Perbandingan Mobil Murah Daihatsu Ayla vs Axia | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Perbandingan Mobil Murah Daihatsu Ayla vs Axia


Mobil masa depan hemat bahan bakar serta emisi tanpa kompromi untuk kenyamanan berkendara. Kurang lebih

Mobil Murah Ayla vs Axia


Mobil masa depan hemat bahan bakar serta emisi tanpa kompromi untuk kenyamanan berkendara. Kurang lebih, seperti itulah kata-kata yang di kalim oleh Perodua untuk mobil murah Axia. Bila bulan september tahun kemarin Indonesia meluncurkan Daihatsu Ayla, kini giliran Negara Jiran kita memajang Mobil kompak tersebut yang sudah di ganti nama dan juga dengan sedikit perbedaan.

Nah,,untuk mengetahui lebih lanjut perbedaan antara mobil murah Indonesia vs Malaysia tersebut, mari kita lanjutkan pembahasan diatas. Dari segi wajah depan kereta Axia ini menyesuaikan desain Perodua. Sebelum dilanjut, mungkin Anda belum tahu; "Kereta adalah Mobil dalam bahasa Malaysia. Sedangkan Perodua ini merupakan nama perusaan di Malaysia".

Sesuai berita yang Teknovanza.com dapat Perodua menampilkan Axia berkelir merah seperti tengah di area inspeksi final dalam rangkaian perakitan mobil, Bemper serta Spoiler belakang lebih terlihat sporty bila di banding Ayla dan lampu belakang menggunakan mika bening. Perbedaan di kedua mobil murah ini, seperti gril, lampu depan, bemper serta emblem. Untuk nuansa dasar bagian kabinmasih sama, hanya saja versi kereta Axia ini beberapa tombol terkesan lebih mewah. Selanjutnya mari kita ulas lebih lengkap lagi mengenai type mobil kompak tersebut:

Platform

Pabrikan Perodua memproduksi model kereta terbaru nya ini menggunakan platform lisensi dari Daihatsu,
Pabrikan Perodua memproduksi model kereta terbaru nya ini menggunakan platform lisensi dari Daihatsu, kecuali untuk bodi. Dan begitu juga dengan Mobil Murah Ayla yang menggunakan platform Mira e:S.

Jantung pacu Axia menggunakan 1KR yang dibuat berdasarkan mesin 1KR-FE, 12-Valve, DOHC, 3-silinder, 988cc, dan bahan dasar mengunakan aluminium. Mesin kereta ini menghasilkan torsi 87 Nm pada 3.600 rpm dan tenaga 66 PS pada 5.000 rpm. Dan Berat mesin Axia 10 kg lebih ringan dari mesin Viva yang juga berkapasitas 1.0 liter, yakni hanya 69 kilo. Mesin dipadukan dengan transmisi 5-percepatan manual atau otomatis 4-percepatan. Kereta murah Axia ini diklaim mengkonsumsi bbm 20-22kpl.

Pada Ayla, mesin tersebut dipadukan dengan transmisi 5-percepatan manual atau otomatis 4-percepatan. Dari pihak perusahaan Perodua mengklaim model baru ini punya konsumsi bahan bakar sebanyak 20-22 kpl, hal tersebut sesuai ketentuan program Kendaraan Efisien Energi (EEV) yang digulirkan pemerintah Malaysia.

Mungkin Anda beranggapan bahwa tampilan Mobil Axia ini sangat mirip dengan Daihatsu Ayla. Namun jika Anda cermati secara detail lagi, maka akan terdapat perbedaannya signifikan sesuai nama juga lokasi mereka. Berikut ini perbedaan eksterior dan interior dari mobil murah Indonesia versus Malaysia:

Eksterior

Sangat terlihat jelas pada bagian wajah kedua mobil, Axia di desain ulang di bemper, gril serta komposisi lampu utama dengan menggunakan proyektor. Juga di lakukan pengubahan pada Penempatan emblem utama, Perodua meletakanya pada permukaan yang menyatukan grill serta bemper. Sedang Mobil Murah Daihatsu Ayla di atas kap.

Axia sangat telihat lebih sporty bila di bandingkan dengan Ayla yang berdesain lebih kaku. Untuk spion juga dilengkapi dengan lampu sein.

Perubahan desain pada bemper di tambahkan aksen lubang udara serta reflektor. Sedang lampu mobil belakang menggunakan mika tranparan yang di komposisikan berbeda menggunakan lampu LED.

Interior

Perubahan desain dasbor, Kereta Ayla ini mengunakan "perlengkapan" yang standar, AC Mobil, radio, CD 2-DIN serta pemantik api.
Perubahan desain dasbor, Kereta Ayla ini mengunakan "perlengkapan" yang standar, AC Mobil, radio, CD 2-DIN serta pemantik api. Selain itu Axia yang disasarkan pada segmen menengah memiliki berbagai kelengkapan fitur mulai dari kenyamanan dan keamanan berkendara di jalan raya. Terdapat layar sentuh, tempat penyimpan kartu tol atau parkir, penyejuk ruangan, tombol pengatur audio di setir mobil serta lengkap dengan dua kantong udara untuk pengemudi dan penumpang bagian depan.

Perbandingan selanjutnya pada desain dasbor yang membentuk segitiga, sadangkan Mobil Daihatsu Ayla mengotak. Dan juga posisi saklar lampu hazzard juga berbeda di antara lobang AC untuk versi Indonesia dan di atas tuas pengatur AC untuk Negeri Jiran.

Berdasarkan detail setiap perbedaan diatas dan meski platform sama, bisa terlihat kalau mobil murah yang dijual di Indonesia berbeda segmen atau sasaran bila di bandingakan Malaysia. Daihatsu Ayla di buat untuk menyasar pada konsumen pertama, sedangkan dari Perodua Axia ini membidik segmen menengah.

Harga Kereta Axia
Mobil Murah Axia tersedia untuk tiga varian; G, SE, serta Extreme. Dan sekali lagi, meskipun memiliki status entry level, Kereta Axia dari perodua ini mempunyai kelas yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil murah Ayla. Di Nergeri Jiran sana, posisi untuk kendaraan Axia berada di bawah hatchback Myvi. Harga mobil murah Varian Extreme dijual dengan harga 44.000 RM bila di rupiahkan harganya berkisar di Rp 161,7 juta.
Perbandingan Mobil Murah Daihatsu Ayla vs Axia | Tri Sunenti | 5