Cara Mengemudi Mobil Matic yang Baik dan Benar | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Mengemudi Mobil Matic yang Baik dan Benar

Kehadiran mobil matic seolah menjadi magnet tersendiri bagi para pecinta otomotif, khususnya bagi mereka yang tidak ingin terlalu ribet dalam berkendara. Namun faktanya, tidak semua orang paham betul bagaimana cara mengemudi mobil matic yang baik dan benar. Entah itu mobil matic vios maupun veloz.

Yang membedakan antara mobil matic dengan mobil manual adalah dari kedua kaki kita sendiri. Yah, untuk mobil matic kita hanya tinggal menginjak pedal gas saja atau menginjak rem dengan menggunakan kaki kanan. Sedangkan untuk jenis mobil bertransmisi manual dituntut untuk mengaktifkan kedua kaki kita.

Pada dasarnya, cara mengemudi mobil matic vios lebih mudah ketimbang mengemudi mobil transmisi manual, terlebih bagi mereka yang baru saja belajar mengendarai mobil
Pada dasarnya, cara mengemudi mobil matic vios lebih mudah ketimbang mengemudi mobil transmisi manual, terlebih bagi mereka yang baru saja belajar mengendarai mobil. Sedangkan untuk mereka yang sudah terbiasa mengemudi dengan mobil transmisi manual, diperlukan sebuah adaptasi yang cukup untuk mengemudi mobil matic. Dan berikut ini sedikit cara mengemudi mobil matic yang baik dan benar.


1.​ Memahami Arti Huruf yang Ada Pada Tuas Mobil


Cara ini sangatlah penting. Cara mengemudi mobil matic veloz ataupun vios memang diperlukan pengetahuan arti tentang huruf-huruf yang tertera pada tuas mobil. Dan berikut beberapa fungsi serta arti dari huruf yang tertera pada tuas mobil matic.

-​ Tombol Shift Lock

Tombol ini memiliki fungsi sebagai sebuah sistem pengunci transmisi di posisi tuas tertentu. Tombol ini biasanya ada di beberapa jenis mobil matic keluaran terbaru. Nah, untuk mobil yang hendaka di parkir paralel, gunakanlah tombol ini untuk menggeser gigi dari posisi P menuju N, dengan begitu mobil bisa kita gese-geser.

-​ Memposisikan tuas ke huruf P/Park

Secara mekanis posisi ini mengunci transmisi roda. Dengan begitu mobil tidak bisa maju ataupun mundur. Posisi tuas seperti ini bisa kita gunakan ketika mobil hendak kita parkir atau berhenti dengan waktu yang lama.

-​ Memposisikan tuas ke huruf R/Reverse

Nah, pada saat kita memposisikan tuas kita ke huruf R, itu berarti mobil akan bergerak mundur. Kami sarankan bagi Anda yang baru belajar cara mengendarai mobil matic vios ataupun veloz ada baiknya sebelum memposisikan tuas ke huruf R terlebih dahulu menginjak rem. Karena pada dasarnya untuk mobil bertrasnmisi matic akan selalu berjalan. Karena itulah lepaskan rem secara perlahan. Hal ini dilakukan agar mobil tindak mundur secara cepat.

-​ Memposisikan tuas ke huruf N/Netral

Saat kita memposisikan tuas ke huruf N, secara otomatis mobil matic yang kita kendarai dalam kondisi bebas. Namun pada saat itu roda mobil masih tidak dalam keadaan terkunci secara mekanis oleh sistem transmisi begitupun putaran mesinnya. Sebelum menstarter mobil, pastikan posisi tuas dalam kondisi N sama seperti halnya posisi P.

-​ Memposisikan tuas ke huruf D 3/gigi 3

Saat kita memposisikan tuas ke huruf D-3, mobil kita akan bergerak maju. Posisi ini juga menandakan jika mobil yang kita kendarai dalam posisi top gear atau dalam kondisi 4 percepatan.

-​ Memposisikan tuas ke huruf D 2/gigi 2

Posisi tuas pada huruf ini bisa disebut juga sebagai second gear. Nah, untuk posisi yang satu ini biasanya digunakan pada saat mobil yang kita kendarai berada pada jalan tanjakan yang sedikit curam ataum bisa juga ketika jalanan turun yang sedikit curam.

-​ Memposisikan tuas ke huruf L/gigi 1

Posisi berikutnya adalah tuas ke huruf L yang merupakan posisi transmisi terendah atau LOW. Posisi ini biasa kita gunakan ketika sedang menarik kendaraan di medan yang berat baik itu ketika turunan yang curam ataupun tanjangan yang sangat curam.

Nah itu saja tips dari kami mengenai bagaimana cara mengendarai mobil matic veloz ataupun vios. Semoga bisa membantu kita semua dalam belajar mengemudi mobil matic.
Cara Mengemudi Mobil Matic yang Baik dan Benar | Tri Sunenti | 5