Tips Beli Mobkas Matic - Manual Sebelum Dibawa Pulang | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Tips Beli Mobkas Matic - Manual Sebelum Dibawa Pulang

Di Indonesia Angka jual beli mobil bekas bisa dibilang lebih tinggi bila di bandingkan mobil terbaru. Penyabab utama adalah faktor ekonomi dan kebutuhan akan mobil yang semakin di perlukan, sedang untuk membeli baru perlu isi dompet serep. Jadi betapa kecewanya bila mobil seken yang kita bawa pulang ternyata tidak dalam keadaan baik. Maka disini saya akan mengulas lengkap untuk anda cara membeli mobil bekas yang aman bagi kantong, agar menghindari mobkas Anda mampir di bengkel sebelum sampai rumah.

Tips membeli mobil bekas secara umum  Panduan ini ditujukan untuk kurangi kemungkinan bahwa mobil itu dulunya ada track record yang jelek, atau bahkan juga mobil curian atau alat kejahatan, dsb.

Tips membeli mobil bekas secara umum

Panduan ini ditujukan untuk kurangi kemungkinan bahwa mobil itu dulunya ada track record yang jelek, atau bahkan juga mobil curian atau alat kejahatan, dsb. Bila penjual bersikeras untuk ketemu di satu tempat, mending segera say good bye saja & gak butuh buang2 saat. Lagipula tak ada kelirunya berkorban a few Quids untuk jauh2 simak mobil ke alamat, dari pada di masa datang menyesal.

Saat sebelum perbincangan berlanjut, terlebih dulu teliti keabsahan mobil itu. Teliti STNK, BPKB, faktur (jika mobil CBU), akta jual beli (jika mobil lokal/CKD), TNKB. Seluruhnya mesti asli, tanpa ada kecuali.

Teliti data2 yang ada di surat2 diatas, sama yang tercantum di mobil, umpamanya No rangka & no mesin pada STNK & BPKB mesti sesuai sama keduanya, juga mesti sesuai sama yang tercantum di mobil.

Jika ada keraguan tentang keabsahan no rangka atau no mesin, selekasnya tinggalkan mobil itu… ingat, intuisi senantiasa benar… ciri2nya dapat diperhatiin : no rangka yang “buatan” atau “tambalan” pasti jika diraba seputarnya ada sejenis “bekas las2an”, meskipun telah dicat lagi namun tetep saja ada ketidaksamaan kontiur permukaanya. No rangka yang asli bakal sejajar sama seputarnya.

Teliti keadaan jati diri mobil sesuai sama yang tercantum di halaman 1 BPKB. abpabila di ketahui ada ketidaksamaan jati diri tanppa ada info di BPKB (umpamanya warna asli item beralih jadi silver, aslinya 4 pintu jadi 2 pintu, dan lain-lain), gak usah buang2 saat & selekasnya tinggalkan tempat itu.

INGAT, keabsahan administrasi & legalitas suatu mobil yaitu yang paling utama. Ada pelanggaran satu juga, selekasnya tinggalkan mobil itu. Ingin si penjual mengungkapkan argumen apa pun, gak usah didengerin.

Sisi bodi & chassis mobil. Simak dengan cermat adakah karat dibagian chassis… langkah paling mudah untuk deteksi karat yaitu simak dibagian lis kaca depan-samping-belakang, dibawah bagasi (tempat ban serep) serta di kolong mobil. Jika ada karat bermakna dapat di pastikan yang memiliki pada awal mulanya jorok, serta atau mobil itu pernah terkena benturan yang buka susunan logam & mengakibatkan kerusakan susunan anti karat, yang bakal rawan berkarat.

Upayakan mencari mobil dengan bodi yang utuh & orisinil, tanpa ada modifikasi apa pun, serta pehatiin “nut” (lekukan) bodi mesti masih tetap lurus. Upayakan juga mencari mobil yang cat nya masih tetap orisinil, lantaran sejujurnya, lebih terbaik beli mobil yang cat nya telah usang atau kusam namun omasih orisinil, daripada cat nya mengkilap namun telah repaint. lantaran jika untuk repaint, kita mesti tau dengan mata kepala kita sendiri bagaimanakah hasil kerjanya.

Oke lah jika masih tetap bersikukuh dengan cat repaint. Fine, nothing wrong with that. Namun yakinkan warna sesudah repaint sama persis atau similar dengan warna aslinya. Hal semacam ini bakal terkait dengan keabsahan STNK. Janganlah pernah ambillah mobil yang warna asli & warna repaint nya lain tidak ada info di BPKB.

Mesin, upayakan keadaan mesin masih tetap sempurna, ke empat silinder masih tetap bekerja dengan terbaik dengan pressure yang sama (diukur pakai pressure gauge melalui lobang busi). Pengapian (koil & kabel busi) dalam keadaan terbaik. Teliti juga kebocoran yang ada jika ruangan mesin keliatan “basah” oli. Kebocoran di ruangan mesin umumnya dikarenakan :

1. gasket (paking) pada silinder sama kepala silinder, lantaran di sambungan ini ada jalur oli dari crankshaft di crankcase untuk disirkulasiin lewat klep kembali lagi ke crankcase. Jika ini ada kebcoran, bermakna mesti turun mesin 1/2 untuk ubah gasket cylinder + gasket head + seal klep.

2. gearbox. kebocoran gearbox mesti diliat lewat cara ngolong, yakni simak dibagian pada sambungan gearbox sama rumah kopling. kebocoran umumnya berlangsung lantaran gearbox gasket yang telah buruk, lantaran sampai kini males ubah oli transmisi manual (untuk mobil M/T), jadi gearbox menahan panas & getaran cuma dilindungi oleh oli yang tua & telah buruk.

3. pompa & selang power steering. pompa power steering tidak sering bocor (terkecuali jika yang memiliki pada awal mulanya kebangetan sampai oli power steering nya kering). Yang seringkali mengakibatkan kebocoran yaitu selang power steering yang ada 2 type : hi-pressure & low-pressure. jika bocor, ya mesti ubah selang power steering.

4. master rem. jika yang ini umumnya karena sebab seal master rem ya telah getas & buruk, hingga telah gak kuat nahan desakan hidraulik dari minyak rem. Jika telah begini, jalan keluar yang paling bijaksana yaitu ubah master rem, dari pada hanya diakalin ubah seal jadi gak maksimal… inget ini rem, menyangkut nyawa… mendingan mobil gak dapat jalan dari pada gak dapat ngerem..

Transmisi, untuk transmisi manual, pastiin kopling masih tetap bekerja dengan terbaik. langkahnya yaitu masukin gigi 1 pada keadaan diam, lantas injek rem dalam, sembari dilepaskan koplingnya… jika mobil perlahan2 mati sambil ada style tolak mobil ke depan, bermakna kopling masih tetap berperan dengan terbaik. persoalan palingan pada kampas kopling + matahari yang telah mulai setelah, so it should be a general replacement. FYI, usia kopling dapat sampai 50-60rb km. Teliti juga bushing transmission lever… cocok gearshift lever ada di posisi netral, gerak-gerakin ke kiri & ke kanan. semestinya gak bisa ada gerakan oglak-oglek. Jika oglak-oglek, bermakna bushing transmisinya telah buruk.

Untuk transmisi matic, awalannya bertanya dahulu sama pemiliknya, tiap-tiap berapakah km dia ubah oli matic, serta tiap-tiap berapakah km dia menguras oli matic, serta pakai ATF apa??? jika si penjual keliatan bingung jawabnya, atau keliatan gak ngerti interval yang terbaik, selekasnya tinggalin tempat itu lantaran anda hanya akan permasalahan di transmisi matic nya. Kunci dari bagaimana transmisi matic dapat awet yaitu kesadaran dari yang memiliki atas utamanya ATF. FYI, interval pergantian oli ATF yaitu 10-15rb km, serta untuk menguras oli matic seputar 20rb km.

Wiring & kelistrikan. Upayakan cuma mencari mobil yang wiring & kelistrikannya masih tetap standard & gak pernah dimodifikasi lewat cara apapaun. Lantaran jika telah punya masalah, bakal 1/2 mati cari sumber failure nya, mesti ngurut kabel, serta memiliki resiko jadi penyebab korsleting & keabakaran pada kabel yang mengelupas atau kebuka sambungannya.

Kaki-kaki & suspensi. pertama teliti shockbreaker. shock yang telah buruk pasti ada sejenis leleran oli, itu tandanya shock telah bocor. gejalanya yaitu mobil jadi lebih rendah serta jadi ajrut2an cocok dibawa. yang ke-2, cocok test ngebut, cobalah direm. jika pedal rem + setir jadi bergetar, bermakna piringan cakram rem depan bergelombang & gak rata, umumnya karena sebab kampas rem yang telah tidak tebal masih tetap dipaksa untuk ngerem, mengakibatkan malah menggerus permukaan cakram.

Tips Membeli Mobil Transmisi Matic

Di bawah ini bakal diterangkan panduan serta trick untuk beli mobil bekas (second) bertransmisi automatis, sekurang-kurangnya anda memahami sedikit pengetahuan perihal mobil transmisi matik.

  • Tentukan mobil matik berusia di bawah 5-tahun
  • Check komponen utama matik, dari mulai kebocoran serta kontrol oli ATF.
  • Check sisi tubuh transmisi dibawah kolong mobil, teliti kebocoran paking atau gasket transmisi dapat dikerjakan dengan mendeteksi lelehan oli di tubuh transmisi
  • Volume oli ATF juga mesti sesuai sama keperluan serta batas toleransi. Check lewat dipstick dalam keadaan dingin (cool) serta panas (hot). Kekurangan oli ATF bisa menyebabkan rusaknya pada transmisi.
  • Deteksi bunyi sebentar tuas perseneling dipindahkan ke posisi ‘D’ (Drive). Apabila mesin menderum keras tak seperti biasanya, potensi rusaknya di bagian jerohan
  • Pindahkan tuas ke posisi ‘D’ sembari terus mencapai pedal rem. Rasakan dan dengar suaranya. Terlepas dengan cara perlahan-lahan pedal rem serta biarlah mobil melaju perlahan-lahan. Apabila masih tetap oke, teruskan langkah selanjutnya.
  • Kerjakan test drive. Cobalah Anda pindahkan tuas ke posisi ‘R’ (Reverse) dengan kata lain mundur. Bila merasa ada suara aneh seperti gemeretak, potensi rusaknya transmisinya cukup besar. Janganlah ambillah resiko untuk membelinya, baiknya selekasnya pilih mobil yang lain.

Sehebat apa pun kiat yang disodorkan waktu memboyong mobil matik, tetap harus langkah preventif terus butuh dikerjakan. Satu diantaranya yaitu ganti oli transmisi.

Untuk menganti pelumas transmisi, ada dua langkah yang bisa dikerjakan. Pertama, cuma buang oli yang ada di bak penampungan. Ke-2, kuras oli lewat cara memakai aliran oli.

notification jenis= " informasi " “Dalam keadaan kosong, transmisi matik membutuhkan seputar 10 liter oli. Namun apabila cuma buang oli yang ada di bak penampungan, jumlahnya seputar 3-4 liter, ”/notification

Apabila memakai langkah ke-2, jadi keperluan pelumas bakal makin banyak. Karena dengan memakai aliran pelumas, automatis bakal ada oli yang terbuang sia-sia. Apabila kemampuan oli transmisi 10 liter, jadi keperluan oli bakal jadi tambah seputar 2 liter.

Sepintas langkah ke-2 tampak benar. Tetapi dengan memakai aliran ini, kotoran yang ada di bak penampungan bakal terdorong masuk ke filter hingga kemungkinan terhalang semakin besar. Namun, sebagian besar transmisi matik tak meletakkan filter di segi luar. Sebaiknya kuras oli transmisi matik memakai mesin menguras oli yang mempunyai feature back wash. Jadi aliran bisa di balik untuk keluarkan kotoran yang tersangkut di filter.

Demikian tips membeli mobkas yang aman dari Teknovanza. Semoga bermanfaat dan Mobil Anda dalam kondisi baik, tidak melulu harus di lakukan service yang menghabiskan gaji Anda.
Tips Beli Mobkas Matic - Manual Sebelum Dibawa Pulang | Tri Sunenti | 5