Cara Membuat Box Subwoofer Untuk Sound System Mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Membuat Box Subwoofer Untuk Sound System Mobil

Cara Membuat Sound System Mobil

Cara Membuat Sound System Mobil
Untuk membangun audio system untuk mobil yang benar-benar terbaik sangatlah penting untuk membuat box subwoofer dengan ukuran yang sesuai kesempurnaan dari sound system audio mobil baik SQ/SQL/SPL sangat dipengaruhi oleh suara bass yang akan di hasilkan. Mari di Teknovanza ini kita ketahui beberapa point penting tentang beberapa teknik dan metode pembuatan box subwoofer mobil.

Baffle tanpa terbatas "Enclosure"

Yang paling sederhana Jenis box adalah penyekat tanpa terbatas atau sistem udara bebas. Catatan: Free-Air adalah merek dagang dari Desain Stillwater ("subwoofer mobil" Kicker) Dalam sistem ini woofer memiliki bagian depan kerucut diisolasi dari bagian belakang kerucut dengan memasang woofer ke dek belakang atau di papan ditempatkan di bagian belakang kursi belakang.

Keuntungan dari desain ini antara kesederhanaan pekerjaan minimal ruang dan biaya yang lebih rendah karena tidak harus memiliki jenis box subwoofer mobil.

Kekurangan dari desain box subwoofer ini adalah persyaratan yang lebih besar kekuasaan kesulitan (kadang-kadang ekstrim) di sepenuhnya mengisolasi dua sisi kerucut dari satu sama lain dan reproduksi suara sedikit kurang akurat.

Enclosure Sealed

Jenis kotak sistem yang paling sederhana adalah box tertutup. Berikut woofer sudah terpasang dalam kotak benar-benar tertutup yang mengisolasi gelombang depan dan belakang woofer.

Keuntungan dari desain tertutup termasuk kemudahan perakitan persyaratan ukuran kotak lebih lunak karakteristik transient yang sangat baik penanganan daya tinggi dan box biasanya lebih kecil.

Subwoofer Amplifier, kekurangan kurang efisiensi (memerlukan power amplifier lebih) dari vented box dan kurang bass rendah dibandingkan dengan disetel dengan benar lingkup berventilasi ATAS port Penyesuaian frekuensi.

Porting (vented) Enclosure

Dalam membuat box subwoofer mobil vented mirip dengan box tertutup dalam desain kecuali bahwa mereka menambahkan "port" yang panjang tertentu dan daerah tertentu. Bentuk dari Port ini biasanya panjang pipa PVC disetel ke frekuensi tertentu dengan variasi dalam dua parameter port luas dan panjang. Tentang Penambahan port gelombang belakang gerakan kerucut digunakan untuk memperkuat gelombang bagian depan.

Bila semuanya terpasang benar "car subwoofers" ini menjadi lebih efisien daripada disegel box sebanding ATAS Penyesuaian frekuensi port. Namun di bawah port Penyesuaian frekuensi woofer akan menjadi tidak stabil dan "membongkar" menyebabkan woofer untuk berosilasi keras yang menyebabkan kegagalan woofer prematur ketika digerakkan dengan tenaga yang berlebihan.

Keuntungan dari desain ini peningkatan efisiensi dan perpanjangan frekuensi yang lebih rendah di atas port Penyesuaian frekuensi.

Kekurangan adalah desain yang lebih kompleks box yang lebih besar dibandingkan dengan desain tertutup penanganan daya yang lebih rendah dan akurasi sedikit kurang sementara.

Tunggal Reflex Bandpass

Desain yang paling kompleks box umum adalah sistem band pass. Tujuan dari sistem band pass adalah peningkatan efisiensi pada rentang frekuensi rendah. Desain yang di hasilkan tersebut juga membantu menyaring midbass yang tidak diinginkan dan frekuensi atas. Ada variasi pada desain band pass dikenal sebagai perintah. Desain sederhana adalah refleks tunggal di mana woofer dalam kebakaran box tertutup ke box berventilasi.

Ganda Reflex Bandpass

Enclosure Seri Tuned Ganda Reflex

Ada juga desain ganda refleks (urutan ke-6) di mana kedua box yang berventilasi dan seri tuned desain di mana woofers dan kebakaran ventilasi pertama ke box berventilasi kedua.
kelebihan desain box subwoofer ini adalah efisiensi tinggi pada rentang kecil frekuensi dan karakteristik penyaringan.

Tapi ia akan mengalami penurunan respon frekuensi reproduksi kurang akurat kompleksitas ekstrim dalam desain dan perakitan ukuran box yang lebih besar bongkar woofer yang lebih besar dan penurunan penanganan daya.

Isobarik

Desain box lain yang Anda mungkin mendengar dari adalah isobarik. Isobarik sebenarnya bukan tanpa box tetapi teknik pembebanan untuk woofer audio mobil. Pemuatan isobarik dapat digunakan bersama dengan salah satu jenis box kecuali baffle mungkin tanpa terbatas. Pemuatan isobarik terdiri dari dua woofer digabungkan bersama-sama oleh box pendek yang hanya cukup lama untuk mencegah dua woofer dari mencolok satu sama lain. Woofer dapat dipasang seperti semula. Memiliki woofer yang mengesankan di lapangan adalah bagian tujuan membuat box subwoofer untuk sound system mobil dalam fase satu sama lain. Untuk mencapai hal ini dengan woofer menembakkan depan untuk depan atau kembali ke belakang salah satu lead speakers subwoofer harus dibalik sehubungan dengan woofer lainnya. Baca disini Untuk Cara Memilih Speaker Terbaik

Pemuatan isobarik biasanya digunakan bila ruang adalah pada premium atau jumlah maksimum woofer ingin digunakan dalam volume tertentu ruang. Dengan isobarically memuat woofer tiap kotak hanya setengah ukuran kotak satu woofer diperlukan. Sebagai contoh jika 12 "woofer membutuhkan dua kotak kaki kubik sama 12" woofer isobarically dimuat hanya membutuhkan satu kotak kaki kubik. Biaya desain ini selain dua kali lipat biaya woofer adalah pengurangan efisiensi sistem subwoofer dengan tiga desibel (jika keduanya woofer diberi kekuatan yang sama sebagai woofer tunggal), yang setara dengan mengurangi separuh power amplifier. Baru kecil desain kotak subwoofer mobil memiliki semua tapi menghilangkan kebutuhan untuk memuat isobarik di audio mobil dan telah jatuh dari popularitas.

Kelebihan box isobarik dari desain ini meningkat linearitas dalam gerakan speaker mobil Anda kebutuhan ruang yang lebih rendah dan peningkatan penanganan daya. Nah.. itu beberapa informasi untuk subwoofer power anda, silahkan baca juga artikel lain tentang speakers and subwoofer di Teknovanza.
Cara Membuat Box Subwoofer Untuk Sound System Mobil | Tri Sunenti | 5