Tips Memilih speaker untuk mobil yang bagus | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Tips Memilih speaker untuk mobil yang bagus

Speaker Terbaik Untuk Mobil Anda


Mari ulas judul diatas; banyak orang sering kali menjadi kewalahan dan bingung ketika harus memilih speaker terbaik untuk mobil mereka. Dengan berbagai bentuk, ukuran, desain dan merek yang tersedia ini membuatnya bahkan menambah frustasi dan bahkan lebih ketika Anda mempertimbangkan spesifikasi teknis yang banyak orang mungkin tidak menyadari.

Artikel ini akan menyajikan kepada Anda sebuah panduan singkat tentang beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih speaker terbaik untuk mobil Anda.

Artikel ini akan menyajikan kepada Anda sebuah panduan singkat tentang beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih speaker terbaik untuk mobil Anda.
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mempertimbangkan jumlah ruang dan lokasi kosong untuk menempatkan speaker mobil Anda. Hal ini penting dalam menentukan ukuran speaker yang Anda pilih dan juga jumlah sound yang ingin diinstal.

Selanjutnya, Anda perlu menyadari dari penanganan daya dan kepekaan spesifikasi dari speaker. Penanganan daya mengacu pada jumlah daya, diukur dalam watt speaker dapat menangani. Jika mobil Anda dilengkapi dengan setup audio yang bertenaga rendah maka Anda tidak perlu untuk mendapatkan speaker bertenaga tinggi. Di sisi lain, jika Anda memiliki amplifier menghidupkan sistem, Anda akan perlu speaker dengan spesifikasi penanganan daya dekat dengan output dari amplifier. Hal ini penting agar tidak bingung dengan beberapa istilah yang digunakan untuk penanganan daya.

Kadang-kadang Anda mungkin melihat produsen menggunakan istilah seperti "kekuatan musik" ​​atau "penanganan daya maksimal". Selalu pastikan Anda mencari kekuatan penanganan RMS maksimum. RMS mengukur daya yang dapat ditangani oleh speaker terus menerus, tidak hanya untuk jangka waktu singkat.

Kedua ada spesifikasi sensitivitas speaker. Semakin sensitif speaker adalah lebih sedikit daya akan butuhkan untuk power itu dan kurang sensitif speaker adalah, semakin besar kekuatan akan diperlukan pada volume yang sama. Anda perlu mempertimbangkan sensitivitas terutama ketika Anda menghidupkan speaker Anda langsung dari head unit tanpa amplifier. Head unit biasanya memiliki daya yang lebih kecil dan dengan demikian mereka akan membutuhkan speaker yang lebih sensitif untuk benar kekuatan mereka. Dengan amplifier, tidak ada banyak yang harus peduli dengan meskipun speaker dengan peringkat sensitivitas rendah dianjurkan.

Sekarang kita melihat jenis sistem speaker yang tersedia. Ini dapat dibagi menjadi dua jenis; lengkap dan komponen sistem berbasis.

Berbagai sistem speaker lengkap adalah salah satu di mana semua speaker aktif dipasang ke dalam satu frame. Mereka terdiri dari woofer dan tweeter dan kadang-kadang midrange semua dipasang bersama-sama ke dalam satu unit. Ini yang paling cocok jika Anda mengganti speaker pabrik yang datang dengan mobil Anda. Dengan bentuk dan ukuran yang tersedia Anda dapat dengan mudah menemukan satu yang sesuai dengan penempatan pabrik yang dirancang untuk speaker yang berbeda.

Speaker berbasis komponen adalah orang-orang yang dirancang untuk suara terbaik. Mereka datang terpisah. Subwoofer, tweeter dan midranges semua dipisahkan. Suara yang dihasilkan oleh sistem ini umumnya lebih realistis dan tweeter dapat dipasang di lokasi-lokasi yang menyediakan pencitraan terbaik. Selain itu, bahan yang digunakan untuk merancang komponen speaker berbasis kualitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan sistem lengkap.

Untuk kedua lengkap dan sistem komponen berbasis, bahan dari speaker sangat penting. Untuk woofer, bahan berbobot ringan kaku menghasilkan output terbaik. Sering kali film sintetis seperti polypropylene digunakan dan sangat efisien. Jika Anda menginginkan lebih banyak bass maka Anda harus pergi untuk campuran polypropylene dan mika yang sering kaku sehingga memberikan lebih bass.
Tweeter sebagian besar terbuat dari bahan lembut seperti poli, campuran tekstil, atau sutera yang menghasilkan reproduksi suara yang sangat halus

Tweeter sebagian besar terbuat dari bahan lembut seperti poli, campuran tekstil, atau sutera yang menghasilkan reproduksi suara yang sangat halus. Bahan seperti logam, keramik, atau grafit cenderung menghasilkan suara yang lebih mendadak yang sangat terang.

Terakhir, subwoofer yang berisi surround yang terbuat dari karet akan menghasilkan lebih banyak bass karena memungkinkan cone untuk bergerak lebih bebas.

Mengikuti panduan ini dapat membantu Anda banyak dalam memilih speaker mobil yang bagus untuk memberikan Anda dengan hiburan maksimum untuk hobi mendengarkan musik.
Tips Memilih speaker untuk mobil yang bagus | Tri Sunenti | 5