Cara Memasang Sound System Mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Memasang Sound System Mobil


Gambar: Cara Memasang Sound System Mobil

Jika Anda menyukai sound system di  mobil suara keras, kebetulan kali ini Teknovanza akan mengulas lagi Cara memasang Audio mobil. Pertama yang akan kita bicarakan disini adalah cara memasang speaker aktif ke sistem audio mobil tanpa banyak menghabiskan strum/listrik dari aki mobil. Langsung saja kita mulai:

Cara Memasang Speaker Aktif Untuk Mobil

1. Siapkan aki motor
2. Speaker aktif yang bagus
3. Jiwa Otomotif kali ya...

Tahap ke dua cara merakit sound system nya:

1. Silahkan buka speaker aktif, untuk menemukan rangkaian adaptor dari AC ke DC
2. Setelah itu langsung potong dan buang adaptor di speaker aktif tersebut, maka akan tinggal dua kabel saja untuk arus DC.
3. Selanjutnya sambungkan kabel ke aki motor.
4. Setelah semua siap lakukan pengetesan, apakah hidup atau mati. Jika indikator lampu speaker aktif menyala artinya bisa di gunakan.
5. Jika semua beres termasuk pengetesanya maka tinggal meletakan aki motor itu kedalam speaker aktif. Tapi sebelum di pasang  jangan lupa untuk membuat colokan yang akan di gunakan untuk mengecas aki.
7. Ok! bila semua pekerjaan beres hanya tinggal bermusik ria tanpa harus kawatir ada masalah dengan aki mobil.

Guna mendapatkan kepuasan maksimal dan meningkatkan kualitas suara sound system audio mobil, anda tentunya harus menambahkan power amplifier. Terlebih jika ingin memasang subwoofer serta menginginkan suara bass yang lebih dalam maka wajib memasang amplifier.

Cara memasang amplifier dan subwoofer sendiri tidak sesulit yang di pikirkan, karena ini mudah dilakukan dengan beberapa peralatan sederhana seperti obeng + serta -, cutter di tambah tang potong, selain itu juga akan menghemat uang ketimbang harus memasang ditoko Audio Mobil, dan selisih harga bisa di manfaatkan untuk melengkapi atau meningkatkan kualitas. Dan bahan yang dibutuhkan di antaranya kabel power dengan ukuran yang cukup besar, kabel untuk remote, kabel RCA dan solatip, berikut ini adalah cara memasang amplifier : Tips lain yang mungkin Anda perlukan adalah cara setting audio mobil.

Hal pertama tentukan dimana anda hendak memasang amplifier. Jangan sampai lupa bila anda punya rencana memasang subwoofer mobil, maka pasang amplifier sedekat mungkin dengannya, tapi apabila hanya sekedar speaker aktif maka amplifier dapat diletakan dibawah kursi depan penumpang
Tapap selanjutnya adalah memasang kabel dari aki mobil yang menuju amplifier. Pengambilan kabel power dari aki agar mengurangi suara dengung yang di hasilkan. Untuk pemasangan kabel power dari aki ini sedikit memerlukan trik karena Anda mesti memasukkan kabel dari aki yang ada di ruang mesin menuju amplifier yang ada di dalam kabin mobil Anda. Cara memasang kabel bisa mengikuti jalur kabel yang sudah ada, Anda tinggal mencontohnya. Dan sebelum masuk ke amplifier sebaiknya memasang sekring sebesar 60 amp, usahakan se dekat mungkin dengan aki mobil.

Langkah – langkah memasang amplifier dan subwoofer di mobil :


  1. Lepaskan kabel (-) dari aki mobil Anda
  2. Setelah selesai pasang semua kabel yang terhubung ke amplifier, speaker aktif dan subwoofer, termasuk kabel RCA dan REM dari tape mobil atau sekerang ini kita kenal dengan head unit mobil. Hubungkan kabel (-) dari amplifier ke ground sasis di mobil
  3. Kemudian untuk kabel power (+) 12 v dari aki mobil pada mesin yang menuju amplifier dipasang.
  4. Tahap selanjutnya memasang kembali kabel (-) dari aki mobil yang Anda lepaskan tadi
  5. Lakukan pengetesan dan beberapa penyesuaian di amplifier.
Gambar: Cara Memasang Sound System Mobil

Note:
  • Head unit sering kita kenal sebagai kaset player atau cd playet yang terdapat pada dashboard mobil
  • Type Head unit lama belum memiliki RCA jack dan Anda memerlukan ampli yang mempunyai input speaker aktif
  • Bila bukan ahli sebaiknya baca terlebih dahulu petunjuk pemasangan amplifier, karena setiap informasi dapat membantu dan memudahkan cara pemasangan, perhatikan ukuran kabel, dan sekring, dkk
  • Speaker pabrik sering kali tidak mampu / sesuai untuk menerima daya dari amplifier, jadi selalu pastikan Anda membeli speaker mobil yang bagus, terbaik untuk di upgrade sesuai dengan kapasitas amplifier mobil Anda. Baca disini [http://www.teknovanza.com/2014/01/tips-membeli-audio-mobil-murah.html]
Cara Memasang Sound System Mobil | Tri Sunenti | 5