yang cukup. Baca disini http://www.teknovanza.com/2014/03/cara-memilih-oli-terbaik-untuk-mobil.html

Demikian dari Teknovanza mengenai Cara Mengatasi dan yang menjadi Penyebab Temperatur Mesin Mobil Panas alias Overheating. Postingan tersebut sudah Tekno buat sedemikian rupa agar mudah di pahami juga sangat bermanfaat bagi anda yang tengah mengalaminya. Ok! ---Salam Teknovanza---
Penyebab Mesin Mobil Panas Tinggi | Tri Sunenti | 5