Cara Mendeteksi Penyebab Suara Aneh pada Mobil dan Mengatasinya | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Mendeteksi Penyebab Suara Aneh pada Mobil dan Mengatasinya

Waspadalah, apabila ada suara aneh yg tidak pernah terdengar. Seperti yang telah beberapa orang alami, timbulnya suara berisik saat mobil dihidupkan merasa sangatlah mengganggu serta tentu kurangi rasa nyaman saat kita mengendarai kendaraan kita. Karenanya, bila mobil anda mulai mengelurkan bunyi-bunyi berisik saat mobil dihidupkan, itu bermakna ada salah satu komponen yang punya masalah. Baiknya selekasnya anda perbaiki supaya suara berisik itu tak berlarut-larut serta menghindar agar tak merembet ke komponen-komponen yang lain. Walau tampak remeh, mengakibatkan dapat fatal,

Apabila tidak selekasnya diperbaiki, tak tutup kemungkinan bakal merembet ke sisi lain. Apabila hal semacam itu berlangsung, jadi rusaknya bakal makin kronis. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk memperbaikinya juga makin besar. Namun masalahnya, tahukah anda bagaimana caranya untuk menyingkirkan suara berisik yang berlangsung pada mobil anda itu? Namun anda tak perlu cemas, karena kami bakal merangkumkan langkahnya untuk ada. Namun, saat sebelum itu, terlebih dulu anda mesti tahu apa sebagai pemicu timbulnya suara berisik itu tadi. Karena dengan tahu pemicunya, anda bakal dapat memperbaikinya dengan pas hingga akan tidak keluar bunyi berisik lagi saat mesin mobil dihidupkan atau digerakkan.

Panduan Mengetahui Masalah Suara Berisik pada Mobil serta Langkah Mengatasinya

Panduan Mengetahui Masalah Suara Berisik pada Mobil serta Langkah Mengatasinya    Dengan cara umum, suara berisik yang nampak pada suatu mobil dikarenakan oleh banyak hal di bawah ini :

Dengan cara umum, suara berisik yang nampak pada suatu mobil dikarenakan oleh banyak hal di bawah ini :


Ada pipa yang bocor pada system pembuangan
System pembuangan yang bocor dapat jadi salah satu pemicu munculnya suara berisik pada mobil, jadi yakinkan pipa pada system pembuangan ini masih tetap terbaik. Bila ada memanglah ada pipa yang bocor, baiknya anda perbaiki dengan menggantinya dengan pipa yang baru supaya tak menyebabkan suara yang berisik pada mobil anda.

Bantalan kompresor yang telah aus
Sempatkah anda mendengar suara berisik sebentar sesudah anda menghidupkan ac pada mobil anda? Bila pernah, besar kemungkinan suara berisik itu dikarenakan oleh bantalan kompresor yang telah aus. Untuk mengatasinya, selekasnya ubah dengan bantalan yang baru bila anda tidak mau ada suara berisik pada mobil anda saat anda menghidupkan ac.

Bantalan atau bearing Kompresor yang sudah aus sering jadi biang suara berisik itu. Oleh karenanya, langkah pertama yang harus Anda check yaitu bearing kompresor. Apabila nyatanya keadaan komponen itu tidak punya masalah, alihkan perhatian ke oli kompresor. Menyusutnya minyak pelumas kompresor lantaran ada kebocoran atau jumlahnya yang berkurang lantaran pemakaian, juga menyebabkan kompresor keluarkan suara berisik.

Keadaan van belt yang mulai longgar
Bila suara mesin mobil anda mendengung langkah pertama yang perlu anda check yaitu van belt, lantaran mungkin saja setelannya terlampau kencang. Tetapi, apabila keadaan oli tak punya masalah alihkan perhatian ke van-belt (V-belt). Tali yang sudah aus atau kendor dapat menyebabkan munculnya bebunyian yg tidak lumrah saat AC diaktifkan. Van belt dapat juga jadi sumber timbulnya suara berisik pada mobil terlebih van belt yang kondisinya kurang kencang dengan kata lain longgar. Bila ini yang berlangsung pada mobil anda, selekasnya ubah dengan van belt yang baru dengan ukuran yang cocok supaya tak longgar saat dipasang. Terkecuali menyebabkan suara mendengung, V-belt punya masalah yg tidak selekasnya diperbaiki riskan putus. Apabila hal semacam itu berlangsung, jadi water pump mesin akan tidak bekerja serta suhu mesin juga meninggi atau overheating.

Alternator tak berperan bakal mengakibatkan pengisian arus listrik ke aki akan tidak berlangsung serta mobil mogok. V-belt yang terlampau kencang juga jadikan putaran alternator dipaksa melebihi kemampuan atau kemampuannya. Mengakibatkan laher alternator bakal rusak serta menyebabkan suara mendengung.

Mesin gemerisik waktu AC diaktifkan
Nyaris seluruhnya mobil yang berumur diatas lima th. pernah alami tanda-tanda seperti itu. Suara yang gemerisik waktu peranti pendingin ruang (AC) diaktifkan dapat dikarenakan oleh banyak hal. Bila saat AC dihidupkan muncul suara kasar, jadi Anda mesti selekasnya check kompresor AC. Kemungkinan berlangsung rusaknya pada bearing kompresor AC. Diluar itu suara kasar bisa berlangsung lantaran ada kebocoran pada oli kompresor. Permasalahan ini mesti selekasnya diakukan lantaran bila dilewatkan kompresor itu bakal rusak.

Bantalan atau bearing Kompresor yang sudah aus sering jadi biang suara berisik itu. Oleh karenanya, langkah pertama yang harus Anda check yaitu bearing kompresor.

Pelumas yang telah tak lengket (daya ikatnya menyusut)
Yakinkan pelumas pada mesin serta bagian-bagian yang lain pada mobil anda masih tetap bagus. Karena bila pelumasnya telat ditukar (telah tak lengket) bisa mengakibatkan komponen-komponen mesin cepat aus karena bakal berlangsung gesekan antar sisi, serta tentu, geseka itu bisa menyebabkan suara berisik saat mobil dihidupkan.

Suara seperti itu berlangsung lantaran ada gesekan antar logam. Oleh karenanya selekasnya check sumber bebunyian itu serta lumasi dengan grease. Apabila tak, jadi rusaknya disebabkan gesekan makin kronis serta merembet ke sisi lain. Baiknya memakai grease untuk melumasinya. Karena grease lebih awet serta tak menyiprat ke bagian-bagian lain.

Shock breaker yang mulai aus
Yakinkan shock breaker pada mobil anda masih tetap bagus, namun bila anda teliti serta nyatanya shock breakernya telah aus, selekasnya ubah dengan yang baru. Karena bila shock breaker yang telah aus itu tak selekasnya ditukar bisa mengakibatkan handling tak stabil terlebih saat mobil dikendarai pada kecepatan spesifik. Efeknya yaitu bakal muncul suara berisik dari sisi bawah.

Imbuhkan pelindung pada mesin
Bila mesin mobil anda yaitu sebagai sumber timbulnya suara berisik, ada satu langkah tepat untuk mengatasinya yaitu dengan memberikan suatu pelindung mesin diatas throttle body. Kenapa? Karena, terkecuali membuat perlindungan mesin, menambahkan pelindung itu dapat juga kurangi suara berisik yang datang dari mesin.

Suara gaduh itu dikarenakan oleh komponen dibagian kaki-kaki mobil punya masalah. Umumnya suara ini nampak saat mobil melaju dengan kecepatan 50 km. per jam atau lebih. Apabila mobil Anda memakai stabilizer strut bar atau sway bar, karet di peranti itu yang sudah aus juga mengakibatkan suara mendengung dibagian kolong. Oleh lantaran sangatlah dianjurkan selekasnya ganti bagian-bagian yang rusak.

Pemasalahan ini biasanya berlangsung di mobil yang memakai penggerak roda belakang. Untuk langkah awalannya Anda bisa mengecek propeller shaft (kopel), lantaran ada kemungkinan buny itu rimbul disebabkan cross joint yang kondisinya telah aus atau mungkin saja telah pecah serta memerlukan pergantian. Terkecuali menyebabkan suara yang kasar, rusaknya pada cross join dapat juga bikin body mobil turut bergetar lantaran propeller shaft tak akan seimbang.

Imbuhkan peredam suara
Namun, bila dengan lakukan seluruhnya langkah diatas permasalahan bunyi berisik pada mobil anda masih tetap belum dapat terselesaikan, masih tetap ada senjata terakhir yang bisa anda kerjakan yaitu dengan memberikan peredam suara di antara bodi serta interior pada mobil anda.

Bagaimanakah cara mengecek sumber bunyi saat kendaraan berhenti


Bagaimanakah cara mengecek sumber bunyi saat kendaraan berhenti
Angkatlah kendaraan dengan dongkrak untuk mengecek bila dicurigai sumber bunyi itu datang dari sisi roda depan, belakang atau di bagian bawah kendaraan. Carilah tempat tumpuan yang benar supaya terlepas dari kemungkinan rusaknya bagian-bagian yang lain seperti baut, mur, sekrup serta lin sebagainya.

Kemudian Anda bisa mulai mengecek sisi bawah seperti mengecek tingkat kelonggaran beragam bantalan dari kopling universal langkahnya yaitu dengan memutar poros propeler ke arah kanan serta kiri. Kemudian anda bisa mengecek seluruhnya baut-baut yang mengikatnya. Langkahnya yaitu dengan mengetukkan palu untuk mendeteksi adakah yang longgar pada komponen itu.
Cara Mendeteksi Penyebab Suara Aneh pada Mobil dan Mengatasinya | Tri Sunenti | 5