Tips Memilih Bengkel Mobil Paling Bagus | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Tips Memilih Bengkel Mobil Paling Bagus


Berikut ini adalah tips memilih bengkel mobil terbaik yang mungkin akan Anda jadikan langganan tiap bulan

Berikut ini adalah tips memilih bengkel mobil terbaik yang mungkin akan Anda jadikan langganan tiap bulan. Karena dengan berbagai alasan yang ada dalam menentukan bengkel, pasti anda bakal dihadapkan dalam dua pilihan yakni memilih bengkel mobil resmi atau usaha bengkel mobil umum. Terlepas dari 2 pilihan tersebut, beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing bengkel di bawah ini juga akan sedikit membantu saat Anda mencari; bengel cat mobil, bengkel body repair dan ketok magic.

Cara Memilih Bengkel Mobil Terbaik

Bila anda pilih di bengkel resmi pasti harga bisa jadi lebih mahal, demikian pula dengan harga suku cadangnya. Namun bengkel resmi bisa memberi garansi untuk layanan servis serta suku cadang. Serta hal itu adalah kelebihan dari bengkel resmi. Namun apa kelebihan dari bengkel umum, serta plus minus apa sajakah yang ada di bengkel resmi serta umum, tersebut disini sebagian ketidaksamaannya. Bila berlangsung hal hal yg tidak di idamkan baiknya anda membaca terlebih dulu panduan cara memilih asuransi mobil.

Dari Service Reservasi

Bila anda memerlukan servis mobil yang memerlukan saat tidak singkat. Serta anda mesti mengantri panjang, anda butuh memperhitungkan untuk memakai bengkel resmi, yang sediakan sarana reservasi.

Anda cukup menelepon ke bengkel, minimum sehari saat sebelum hari-H, serta pesan jam spesifik untuk servis. Setelah itu, anda dating pada pukul yang disetujui serta mobil segera bisa diservis, tanpa ada mesti mengantri.

Demikian sebaliknya, bila bengkel umum sangatlah tidak sering sediakan sarana reservasi, terkecuali bengkel itu sangatlah professional. Mengakibatkan anda mesti hadir terlebih dulu yakni lebih pagi, apabila mau memiliki service servis lebih dulu.
Suku Cadang

Dari suku cadang yang dipakai, umum bengkel resmi memiliki support segera dari agen pemegang merk mobil. Karenanya, bengkel resmi sediakan serta jual hamper seluruhnya suku cadang mobil. Karenanya, anda tak perlu ribet beli suku cadang di toko jika servis di bengkel resmi.

Demikian sebaliknya, sangatlah tidak sering ada bengkel umum yang jual suku cadang. Saat mobil memerlukan pergantian suku cadang, anda mesti beli dari tempat lain. Atau anda bisa meminta pertolongan bengkel umum untuk membelikan suku cadang, pasti dengan cost penambahan.

Ruangan tunggu

Semua bengkel resmi dilengkapi dengan ruangan tunggulah yang bersih serta nyaman. Minimum ruangan tunggulah itu dilengkapi dengan kursi, meja, AC serta televise, toilet. Terkadang beberapa bengkel resmi juga sediakan koneksi internet Wi-Fi gratis. Supaya anda makin nyaman, sebagian bengkel resmi juga sediakan minuman seperti air mineral, teh serta kopi dan camilan gratis.

Untuk bengkel umum, ruangan tunggulah jadi gosip, lantaran beberapa besar bengkel umum tidak memiliki ruangan tunggulah lantaran terbatasnya tempat. Mengakibatkan, anda terkadang mesti menanti didalam bengkel yang bising serta panas, di tepi jalan, atau di warung seputar bengkel.

Teknisi

Bengkel resmi dilengkapi oleh teknisi professional yang terlatih serta bersertifikat. Kursus dikerjakan segera oleh APM serta meliputi semua jenis yang beredar resmi di pasar local, termasuk juga mobil-mobil teranyar. Waktu APM merelease suatu mobil baru, jadi ketika itu juga beberapa teknisi bengkel resmi telah siap untuk menservis mobil itu.

Tidak sering ada teknisi bengkel umum yang pernah memiliki kursus resmi dari APM. Beberapa teknisi itu bahkan juga terkadang pekerja paruh saat atau amatir. Karenanya, mereka bekerja berdasar pada pengalaman serta pengetahuan umum otomotif. Mengakibatkan kemungkinan human error bertambah lantaran mereka terus memakai trial and error waktu menservis mobil.

Teknisi bengkel resmi juga memiliki pengetahuan yang lebih mendalam perihal seluk beluk mobil lantaran mereka cuma kerjakan satu merk. Demikian sebaliknya, teknisi bengkel umum tidak focus kerjakan satu merk, hingga mereka cuma memiliki pengetahuan garis besar.

Sistem Kerja

Servis di bengkel resmi dikerjakan dengan peralatan standard, berkualitas tinggi, serta berteknologi tinggi. Karenanya, “diagnose ", serta perawatan pada mobil bisa dikerjakan dengan cara akurat serta optimal. Pelaksanaan servis di bengkel resmi juga dipandu dengan SOP (standard operating procedure) yang pasti serta dijaga QC (Quality Control) yang ketat.

Di segi yang lain, peralatan tehnis di bengkel umum tidak sering yang standard lantaran mereka tidak dapat beli peralatan spesial untuk tiap-tiap jenis serta merk mobil. Karenanya, bila teknisi tidak trampil, perbaikan di bengkel umum dapat menyebabkan rusaknya baru disebabkan kekeliruan pemakaian alat.

Lantaran tidak sering dilengkapi dengan peralatan mutakhir, bengkel umum juga jadi tidak akurat mendiagnosa penyakit mobil hingga mobil terkadang merasa tidak demikian enak waktu digerakkan atau waktu keluar dari bengkel. Beberapa besar bengkel umum juga bekerja serabutan lantaran tidak memiliki SOP serta QC. Karenanya teknisi sering lupa mengecek sisi yang semestinya diakukan.

Improvisasi

Bengkel resmi tidak mengetahui kata tawar menawar. Saat satu komponen mobil hilang jadi mesti ditukar dengan yang asli. Sudah pasti bengkel resmi terlebih dulu lakukan konfirmasi cost serta meminta kesepakatan anda. Bila anda keberatan dengan biayanya, jadi perbaikan mobil tidak ditangani.

Sedang di bengkel umu, teknisi biasanya cukup fleksibel. Saat satu komponen mesti ditukar, jadi anda bisa menawar supaya komponen itu diperbaiki lebih dulu, hingga tak perlu ditukar ketika itu juga, atau bila komponen itu tidak dapat ditukar, anda bisa meminta teknisi menempatkan suku cadang bekas (second), atau suku cadang bajakan.

Catatan Servis

Bila anda menservis mobil di bengkel resmi, jadi bengkel resmi mencatat keadaan kesehatan mobil anda. Karenanya bengkel resmi bisa mengingatkan anda jika saat pergantian suku cadang atau perawatan spesifik saat anda lakukan kunjungan selanjutnya.

Untuk beberapa merk, database catatan kesehatan mobil anda, bahkan juga telah on-line serta dapat dibuka di semua bengkel yang tergabung dalam jaringan. Jadi anda tak perlu ribet menuturkan keadaan mobil saat mesti servis di bengkel resmi non-langganan, umpamanya saat anda mesti servis diluar kota.

Disamping itu, bengkel umum sangatlah tidak sering mencatat keadaan mobil untuk membuat database catatan kesehatan. Karenanya, anda mesti ikhlas mencatat sendiri seluruhnya histori servis, rusaknya perbaikan serta perawatan mobil.

Keterbukaan

Dari segi keterbukaan, di bengkel resmi, anda dilarang untuk masuk ruang servis, Karenanya, sering anda tidak bisa segera lihat sistem perawatan maupun perbaikan mobil. Hal semacam ini tidak sama dengan bengkel umum, di mana anda bisa segera lihat sistem perbaikan.

Biaya

Bila dipandang dari segi cost, terlebih dari bengkel resmi, anda mesti membayar cost layanan atau suku cadang sesuai sama ketetapan. Serta umumnya pembiayaan itu dalam satu type paket. Untuk pelaksanaan diluar paket, anda dikenai tagihan cost regular. Namun bila di usaha bengkel mobil umum, anda bisa menawar agar tidak dikenai harga tinggi. Dengan cost bengkel yang rendah dana yang lain dapat dialokasikan untuk panduan menghemat bbm mobil.

Populasi

Bila di kota besar seperti di Jakarta, bengkel resmi memanglah relatif gampang untuk didapati. Di tiap-tiap kota di Jakarta, hamper tiap-tiap merk mobil yang beredar resmi di Indonesia telah buka satu atau lebih bengkel resmi. Namun diluar Jakarta, bengkel resmi sangatlah susah diketemukan. Sebagian merk bahkan juga cuma buka satu bengkel resmi di ibu kota propinsi.
Tidak seperti bengkel umum yang gampang diketemukan dimanapun.

Promosi

Bengkel resmi sangatlah kerap lakukan promosi. Seringkali yang dikerjakan yaitu penawaran potongan harga, terbaik untuk layanan servis atau penjualan suku cadang. Demikian sebaliknya bila bengkel umum tidak sering tawarkan potongan harga serta promosi.

Service Darurat

Bila di kota-kota besar, beberapa besar bengkel resmi telah sediakan service darurat 24 jam tujuh hari sepekan. Jadi bila mobil anda mendadak mogok atau rusak di jalan. Anda cukup menelepon bengkel resmi serta pertolongan juga bakal hadir. Bengkel umum juga sediakan service itu, namun bedanya yaitu umumnya bengkel umum tidak sediakan support suku cadang.

Hari kerja

Beberapa besar bengkel mobil resmi tutup pada hari minggu serta tanggal merah. Demikian sebaliknya bengkel umum banyak yang buka pada hari minggu serta tanggal merah. Karenanya anda bisa menservis mobil pada hari minggu atau tanggal merah supaya tidak menganggu jam kerja.

Home Service

Beberapa bengkel resmi, terlebih sebagai afiliasi APM, telah tawarkan sarana home service atau servis mobil dirumah. Namun anda mesti lakukan reservasi minimum dua hari kerja saat sebelum tanggal servis agar bisa mudah service ini. Tidak ingin kalah dengan bengkel resmi, bengkel umum juga telah sediakan sarana home service ini.
Tips Memilih Bengkel Mobil Paling Bagus | Tri Sunenti | 5