Cara Memperbaiki Mobil Tidak Bisa Di Hidupkan | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Memperbaiki Mobil Tidak Bisa Di Hidupkan

Mobil Tidak bisa di Starter Karena Aki Rusak

OK! langsung saja ini adalah lanjutan dari "Mobil Tidak Bisa Hidup Saat Di Starter" postingan sebelumya. Pada ulasan kali ini sudah sampai pada Aki Mobil Lemah yang menjadi penyebab tidak bisa di jalankan.

OK! langsung saja ini adalah lanjutan dari "Mobil Tidak Bisa Hidup Saat Di Starter" postingan sebelumya. Pada ulasan kali ini sudah sampai pada Aki Mobil Lemah yang menjadi penyebab tidak bisa di jalankan.

Ada sejumlah alasan aki mobil menjadi habis sehingga tidak lagi memiliki kekuatan atau daya untuk menghidupkan mesin.

Alasan lebih umum untuk aki mati adalah:

  1. Membiarkan lampu hidup setelah Anda memarkir mobil.
  2. Membiarkan cahaya atau kesopanan bacaan ringan hidup. Hal ini sering kali terjadi karena sebagian besar mobil memiliki fitur yang menunda mematikan lampu interior setelah Anda meninggalkan mobil, sehingga Anda tidak menyadari bahwa Anda membiarkan lampu terus hidup.
  3. Sambungan berkarat atau longgar antara aki dan kabel yang melekat padanya.
  4. Sebuah interior atau batang saklar lampu rusak sehingga lampu terus menyala
  5. Sistem pengisian rusak dan tidak mengisi daya aki mobil.

Terakhir aki bekas, lemah, soak, rusak yang telah kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan daya penuh. umur atau usia pemakaian aki antara 3 sampai 5 tahun, setelah itu mereka harus diganti dalam upaya pencegahan meskipun masih bekerja dengan baik. aki harus bekerja lebih keras dalam suhu dingin. Suhu pembekuan Sub adalah ketika aki biasanya mulai menunjukkan tanda-tanda bahwa mereka gagal berfungsi.

Pertama, beberapa informasi keamanan penting:

Aki otomotif memerlukan penanganan khusus. Elektrolit dalam battery adalah campuran asam sulfat dan air. Asam sulfat sangat korosif; jika terkena pada kulit Anda harus di cuci dengan air bersih; jika masuk ke mata Anda, Anda harus segera mencuci dengan air lalu pergi ke dokter dengan segera. Dalam situasi ini, waktu sangat penting. Jika Anda bekerja dengan aki, Anda harus memiliki solusi ringan baking soda dan air di tangan dan siram dengan itu. Baking soda akan menetralisir asam dan meminimalkan kerusakan. Ingat: itu lebih penting untuk flush. Jangan meluangkan waktu untuk membuat solusi pertama.

Asam sulfat akan meresap melalui pakaian, sehingga sangat tidak di sarankan untuk mengenakan pakaian tua saat menangani aki. Hal ini juga dianjurkan untuk weargoggles dan sarung tangan saat menangani aki. Saat pengisian, aki akan emithydrogen gas; oleh karena itu sangat penting untuk menjaga api dan percikan api dari battery mobil.

Karena aki memancarkan gas hidrogen saat pengisian, kasus aki tidak dapat becompletely disegel. Bertahun-tahun lalu ada tutup lubang untuk setiap sel dan kami harus replenishthe sel dengan air suling ketika elektrolit menguap. Hari aki (bebas perawatan) memiliki smallvents di sisi aki; gas yang dipancarkan harus melalui baffle untuk escape.During proses ini mengembun cair dan turun kembali ke bawah battery.There ini tidak perlu mengisi atau menambahkan air ke jenis aki.

Aki mobil memiliki dua terminal baik di atas atau di satu situs dari aki. Pada aki terminal atas, satu posting sedikit lebih besar dari pos lain. Terminal besar adalah terminal positif dan ditandai dengan tanda tambah menonjol (+). Terminal yang lebih kecil adalah terminal negatif dan ditandai dengan tanda minus (-). Pada aki terminal sisi, kabel disekrup ke terminal. Mereka juga jelas ditandai dengan + dan - dan juga kode warna, Merah untuk positif dan hitam untuk negatif.

Terminal negatif secara langsung terhubung ke tubuh logam dari mobil serta blok mesin logam. Hal ini juga disebut Ground. Terminal positif terisolasi dan pergi ke semua komponen yang membutuhkan daya. Terminal positif tidak harus datang ke dalam kontak dengan tubuh atau Anda akan menyebabkan korsleting berbahaya.

Apa yang harus dilakukan ketika aki Anda sudah mati:

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa sambungan aki. Cari sepasang sarung tangan lama sebelum Anda menyentuh apa pun di sekitar aki. Terminal aki Menyentuh dengan tangan Anda tidak akan memberikan shock karena kita berhadapan dengan hanya 12 sampai 14 volt dan itu akan mengambil lebih dari itu sebelum Anda akan merasakannya.

Namun, jika Anda menyentuh terminal aki dengan apa pun logam dan memungkinkan logam untuk datang ke dalam kontak dengan logam pada mobil, Anda akan mendapatkan percikan yang dapat menyebabkan cedera dan mungkin menyalakan gas hidrogen menyebabkan ledakan. Jadi jika Anda berencana untuk melakukan hal ini sendiri, Anda harus merasa percaya diri dalam kemampuan Anda dan mengikuti semua tindakan pencegahan, jika tidak mencari bantuan dari seorang teknisi otomotif profesional.

Jika Anda masih berencana untuk melakukan cara ini sendirian, berikut adalah beberapa tips yang harus diikuti:


Setelah Anda siap dengan pencegahan (seperti yang Teknovanza sampikan diatas), ambil setiap terminal dan merasa jika sambungan longgar pada aki. Hanya menggunakan sejumlah kecil tekanan sehingga Anda tidak merusak pos aki. Jika Anda melihat bahwa salah satu terminal longgar, hanya dengan bergerak, Anda mungkin dapat membuat sambungan cukup baik untuk menghidupkan mobil.

Jika masih tidak akan mulai, Anda akan perlu untuk mendapatkan mulai melompat atau memiliki aki diisi ulang menggunakan charger aki eksternal.

Mendapatkan jump start:

Ada beberapa cara untuk meningkatkan, atau melompat menghidupkan mobil dengan aki rusak. Anda bisa mendapatkan Battery Booster Box, yang sudah tersedia di toko-toko yang menjual suku cadang otomotif dan aksesoris. Ini adalah perangkat dengan aki isi ulang di dalamnya yang memiliki dua klem besar yang digunakan untuk menghubungkan ke aki mati. Kotak penguat ini diisi ulang dengan cara menghubungkannya mereka ke stopkontak teratur untuk menjaga mereka siap untuk digunakan pada saat itu juga. Banyak dari mereka juga memiliki kompresor udara yang dapat digunakan untuk mengembang ban Anda, dan cahaya pencarian untuk memberikan cahaya darurat di pinggir jalan.

Booster Cables cara lain adalah dengan menggunakan mobil lain dan menghubungkan aki yang baik untuk aki mati dengan menggunakan Kabel Jumper. Hal ini penting untuk menggunakan kabel berkualitas baik ketika mencoba untuk meningkatkan mobil dengan aki mati. Menggunakan tipis, kabel murah mungkin tidak memungkinkan ampere cukup melalui. Selain itu, mereka bisa sangat panas dan gagal, mungkin menyebabkan luka bakar serius atau bahkan kebakaran.

Ketika belanja untuk kabel booster, mencari kabel berat dengan kawat terisolasi yang setidaknya 6 gauge, dengan 4 ukuran yang lebih baik. (semakin rendah gauge kabel, tebal kawat). Pastikan bahwa kawat pergi semua jalan melalui klem dan terhubung langsung ke rahang. Jika kawat terhubung hanya untuk pegangan klem, jangan membelinya. Kabel jumper yang baik akan biaya lebih dari 200 ribu dengan kabel kualitas profesional seharga 3 juta atau lebih. Ada banyak kabel yang biaya sebagai sedikit sebagai 50 ribu sampai 100 ribu. Tinggal jauh dari orang-orang.

Kabel Booster memiliki satu penjepit hitam pada setiap ujung salah satu kabel dan penjepit berwarna, biasanya merah atau kuning, pada setiap ujung kabel lainnya. Ketika menghubungkan klem kabel aki, sangat penting bahwa Anda selalu menjepit klem positif (Red) ke terminal positif (+) dan penjepit negatif (hitam) ke terminal negatif (-)

Aki pada mobil yang lebih baru tidak selalu mudah diakses, tetapi ketika hal ini terjadi, mereka akan memiliki keran aki di suatu tempat di kompartemen mesin. Sisi positif biasanya akan ditandai dengan jelas di bawah tutup pelindung plastik merah. Sisi negatif mungkin atau mungkin tidak ada, tetapi Anda selalu dapat terhubung ke blok mesin atau kurung logam yang secara langsung melekat pada mesin.

Menggunakan mobil lain untuk jump start:


Penting: Periksa manual pemilik untuk kedua mobil. Pada beberapa kendaraan, produsen tidak merekomendasikan melompat dimulai dalam keadaan apapun. Kendaraan lainnya memiliki langkah-langkah tertentu yang harus diambil sebelum melompat awal, seperti menghapus sekering tertentu sebelum melanjutkan. Kegagalan untuk mengikuti instruksi produsen ini dapat menyebabkan kerusakan mahal untuk elektronik kendaraan. Jika prosedur jump start dalam manual baik pemilik berbeda dengan petunjuk yang tercantum di bawah, Anda harus mengikuti petunjuk di buku manual pemilik sebagai gantinya.

Bila menggunakan mobil lain dengan aki yang baik, berikut ini adalah cara menghubungkan aki dengan kendaraan lain:

  1. Ambil posisi depan mobil sedekat mungkin ke depan mobil yang tidak bisa hidup atau di starter, memastikan bahwa dua mobil tidak melekat.
  2. Pakai pelindung mata yang sesuai.
  3. Hubungkan positif (+) kabel (Red) penjepit ke aki positif terminal pada setiap mobil.
  4. Benar-benar memastikan bahwa Anda terhubung ke terminal positif pada kedua aki dengan sisi yang sama dari kabel (konektor pada setiap ujung kabel berwarna sama (biasanya merah atau kuning)
  5. Selanjutnya, hubungkan negatif (hitam) penjepit ke terminal negatif pada aki yang baik. Seharusnya tidak ada percikan api)

Hal ini penting. Anda TIDAK akan menghubungkan bekas penjepit untuk aki pada mobil rusak.

Cari tempat pada mobil mati untuk menghubungkan penjepit negatif lain dari aki, baik pada blok mesin atau braket logam yang terpasang langsung ke mesin. Anda kemungkinan besar akan melihat beberapa memicu kecil. Jika Anda mendapatkan percikan besar, baik ada sesuatu yang tidak terhubung dengan benar, atau aki korslet, dalam hal ini Anda sebaiknya tidak mencoba jump start sampai Anda mengganti aki yang buruk.

Setelah Anda memiliki kabel yang terhubung, Anda dapat mencoba untuk menghidupkan mobil cacat. Jika satu-satunya hal yang salah adalah aki habis, mobil akan mulai dengan cepat.
Jika mobil masih sulit untuk menghidupkan, pertama cabut kabel negatif dari mobil yang buruk, kemudian periksa untuk memastikan bahwa ada hubungan yang solid baik di masing-masing klem kabel yang tersisa, lalu sambungkan kembali penjepit negatif pada blok mesin mobil penyandang cacat dan coba lagi.

Jika kabel mulai mendapatkan panas, menghentikan dorongan segera: kabel tidak tugas berat yang cukup untuk melakukan pekerjaan itu.

Setelah mobil soak bisa hidup hidup, pertama lepaskan kabel negatif dari blok mesin mobil masalah, kemudian lepaskan kabel negatif dari mobil lain.

Akhirnya, menghilangkan klem positif dari kedua mobil dan menutup atap mobil.
Ini adalah ide yang baik untuk menjaga dari masalah mobil sampai Anda dapat memiliki aki yang diisi ulang, baik dengan cara mengemudi di jalan raya / dijalankan atau dengan charger aki. Lanjutkan baca disini Untuk sistem pengapian konvensional
Cara Memperbaiki Mobil Tidak Bisa Di Hidupkan | Tri Sunenti | 5