Mobil Tidak Bisa Hidup Saat di Starter | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Mobil Tidak Bisa Hidup Saat di Starter

Pengetahuan Dasar Penyebab, Gejala & Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa di Hidupkan

Pengetahuan Dasar Penyebab, Gejala & Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa di Hidupkan

 

Dengan dikendalikan teknologi mobil hari ini, kendaraan Anda tidak bisa distarter ketika Anda memutar kunci kemungkinan semakin berkurang seperti sebelumnya. Tapi itu tidak selamanya terjadi, dan ketika itu terjadi, dengan mengetahui beberapa tes dasar dan prosedur mesin maka dapat memungkinkan Anda untuk mengetahui penyebab mesin tidak bisa hidup lalu mudah untuk memperbaiki masalah sendiri bukan mengandalkan bengkel lokal Anda untuk memperbaiki mobil.

Langkah pertama adalah untuk mendeteksi penyebab mobil tidak bisa hidup saat di starter.

Mari kita mulai dengan mengenal tentang mobil, sehingga Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang terjadi bila Anda menghidupkan kontak:


Berikut adalah apa yang terjadi pada mobil dalam kondisi normal:

  • Anda duduk di belakang kemudi dan memasukkan kunci kontak ke switch.
  • Anda kemudian putar kunci ke posisi start. Ketika Anda melakukan itu, kunci kontak terlibat starter dengan menghubungkan aki ke motor starter listrik, pada gilirannya engkol mesin lebih. Hal ini dapat dengan mudah didengar dan disebut sebagai cranking mesin lebih.
  • Hal berikutnya yang akan terdengar adalah suara mesin hidup, yang merupakan tanda untuk melepaskan kunci.
  • Pada saat itu, mesin sedang hidup dan Anda siap untuk menempatkan pemilih transmisi di Drive dan menuju sesuai destinasi.

Harap dicatat: Artikel ini menguraikan masalah dasar, tetapi tidak dimaksudkan untuk menjadi do-it-yourself perbaikan panduan untuk menyelesaikan semua kemungkinan sekenario komponen mesin mobil tidak bisa hidup. Jika pengalaman mekanik Anda terbatas, informasi ini mungkin berguna sebelum menemukan bengkel mobil.

Sedikit hal yang bisa salah selama proses awal. Berikut ini akan membantu Anda mengetahui dengan pasti di mana letak masalah yang terjadi untuk mengatasi situasi dan agar mobil bisa berjalan setidaknya sampai menemukan bengkel mobil terdekat.

Kunci tidak akan berubah:

Hal ini dapat terjadi karena beberapa alasan: Yang paling jelas adalah bahwa Anda menggunakan kunci tidak disesuai untuk mobil itu atau Anda memiliki kunci tidak cocok atau tidak bisa di gunakan. Jika Anda memiliki cadangan, mungkin bisa dicoba terlebih dahulu. Sebuah masalah yang sangat umum dapat terjadi ketika Anda parkir dengan roda berbalik semua jalan ke satu sisi dan menghilangkan kunci. Ketika Anda mencoba untuk mengubah kunci untuk menghidupkan, ada terlalu banyak tekanan pada kunci kemudi untuk memungkinkan kunci untuk mengubah. Untuk memperbaiki hal ini, memaksa roda kemudi, pertama dalam satu arah, kemudian yang lain, ketika mencoba untuk memutar kunci. Yang harus mengurangi tekanan dan memungkinkan kunci untuk mengubah.

Engine tidak engkol:

Ketika Anda memutar kunci untuk menghidupkan mesin mobil, Anda mungkin mendengar satu klik atau tidak sama sekali, atau Anda mungkin mendengar serangkaian cepat klik, seperti burung pelatuk, atau Anda mungkin mendengar suara cranking, tetapi hidup sangat lambat. Penyebab mesin tidak bisa hidup seperti ini yang paling umum adalah aki lemah atau mati, atau sambungan kotor atau berkarat pada aki. Sebelum Anda melangkah lebih jauh, menyalakan lampu interior Anda, kemudian mencoba untuk menghidupkan mobil. Jika lampu redup atau mati redup bila Anda memutar tombol saat menghidupkan, kemudian baca artikel tentang aki mobil untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan bila Anda memiliki aki mati.

Jika lampu interior cerah ketika Anda menyalakannya dan tidak berubah saat Anda memutar kunci untuk menghidupkan, aki mobil mungkin bagus. Kondisi ini dapat disebabkan oleh hal-hal berikut: (daftar ini diurutkan dari yang paling mungkin terjadi)

  1. Anda tidak memiliki pemilih transmisi parkir atau netral pada kendaraan transmisi otomatis atau ada masalah dengan switch pengaman netral. Coba mulai lagi dengan pemilih transmisi di Neutral.
  2. Anda tidak menekan pedal kopling semua jalan ke bawah pada kendaraan transmisi standar atau ada masalah dengan saklar pedal kopling.
  3. Ada masalah dengan kunci kontak atau cara menghubungkan kabel sistem elektrik.
  4. Ada masalah dengan motor starter atau solenoid starter.

Mesin engkol biasanya, tapi tidak terbakar

Anda memutar kunci untuk menghidupkan dan mendengar motor starter engkol mesin, tetapi ketika Anda melepaskan kunci, berhenti cranking dan ada keheningan. Ini berarti bahwa aki dan menghidupkan motor bekerja dengan baik, tapi mesin tidak merespon. Jika Anda terus cranking mesin lebih dengan cara ini, air aki mobil akhirnya akan habis selanjutnya perlu diisi ulang, tetapi aki dan starter bukan penyebab masalah Anda.

Ada beberapa penyebab untuk jenis kondisi tidak bisa di starter, yang paling umum adalah bahwa Anda hanya memiliki masalah pada sistem bahan bakar. Dengan asumsi bahwa Anda memiliki bahan bakar di tangki, Anda akan perlu melalui serangkaian tes untuk menentukan apa yang menyebabkan masalah. Prosedur pengujian mengharuskan Anda menggunakan peralatan khusus untuk menentukan area masalah. Ada tiga tes utama untuk mendapatkan Anda menunjuk ke arah yang benar. Anda akan perlu menguji untuk Spark, Bahan Bakar dan Kompresi, dalam urutan itu. Segera setelah Anda melihat masalah di salah satu daerah, itu adalah di mana Anda akan perlu untuk memusatkan perbaikan.

Busi:
Cara mudah untuk menguji busi mobil adalah dengan spark tester murah. Ini adalah perangkat yang sudah tersedia di hampir semua toko suku cadang & aksesoris mobil. Anda menggunakannya hanya dengan memegangnya di samping kabel busi. Jika Anda melihat lampu neon berkedip sementara seseorang engkol mesin, maka Anda memiliki percikan dan harus beralih ke memeriksa bahan bakar. Jika tidak ada percikan, atau percikan sangat lemah, Anda harus melakukan serangkaian tes metodis yang bervariasi tergantung pada jenis kendaraan. Anda akan melakukan secara manual untuk perbaikan mobil Anda agar mendapatkan prosedur diagnostik yang benar dan tentunya juga yang terbaik. Sebuah sumber yang baik untuk informasi perbaikan on-line pada harga murah yang wajar adalah bla..bla..bla.. cari sendiri ya :D .

Bahan Bakar:
Langkah pertama di sini adalah untuk mendengarkan pompa bahan bakar yang hidup di dalam tangki bensin. Ketika Anda memutar kunci untuk menghidupkanya, Anda harus mudah mendengar pompa, hidup selama beberapa detik untuk membangun tekanan bahan bakar, kemudian matikan. Jika Anda tidak mendengarnya, itu bisa berarti bahwa pompa bahan bakar atau sirkuit buruk. (Kegagalan pompa bahan bakar adalah masalah umum pada mobil modern.)

Bahan Bakar disuntikkan mobil sangat sensitif terhadap tekanan bahan bakar yang tepat. Jika tekanan tidak aktif, bahkan oleh beberapa kilogram, itu akan menyebabkan masalah kinerja yang nyata, atau kondisi no-start. Untuk memeriksa tekanan bahan bakar yang tepat, Anda akan memerlukan alat pengukur tekanan bahan bakar yang cocok untuk jenis sistem. Sebuah bahan bakar menyuntikkan mesin (ditemukan pada hampir setiap kendaraan kurang dari 20 tahun) menghasilkan tekanan bahan bakar yang sangat tinggi dan membutuhkan alat pengukur tekanan bahan bakar yang membaca hingga 100 pon per inci persegi. Jenis alat ukur memiliki konektor berulir yang harus sesuai dengan pressure tap pada rel bahan bakar Anda. Karena Anda bekerja dengan fluid sangat mudah terbakar yang bisa sangat berbahaya jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan, Anda harus meninggalkan langkah ini untuk menghindari kesalahan fatal dan biaya service mobil yang terlalu mahal.

Kompresi:
Jika Anda tahu bahwa Anda memiliki percikan dan bahan bakar, langkah berikutnya adalah untuk memeriksa kompresi. Untuk ini, Anda perlu kompresi tester yang selalu di gunakan oleh montir mobil. Anda akan perlu untuk membuka busi dan menggunakan tester kompresi untuk menguji kompresi pada setiap silinder. Jika kompresi sangat rendah pada semua silinder, yang merupakan tanda pasti bahwa timing belt (atau timing chain tergantung pada mesin) telah gagal dan harus diganti.

Mesin hidup, tapi mobil tidak akan bergerak ketika dimasukkan ke dalam gigi:

Jika mesin sedang hidup, tetapi mobil tidak bisa bergerak saat Anda menempatkan transmisi di gigi, ikuti langkah berikut:


Transmisi otomatis: Jika Anda menempatkan pemilih di drive atau reverse, tapi mesin hanya ras ketika Anda tancap gas dan mobil tidak bergerak atau bergerak sangat lambat, itu berarti bahwa ada masalah dengan transmisi atau driveline. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa tingkat fluid dalam transmisi. Pada kebanyakan mobil, Anda memeriksa tingkat fluid transmisi dengan mesin menyala di Park. Jika tingkat fluid sangat rendah, singkatnya, Anda melihat ada fluid pada dipstick, mematikan mesin untuk menghindari kerusakan lebih lanjut untuk transmisi dan panggilan untuk derek ke bengkel. Dalam beberapa kasus, kebocoran dapat diperbaiki dengan cukup mudah tanpa biaya besar (dengan asumsi transmisi tidak rusak dengan menjalankan dengan tingkat fluid rendah). Jika fluid penuh, ada kemungkinan kecil bahwa perpindahan gigi mungkin berasal terputus, yang berarti bahwa Anda beruntung. Jika tidak, Anda kemungkinan besar menghadapi transmisi mahal membangun kembali.

Standar Shift Transmission: Jika Anda menempatkan transmisi di gigi, tetapi ketika Anda melepaskan kopling, mobil tidak bergerak atau bergerak sangat lambat meskipun mesin balap, mungkin saatnya untuk mengganti kopling. Pada beberapa mobil, Anda mungkin bisa bertahan dengan penyesuaian kopling, tapi jika sudah tergelincir untuk sementara waktu, kemungkinan bahwa permukaan gesekan kopling dibakar dan akan perlu diganti.

Aki Mobil Mati

Salah satu yang paling umum kondisi starter tidak hidup / rusak disebabkan oleh aki mati. Ini tidak secara otomatis berarti bahwa aki tidak baik, itu hanya berarti bahwa aki telah kehilangan daya untuk satu atau alasan lain.

Alasan untuk aki di mobil adalah untuk menyediakan daya sementara untuk menghidupkan mobil atau untuk menjalankan beberapa aksesoris (seperti lampu atau radio) ketika mobil dimatikan. Setelah mobil hidup, sistem pengisian (yang terdiri dari alternator dan regulator tegangan bersama dengan kabel interkoneksi) akan mengisi ulang aki dan menyediakan semua daya listrik yang diperlukan untuk kendaraan. aki kemudian hanya berfungsi sebagai cadangan jika kendaraan membutuhkan arus listrik lebih dari sistem pengisian dapat menyediakan. Hal ini dapat terjadi ketika ada permintaan yang tinggi untuk tenaga listrik, misalnya pada malam dingin, hujan ketika Anda berada di tengah kemacetan. Dalam hal ini, lampu dan wiper yang memberikan, kipas pemanas meniup tinggi, lampu rem sedang diaktifkan dan alternator tidak berputar cukup cepat untuk menjaga daya datang. Anda mungkin melihat lampu peredupan sedikit, maka mencerahkan seperti yang Anda tancap gas. Dalam kasus ini, aki dalam kondisi baik lebih dari mampu mengambil kendur untuk menjaga segala sesuatu yang terjadi.

Bersambung... Pada postingan yang ada di Teknovanza memang sudah ada beberapa Artikel yang mengulas cara mengatasi mesin mobil tidak bisa hidup, Tapi pada 2 post ini dan selanjutnya adalah pengetahuan dasar cara mengatasi dan mengenali mobil tidak bisa di starter.
Mobil Tidak Bisa Hidup Saat di Starter | Tri Sunenti | 5