Cara Membangun Sistem Audio Mobil Yang Bagus | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Membangun Sistem Audio Mobil Yang Bagus

Setiap system audio mobil asli pabrik umumnya sudah memiliki suara yang "standart-nya" sudah cukup bagus.
Setiap system audio mobil asli pabrik umumnya sudah memiliki suara yang "standart-nya" sudah cukup bagus. Dengan tujuan untuk menyempurnakan banyak pemilik kendaraan melakukan berbagai cara, mulai dari menganti dengan versi yang lebih baru atau hanya sekedar menambah beberapa komponen yang sederhana ataupun menyeluruh untuk mendapatkan audio mobil yang bagus.

Hal di atas juga termasuk beberapa pengguna Avanza, khususnya pemggemar audio mobil Avanza. Pemilik melakukan sentuhan baru buat meningkatkan kualitas audio, agar betah duduk lama sambil stir mobil.

Sistem Audio mobil adalah hiburan terbaik saat terjebak di jalan macet. Jadi bukan hal yang luar biasa untuk memiliki kualitas audio terbaik untuk mobil Avanza Anda. Namun begitu ada juga beberapa yang mempertahankan sistem suara pabrik-an dan hanya dengan melakukan beberapa setting an dan perbaikan. Semua tergantung pada kecintaan dan selera musik masing-masing

Tapi untuk yang suka mendengarkan musik, aliran apapun tentu mendambakan dentuman bass yang pas serta gemercik treble yang tidak ”terdengar sember” memiliki standar penentu. Untuk hal ini memerlukan cara sendiri dan tidak bisa asal menerapkan cara pemasangan sistem audio mobil, agar waktu dan uang yang mereka gunakan tidak sia-sia.

Kata Bernard Maniagi, seorang pemilik toko khusus audio mobil di Pasar Inpres Otomotif Duren Sawit, mengklaim; "banyak yang bisa memasang spek tinggi atau subwoofer di bagasi mobil mereka, tapi hasilnya nol besar".

Ada juga yang memaksa pasang subwoofer mobil, menganti head unit yang bagus, tapi suaranya tidak keluar sama sekali. Suara bass yang di hasilkan terlalu besar seperti di ruang diskotik dan sangat tidak enak di telinga siapapun.

Sebagai pemilik Toko audio mobil di Jakarta Timur Bernard memiliki beberapa cara jitu yang bisa diterapkan untuk mengubah sistem audio Anda.

1. Tentukan Anggaran

Budget tidak harus besar, yang penting lebih ke arah persiapan spesifikasi seperti apa yang diinginkan. Jika anggaran biaya pas-pasan sebaiknya dicicil, misal pertama beli speaker dulu, amplifier atau lainya sampai semua lengkap.

2. Pastikan kondisi mobil

Tidak sedikit pemilik kendaraan memaksakan diri beli audio dengan spesifikasi tinggi tapi tak sesuai dengan ukuran dan kondisi mobil yang mereka miliki. Seperti, speaker dan subwoofer yang menghabiskan banyak ruang karena kebesaran alias mobilnya kecil. Hal seperti ini bila dilihat juga pasti tidak sedap.

3. Selera musik

Instalasi audio Mobil akan lebih mudah kalau pemasangan sistem audio baru, terarah. Secara gampangnya, musik apa yang sering dimainkan atau disukai oleh pemilik kendaraan. Dengan demikian cara pemilihan peranti serta cara setting akan lebih mudah untuk dilakukan. Jika Anda menyukai aliran musik jazz dengan banyak nada frekuensi tinggi maka tak membutuhkan banyak dentuman.

4. Power Amplifier

Pilih power amplifier yang berkualitas bagus, kalau perlu beli merek terbaik. Komponen sistem audio mobil ini tugasnya berat, karena menerima sinyal suara dari sumber dan mengolahnya agar memiliki tenaga yang kuat, agar speaker mobil mampu mengeluarkan suara maksimal karena mendapatkan asupan tenaga ketika mengeluarkan gelombang.

5. Pasang Subwoofer Mobil

Pada dasarnya tidak harus dipakai, kecuali bila Anda menginginkan suara bass audio berdentum keras. Saat ini sudah banyak spesifikasi standar mobil yang menyediakan speaker dengan kualitas bass yang bagus.

6. Ganti Speaker

Pilih speaker mobil terbaik agar kualitas lebih bagus dibandingkan yang sudah terpasang. Bila Anda pemula silahkan konsultasikan hal ini dengan instalator audio mobil untuk menemukan spesifikasi yang pas sesuai selera musik.

7. Ganti Head Unit Mobil Anda

Tidak jauh berbeda dengan subwoofer mobil diatas, mengganti Head Unit baru jika hanya diperlukan. Atau bila Anda ingin menaikkan kemampuan menjadi model layar sentuh atau kemampuan-kemampuan lainnya seperti model head unit terbaru saat ini. karena fungsi head unit tetap sama.

8. Kabel Audio Mobil

Dari sekian banyak cara, salah satu kunci kualitas audio mobil yang lebih bagus adalah dengan memasang semua kabel audio mobil serta komponen audio dengan benar. Perlu di ketahui bahwa jenis rangkaian sistem audio mobil, kabel juga menentukan, misal; kabel rca, dkk. Jika Anda mengalami banyak kesulitan untuk meningkatkannya sebaiknya percayakan saja pada jasa instalator berpengalaman.
Cara Membangun Sistem Audio Mobil Yang Bagus | Tri Sunenti | 5