Audio Sound System Mobil Terbaik | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Audio Sound System Mobil Terbaik

Memiliki audio sound system mobil yang terbaik tentu bikin kita terasa lebih nyaman serta tenang dalam mengendari mobil.
Memiliki audio sound system mobil yang terbaik tentu bikin kita terasa lebih nyaman serta tenang dalam mengendari mobil. Nah untuk membuat audio mobil yang bagus kita memerlukan dukungan head unit dan speaker yang mumpuni.

Pengetahuan Dasar Audio System Untuk Mobil

Rentang frekwensi suara yang dapat dihasilkan system speaker adalah di antara 20 Hz – 20 Khz serta itu adalah sesuai sama rentang fekuensi pada pendengaran manusia.
Menurut type serta rentang frekwensinya terdapat banyak type speaker pada audio mobil :
  • Tweeter adalah speaker yang umumnya memiliki ukuran kecil 0, 5 inchi hingga 4 inchi, bergantung merk serta kekuatan cakupan frekwensinya.
  • Manfaat dari tweeter ini adalah mereproduksi frekwensi tinggi yang cakupannya pada rentang 3500 Hz sampai 20 Khz. Misal suara frekwensi tinggi ini diantaranya adalah seperti suara vokal, cymbal drum serta suara dentingan alat musik yang lain.
  • Tweeter juga ada yang di kenal dengan sebutan super tweeter/ribbon tweeter. Type ini mempunyai bentuk yang tidak sama dari tweeter umum, umumnya persegi panjang dibuat plat tidak tebal serta dapat membuahkan suara high frekwensi yang tidak bisa dijangkau oleh tweeter umum, yakni pada rentang 5 – 23 Khz.
  • Midrange adalah speaker yang umumnya memiliki ukuran seputar 3-4 inci yang mempunyai cakupan frekwensi 350-4500Hz.
  • Midrange ini umumnya diikutsertakan pada 1 set system 3 way car audio. Tugasnya untuk menolong menyempurnakan high frekwensi atau mengakomodasi vokal yang terdengar supaya lebih konsentrasi serta terang.
  • Midbass adalah type speaker yang juga umum dimaksud midwoofer, fungsinya untuk membuahkan suara berfrekuensi dengan rentang 80-350 Hz.
  • Suara yang dihasilkan midbass lebih didominasi pada suara rendah. Umumnya midbass mempunyai ukuran diameter 5-7 inci.
  • Subwoofer atau woofer, berperan untuk menghantarkan suara berfrekuensi rendah atau suara bass.
  • Untuk woofer dibatasi pada rentang frekwensi 100 Hz atau dibawahnya, tetapi woofer yang dapat menyemburkan suara pada rentang frekwensi 40 Hz serta dibawahnya dapat dikatakan sebagai suatu subwoofer.
  • Pada umumnya subwoofer mempunyai ukuran 12, 15, 18 inci sedang woofer seputar 8-10 inci.

Speaker Untuk Mobil Yang Bagus

Speaker Untuk Mobil Yang Bagus  Seberapa besar daya yang diperlukan sepaker dalam system audio mobil
Seberapa besar daya yang diperlukan sepaker dalam system audio mobil? Ini adalah pertanyaan yang senantiasa jadi pokok paling utama dalam penentuan speaker audio mobil. Pada intinya tiap-tiap speaker mempunyai spesifikasi tentang berapakah besar daya yang diperlukan, ini adalah tips kita dalam memastikan seberapa besar daya power amplifier yang diperlukan untuk menggerakkan speaker.

Pada power amplifier pasti ada dua type spesifikasi daya yakni daya output Continuous serta daya maksimum. Pada Output daya Continuous ditetapkan dengan memakai suara tes konstan sedang daya output maksimum adalah deskripsi seberapa besar power amplifier membuahkan daya ketika irama musik bertambah. Ini adalah deskripsi basic dari musik yag condong mempunyai tempo yang cepat atau lambat.

Contoh bila speaker aktif terbaik 2014 membutuhkan daya 100 watt maksimum, jadi bakal dibutuhak power audio mobil amplifier dengan daya 100 watt per channel untuk penuhi keperluan daya yang aman untuk speaker itu. Namun bila cuma ada nilai Continuous power dari speaker jadi untuk tahu seberapa besar daya power amplifier yang diperlukan kita bisa memakai rumusan 3/4 yakni membagi Continuous handling power speker dengan 0, 75 untuk memiliki jumlah daya power amplifier yang diperlukan speaker itu, misal : bila speaker mempunyai Continuous power handling 75 watt jadi power yang diperlukan yaitu = 75 watt : 0, 75 = 93, 33 bulatkan jadi 100 watt.

Pada umumnya speaker audio mobil dengan memakai daya power amplifier pada 50 sampai 75 watt per channel telah mencukupi untuk menggerakkan speaker mobil Anda. Kemudian diperlukan dua sampai tiga kali semakin besar untuk menyuplai daya ke subwoofer. Sedang untuk tweeter diperlukan daya lebih kurang pada 20 sampai 40 watt (hal semacam ini mesti memerhatikan spesifikasi basic dari speaker bakal keperluan daya).

Mesti jadi perhatian bila speaker dipaksa bekerja dengan daya power amplifier audio mobil yang lebih kecil dari kebutuhannya bakal punya potensi untk mengakibatkan kerusakan speaker, dikarenaka bakal berlangsung clipping signal yang mengakibatkan kerusakan komponen mekanik dari speaker itu. Namun kemungkinan speaker jadi rusak lantaran anda memakai power amplifier dengan daya yang semakin besar sangat kecil bila dibanding anda memakai power yang mempunyai daya yang lebih rendah dari spesifikasi speaker, karna makin besar daya dari suatu power amplifier jadi tingkat berlangsung distorsi pada speaker bakal makin kecil yang selanjutnya serta power itu memberi supply daya yang optimal ke tiap-tiap speaker yang terhubung dengan power amplifier itu.

Pastikan cara membuat amplifier audio mobil yang sama dengan kekuatan speaker anda, Karena sering kali banyak berlangsung kekeliruan fatal dalam kombinasi pada kekuatan dari power amplifier serta speaker yg tidak berimbang hingga menyebabkan system audio mobil tak optimal.

Cara Merawat Audio Sound System Mobil

Audio mobil adalah piranti yang butuh di perhatikan untuk yang memiliki. Terkecuali menghadikan hiburan juga menyingkirkan rasa jemu sepanjang perjalanan.
audio mobil
Tetapi terdapat banyak panduan supaya piranti audio mobil ini bisa bertahan serta terbangun kwalitas suaranya.
  1. Bersihakan Optik Audio CD dengan teratur dengan pembersih CD Player. Hal semacam ini mempunyai tujuan membersihak optik dari debu
  2. Bersihkan serta lap CD dengan kain halus, janganlah pakai tisu lantaran permukaannya tidak terlampau halus. Kerjakan cara pember-sihkan dengan arah lurus dari pusat lingkaran ke segi luar CD.
  3. Masukkan CD pada cover supaya terlepas dari cahaya matahari serta gesekan yang menyebabkan goresan pada CD.
  4. Bersihkan speaker dengan cara teratur, janganlah memakai kain basah.
  5. Teliti teratur aki serta kabel untuk melindungi stabilitas audio mobil.

Panduan Meng-install Audio System Mobil

Panduan Meng-install Audio System Mobil
Janganlah anggap mudah penentuan Car Audio Installer. Ini kekeliruan awal seseorang ‘modifikator Car Audio’ bila dia serta-merta yakin omongan orang, terlebih omongan toko. Di pasar, ada sharing jenis piranti, merk, kwalitas Car Audio, tetapi hasil yang bagus terus ada di tangan iCar Audio Installer. Jadi telah harusnya penentuan instalatur atau Specialist Car Audio itu sangatlah dipikirkan serta membutuhkan sistem dalam Modifikasi Mobil.
Prosesnya?
Sesudah kita ketahui arah musik kita ke mana serta biaya Audio yang ada berapakah, jadi langkah selanjutnya dianjurkan seperti berikut :
1. Asking Around. Mulai minta referensi sebagian pilihan instalatur dari beberapa orang yang instalasi audio di mobilnya Anda sukai. Janganlah terpaku pada 1-2 instalatur, mencari perbandingan sejumlah mungkin saja.
2. Cermati referensi. Waktu meminta referensi Specialist Car Audio, cermati baik-baik componen tersebut : suara, daftar piranti yang dipakai, kerapihan pemasangan, kerapihan kosmetik, harga, tempat.
3. Survey Lapangan. Telah bisa banyak referensi? Waktunya Anda tour de instalatur (Audio Installer)!!
4. Check Daftar. Di tiap-tiap tempat yang direferensikan, check beberapa hal tersebut :
-Tingkat konsultatif : seberapa ’niat’ dia memberi konsultasi ke Anda?
- Pengetahuan : Gali sedalam apa pengetahuan instalatur Audio perihal piranti. Umumnya tiap-tiap instalatur mempunyai preferensi merk spesifik.
- Harga : Banding harga piranti serta instalasi dari tiap-tiap instalatur Specialist Audio. Tetapi yang butuh diingat, jangan sampai bikin harga jadi patokan paling utama pemilihan instalatur. Ingat, ada harga ada rupa.
- Kwalitas service Car Audio Service : seberapa ramah? Bersediakah ia ‘repot’ memberi kita uji dengar piranti utk meyakinkan piranti mana yg kita tentukan?
- Kerapihan kerja : Waktu Anda survey, sempatkan diri untuk lihat langkah tim instalatur Specialist Audio bekerja.
- Flexibilitas : seberapa fleksibel si instalatur bersedia merubah-rubah instalasi bila Anda tak pas?
- Garansi : baiknya Audio Installer Anda jujur masalah garansi, terbaik garansi piranti ingin juga instalasi.
5. Dealing. Bila Anda telah memastikan pilihan instalatur Audio Service, janganlah lupa negosiasi dengan terbaik. Tak bermakna Anda mesti bisa harga terjangkau, namun maksimalkanlah harga yang Anda bayar dengan kwalitas atau additional values.
Audio Sound System Mobil Terbaik | Tri Sunenti | 5