Tips Speaker Audio Sound System Untuk Mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Tips Speaker Audio Sound System Untuk Mobil

Audio sound system mobil memanglah suatu kelengkapan pada interior, biasanya seorang mempunyai selera yang relatif tidak sama untuk hampir dari seluruh bagian.
Audio sound system mobil memanglah suatu kelengkapan pada interior, biasanya seorang mempunyai selera yang relatif tidak sama untuk hampir dari seluruh bagian. Tetapi, 1 yang pasti adalah bila seseorang itu pecinta hiburan musik maka piranti ini jadi prioritas paling utama yang harus terpasang dalam mobilnya.

Tetapi sudah pasti tak mesti hanya orang yang menyukai musik untuk melengkapi kendaraan anda dengan peralatan audio car systems. Selama perlengkapan audio mobil bisa memberi kenyamanan dalam berkendara, jadi tak ada kelirunya untuk siapapun mamasang audio system untuk mobil.

Tetapi beberapa hal yang perlu anda cermati saat beli sistem audio mobil, di mana tiap-tiap piranti audio umumnya mempunyai tingkat kualitas suara serta format media player dan head units yang tidak sama.

Tips singkat membeli audio system mobil


  1. Media Player Format : Kelengkapan format media player audio anda sangatlah utama supaya anda bisa memutar seluruh jenis format lagu yang ada, oleh karenanya silakan tentukan piranti yang mempunyai fitur media player komplit, contohnya seperti Mp3 DVD/CD serta Aux.
  2. Equalizer Sistem : Carilah piranti audio yang mempunyai penyusunan suara yang cukup komplit, dari mulai penyusunan bass, trebel sampai balance. Yakinkan piranti audio mempunyai kwalitas suara yang bersih serta terbaik saat penyusunan suara di optimasi dengan cara optimal.
  3. Speaker mobil : Beli speaker subwoofer untuk mobil bermakna anda juga harus sediakan piranti audio yang mumpuni seperti kualitas serta daya yang di punyai oleh media player, power, serta equalizer. Speaker Tweeter juga upayakan mempunyai frekuensi suara tinggi juga sebagai keseimbangan treble serta vocal.
  4. Power Audio Mobil: Carilah power Audio yang mempunyai ukuran watt besar agar bisa mendorong beban pada speaker dan subwoofer.

Pada dasarnya Kualitas System audio yang optimal adalah pada keseimbangan kemampuan power Audio mobil itu sendiri serta speaker subwoofer, media player yang paling bagus untuk mendapatkan suara bersih serta jernih.

Sesudah anda mengerti tentang Audio system mobil di atas, selanjutnya permasalahanya adalah bagaimana cara memasang, dari penyusunan tata letak speaker subwoofer, tweeter sampai pada kabel audio untuk menghubungkan piranti ke komponen.

Cara memilih speaker untuk mobil

Bukan tidak mungkin kita sudah membeli harga jual sound sistem mobil yang paling mahal untuk mendapatkan kualitas terbaik, seperti system stereo mobil lengkap dengan semua fitur terbaru yang mewah, namun audio sound system mobil kita terasa masih kurang komplit dan suara yang dihasilkan dari speaker subwoofer tidak renyah untuk didengarkan.
Bukan tidak mungkin kita sudah membeli harga jual sound sistem mobil yang paling mahal untuk mendapatkan kualitas terbaik, seperti system stereo mobil lengkap dengan semua fitur terbaru yang mewah, namun audio sound system mobil kita terasa masih kurang komplit dan suara yang dihasilkan dari speaker subwoofer tidak renyah untuk didengarkan. Dengan adanya banyak pilihan merk speaker aktif mulai dari ukuran serta type, tanpa adanya pengetahuan yang dibutuhkan maka menentukan mana yang paling bagus dan kita sukai adalah pilihan yang membingungkan. Jadi yang perlu di ingat adalah feature utama serta sesuai kebutuhan Audio system mobil, tidak perlu berlebih bila sekiranya nanti tidak bisa di manfaatkan dengan benar sesuai fungsinya.

Pertama, speaker harus dicocokkan dengan system stereo mobil yang telah ada, tanpa mempertimbangkan merk speaker aktif dan harga speaker mobil murah. Lihat kepekaan yang dimilikinya. Kepakaan atau Sensitivitas mempunyai berhubungan dengan daya serta kemampuan suara yang akan di hasilkan. Bila Anda mempunyai system bertenaga rendah, pastikan speaker mobil memiliki tingkat sensitivitas yang juga tinggi. Untuk memiliki kualitas suara yang terbaik dan bila Anda menyediakan budget banyak untuk investasi sistem berdaya besar, pasangkan dengan speaker sensitivitas rendah. Dengan demikian Kwalitas suara audio sound system mobil kita bakal tambah baik apabila dipasangkan dengan benar juga tepat.

Setelah itu, memperhitungkan penerimaan daya dari speaker mobil, yang memberitahukan pada kita berapakah besar daya yang dapat di terima speaker saat sebelum kita merusakkan speaker itu. Kemampuan diukur dalam watt. System berdaya rendah tak perlu speaker yang bisa terima daya besar serta system berdaya tinggi bakal membutuhkan speaker yang mempunyai penerimaan daya yang tinggi. Cara memastikan penerimaan daya speaker ada pada maksimum RMS. Fungsi dari RMS ini adalah mengukur berapakah banyak daya yang di terima suatu speaker dengan terus-terusan dari pada suatu periode waktu yang pendek

Ada dua type paling utama dari setiap merk speaker aktif, yakni; full-range serta komponen/split. speaker Full-range/coaxial yaitu pilihan yang simpel serta lebih gampang penaganannya bila Anda tidak mengetahu banyak tentang Audio system mobil, yang tersedia dalam satu paket audio mobil ini. Speaker Tweeter yang membuahkan frekuensi tinggi, dipasang diatas dari midabass, yang membuahkan frekuensi rendah. Bila kita menginginkan yang simple serta gampang untuk menginstalnya, speaker full-range adalah pilihan yang pas untuk Anda. Jenis Speaker ini sangat mudah untuk menganti speaker asli mobil Anda. Untuk masalah ukuran serta harga speaker mobil sangat beragam semua tergantung pada fitur dan kualitas yang dimilikinya. Speaker split tambah lebih kompleks serta merupakan speaker terpisah. Speaker Tweeter tak dipasang langsung di atas midbass, jadi kita bisa menentukan mana tempat paling bagus untuk membuahkan suara yang bagus/enak dan renyah untuk di dengar, dan tentunya akan lebih riil. Untuk masalah kualitas dari car speaker ini tidak perlu di ragukan bila semua terpasang dengan benar dan sesuai tapi harga lebih mahal.

Beberapa bahan yang digunakan dari suatu speaker mobil akan mempunyai dampak pada kwalitas suara Audio. Midbass speaker mesti di buat dari bahan yang kaku serta enteng, seperti polypropilene yang dicampur dengan Mika. Bahan Mika ini kaku serta bakal memberi tanggapan low frekwensi yang terbaik. Speker aktif lain yang terbuat dari beberapa bahan yang dilapis dengan logam yang juga enteng serta memberi kwalitas suara yang baik. Bahan surround pada suatu midbass adalah paling utama. Surround karet bakal memberi suara paling baik namun harga lebih mahal bila kita bandingkan dengan yang lain. Busa serta kain yang masih tetap pas serta lebih murah. Tweeter speaker umumnya terbuat dari bahan lembut untuk membuahkan suara yang juga lembut, jadi bila makin keras bahannya suaranya akan lebih open.

Cara membeli audio system untuk mobil yang bagus lagi adalah yang memakai dudukan tweeter yang berfungsi untuk mengarahkan suara audio dan membuat suara lebih dalam.
Cara membeli audio system untuk mobil yang bagus lagi adalah yang memakai dudukan tweeter yang berfungsi untuk mengarahkan suara audio dan membuat suara lebih dalam. Selain beberapa hal di atas kita juga perlu memperhitungkan crossover eksternal. Karena Crossover ini mengirimkan frekwensi suara yang sama hingga subwoofer serta speaker tweeter tak mereproduksi frekwensi yang tak dapat di atasi.

Semoga dengan sedikit penjelasan tentang Audio system mobil ini bisa membantu Anda dalam menentukan atau membuat pilihan yang tepat atau juga bisa mencadi ide yang bagus dalam cara membuat speaker aktif sendiri.
Tips Speaker Audio Sound System Untuk Mobil | Tri Sunenti | 5