Speaker itu Sederhana, Tapi Teknologi Sinyal Elektronik Yang Menakjubkan | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Speaker itu Sederhana, Tapi Teknologi Sinyal Elektronik Yang Menakjubkan

Dalam tiap-tiap system penghasil suara, pemilihan kwalitas suara paling baik bergantung dari speaker. Rekaman yang paling baik, dikodekan ke alat penyimpanan yang berkwalitas tinggi, serta dimainkan dengan deck serta loudspeakers kelas atas, tetap harus akhirnya suaranya bakal buruk apabila dihubungkan dengan speaker kurang berkualitasr. System speaker mobil yaitu satu komponen yang membawa signal elektronik, menyimpannya dalam CDs, tapes, serta DVDs, lantas mengembalikannya lagi ke bentuk suara aktual yang bisa kita dengar. Dalam artikel ini, bakal diterangkan bagaimanakah suatu speaker lakukan sistem itu. Diluar itu akan dibicarakan kenapa speaker didesain berlainan serta bagaimanakah ketidaksamaan itu menyebabkan dampak yang tidak sama juga pada mutunya. Speaker yaitu suatu teknologi mengagumkan yang memberi efek yang sangatlah besar pada budaya kita. Tetapi disamping seluruhnya itu, sesungguhnya speaker hanya suatu alat yang sangatlah simpel.

Speaker yaitu suatu teknologi mengagumkan yang memberi efek yang sangatlah besar pada budaya kita. Tetapi disamping seluruhnya itu, sesungguhnya speaker hanya suatu alat yang sangatlah simpel.


Menghasilkan suara


Pada intinya speaker audio mobil adalah sebuah alat yang bekerja sebagai penterjemah akhir, dan merupakan kebalikan dari mikrofon. Speaker membawa signal elektrik serta mengubahnya kembali jadi getaran untuk penghasil gelombang suara yang bisa kita dengarkan. Speaker terbaik membuahkan getaran yang nyaris sama juga dengan yang dihasilkan oleh mikrofon yang direkam serta dikodekan pada tape, CD, LP, dan sebagainya. Speaker tradisional lakukan sistem ini dengan memakai satu drivers atau lebih.



Diafragma


Suatu drivers menghasilkan gelombang suara dengan menggetarkan cone yang fleksibel atau diafragma dengan cara cepat. Cone itu umumnya terbuat dari kertas, plastik maupun logam, yang berdempetan pada ujung yang semakin besar pada suspension. Suspension atau surround, adalah beberapa ratus material yang fleksibel yang menggerakkan cone, serta tentang kerangka logam pada drivers, dimaksud basket.

Ujung panah pada cone berperan menghubungkan cone ke voice coil. Coil itu didempetkan pada basket oleh spider, yang disebut suatu cincin dari material yang fleksibel. Spider menahan coil pada posisinya sembari mendorongnya bergerak kembali dengan bebas serta demikian selanjutnya.



Magnet


Sistem spaker yang bagus coil bergerak, kembali ke posisi awal mulanya dan sebagainya yaitu seperti berikut. Elektromagnet diposisikan disuatu bagian magnet yang konstan yang di ciptakan oleh suatu magnet permanen. Ke-2 magnet itu, yakni elektromagnet serta magnet permanen berhubungan keduanya seperti dua magnet yang terkait. Dan kutub positif pada elektromagnet tertarik oleh kutub negatif pada bagian magnet permanen serta kutub negatif pada elektromagnet tidak diterima oleh kutub negatif magnet permanen. Saat tujuan kutub elektromagnet bertukar bertukar juga arah. Dengan cara seperti ini arus bolak-balik dengan cara konstan membalikkan dorongan magnet pada voice coil serta magnet permanen. Sistem inilah yang mendorong coil kembali serta demikian selanjutnya dengan cepat. Pada saat coil bergerak, ia mendorong serta menarik speaker cone. Hal itu menggetarkan angin di depan speaker, membuat gelombang suara. signal audio elektrik dapat juga diinterpretasikan juga sebagai suatu gelombang. Frekwensi serta amplitudo dari gelombang yang merepresentasikan gelombang suara asli mendikte tingkat serta jarak gerakan voice coil. Hingga bisa diambil kesimpulan bahwa frekwensi serta amplitudo dari gelombag suara di produksi oleh diafragma.



Speaker tradisional menghasilkan suara lewat cara mendorong serta menarik elektromagnet yang menyerang cone yang fleksibel. Meskipun drivers pada intinya mempunyai rencana yang sama, tetapi ukuran serta kemampuan yang dipunyai berlainan. Jenis-tipe basic drivers diantaranya : tweeters, woofers serta midrange.



Woofers adalah jenis drivers yang terbesar yang didesain untuk membuahkan suara dengan frekwensi rendah. Sedangkan untuk tweeters mempunyai unit-unit yang lebih kecil serta didesain untuk membuahkan frekwensi tertinggi yang di hasilkan. Sedang midrange dapat menghasilan jarak frekwensi yang ada di tengah-tengah spektrum suara.

Agar bisa bikin gelombang frekuansi yang lebih tinggi, diafragma drivers mesti bergetar lebih cepat. Hal semacam ini lebih susah dikerjakan dengan cone yang memiliki ukuran besar lantaran bermakna, massa cone itu juga besar. Oleh karenanya, susah memiliki drivers yang kecil agar bisa bergetar cukup lambat agar bisa membuahkan suara dengan frekwensi sangatlah rendah.



System crossover pada speaker elektronik


Pada prakteknya, speaker elektronik membutuhkan pembelahan pada woofer dengan daerah lain dengan cara elektronik, yakni dengan cross over aktif. Dalam soal ini ada banyak system cross over yakni system dua jalur serta tiga jalur. system seri serta paralel.



System dua jalur

Pemakaian speaker bagus elektronik yang paling simpel yaitu system 2 jalur atau system bi-amp yang dapat berikan hasil yang memuaskan dari hasil kerja sistem speaker mobil yang bagus. Keuntungannya yaitu pengecilan distorsi TIM serta dapat menyetel bass serta treble dengan cara mandiri. Frekwensi peralihan diambil 340 Hz (diatas frekwensi resonansi asli). Hal semacam ini didesain untuk pemakaian kotak speaker kecil. Apabila anda memakai sub woofer untuk kanalbawah ini serta mesti dirubah di bawah 100 Hz. Dan pada frekwensi resonansi untuk kotak semakin besar 20-40 Hz kotak tengah 40-80 Hz kotak kecil 80 Hz keatas.



Daya power amplifier B1 juga sebagai ingindali woofer diambil sesuai sama keperluan kita. Daya woofer SP1 butuh dilebihkna dari daya amplifier lantaran system umpan balik bakal banyak menaikkan tenaga yang didapatkan ke woofer mobil. Biasanya untuk ruangan umum daya amplifier yang pas adalah 20-30 Watt. Sebaiknya diambil power amplifier yang pas untuk pemakaian suara rendah serta memiliki aspek damping besar. Speaker SP2 dapat memakai tweeter saja (tweeter serta super tweeter, mid range serta tweeter maupun mid range serta super tweeter) dengan pembelahan konvrnsional memakai crossoveraktif, yang bakal memberi hasil memuaskan. Pilihan lain untuk system bi-amp yaitu pemakaian speaker komplit dalam kotak kecil juga sebagai SP2 serta sub woofer untuk kanal bawah yang terpisah.



System tiga jalur


System ini serupa dengan system 2 jalur tetapi disini suara tengah dipisahkan dengan band pass filter dari speaker mobil. Dan banyak akan kemungkinan yang dapat di ambil tentang speaker-speaker.
  1. Pilihan pertama : SP1 woofer - SP2 mid range - SP3 tweeter.
  2. Selanjutnya, Pilihan ke-2 : SP1 sub woofer - SP2 mid range - SP3 super tweeter (frekwensi peralihan dibawah 100 Hz serta diatas 15 KHz).
  3. Pilihan ketiga : SP1 sub woofer, SP2 speaker komplit (tweeter, woofer, mid range dengan cross over pasif) SP3 super tweeter.

Kriteria power amplifier sama juga dengan system 2 jalur. Penyetelan P3 dikerjakan lewat pendengaran pada system yang telah terpasang. Awal mula dari segi ground diputar perlahan-lahan hingga dengungan osilasi . Untuk penyetelan yang optimum didapat dengan memutarnya mundur sedikit dari posisi awal mula.

Teknik Peredam suara yaitu bagaimanakah material yang dipasang pada permukaan ruang serta memblok suara dari dalam ataupun luar dari beragam jenis frekwensi suara serta kekuatannya.

material Peredam suara yang dipakai yaitu gabungan dari material keras serta lembut. Material yang keras dipakai untuk memblok suara frekwensi tinggi 800Hz-1. 5Khz, sedang material yang lembut dipakai untuk menyerap suara, dipakai untuk memblok frekwensi rendah 400Hz-800Hz.

yaitu mungkin saja untuk memblok 100 % suara di dalam ruang, jika 2 (dua) keadaan terwujud, diantaranya :

Ada indikator stimulus suara dari luar ruang yang sekitar pada 50-70dB, dari beragam frekwensi.

Frekwensi tinggi pada 800Hz-1. 5Khz bisa diblok dengan cara yang paling bagus. Namun sangatlah tak mungkin saja pada ruang musik serta musik terbuka, yang mana suara yang keluar sangatlah bervariatif.

Terkecuali keadaan diatar kata soundproof maupun peredam suara, pada intinya tergantikan oleh insulasi suara, yang mana suara tidak bisa 100 % terblok.

Akustik ruang

Akustik ruang yaitu penyusunan jumlah pantulan disuatu ruang.

Akustik yang kurang bagus umumnya diwakilkan pada permukaan keras yang dipasang pada permukaan ruang. Tetapi, jika terlampau banyak permukaan yang berbentuk lembut, jadi ruang itu juga berakustik rendah.

Pemakaian gabungan dari ke-2 jenis ciri-ciri material, diperlukan untuk membuahkan akustik ruang yang bagus.

Material seperti diffuser, bass trap dibutuhkan untuk profesional recording, high-end studio untuk memecah suara, yang mempunyai tujuan untuk kwalitas suara tersebut.
Speaker itu Sederhana, Tapi Teknologi Sinyal Elektronik Yang Menakjubkan | Tri Sunenti | 5