Memahami Audio Mobil Untuk Pasang Head Unit Sendiri | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Memahami Audio Mobil Untuk Pasang Head Unit Sendiri

Instalasi Audio Mobil

Installasi audio di mobil bukan sekedar terbatas pada kabel positif atau negatif, tak cuma tahu material yang dipakai untuk instalasi, bukan hanya dapat mengkalkulasi volume box subwoofer atau bikin x-over pasif. Walau demikian masih tetap beberapa hal lain yang lebih utama seperti system kabel (wiring sistem) agar tidak storing, bagaimanakah menangani " storing ", peletakan piranti audio di mobil, serta yang paling menarik yaitu pelajari dengan cara detil tuning audio yang telah terpasang.


Belajar Perihal Audio Mobil

Belajar Perihal Audio Mobil

Belajar basic elektronika, belajar untuk mengerti langkah kerja cross over hingga mengkalkulasi serta bikin box subwoofer bakal Anda tekuni seluruhnya. Bikin box subwoofer adalah hal yang mendasar serta gampang, namun penyesuaian dengan bahan yang dipakai seperti fiberglass pasti memerlukan tehnik serta trick yang butuh dipelajari. Ketebalan box subwoofer, trick design piranti audio di mobil, mengkalkulasi volume box subwoofer dengan mengunakan bahan/material fiberglass yaitu salah satu dari demikian banyak yang butuh serta utama di ketahui di bagian ini.


System manajemen toko audio mobil

Bagaimanakah menggerakkan suatu toko audio dengan system manajemen yang handal. Mungkin saja Anda mau pelajari bagian ini lantaran tertarik untuk terjun ke usaha audio mobil? Tentu Anda butuh pelajari lebih mendalam perihal manajemen toko, design workshop hingga ke bagian marketing untuk audio mobil. Mengerti dengan cara detil tentang manajemen toko, serta bagaimanakah bangun suatu workshop yang bersih dengan system kerja efektif yang dapat dibuktikan ampuh, yang sudah digerakkan oleh banyak toko audio.

Rahasia jadi juara kontes Audio Mobil di Lapangan

Untuk menang dalam suatu kontes audio mobil yaitu gampang, bila Anda telah mengerti sekurang-kurangnya 3 point di atas. Ditambah lagi bila Anda ketahui rahasianya, namun untuk temukan rahasia itu diperlukan kesabaran serta ketekunan. Diperlukan saat yang lama dengan demikian kali uji coba, juga diperlukan kesiapan diri Anda untuk tidak berhasil..!, Trial Error yaitu hal yang lumrah serta satu peristiwa yang perlu di lewati saat sebelum berhasil. Apabila Anda tidak mau bersusah payah lakukan uji coba untuk tahu rahasia juara kontes audio mobil, baiknya terlebih dulu mencari tempat belajar untuk mempermudah serta temukan orang yang dapat menuturkan seluruhnya rahasia itu pada Anda, yaitu ; Rahasia sang juara untuk memenangkan suatu kontes audio mobil lapangan.


Pengalaman 1st Tentang Wiring Audio Mobil Dan Cara Pasang Head Unit Mobil Sendiri

Langkah gunakan sendiri tape mobil (head unit/HU) kelihatannya terhitung langka penuturannya di internet, kebetulan saya mencarinya jadi tdk ketemu satu juga. Pernah disuatu saat, saya ada wicara dgn teknisi audio, tuturnya, sebenarnya tak sulit. Jadi sebenarnya telah ada standarnya, terutama dibagian perkabelannya. Saya ganti tape mobil bawaan utk tunggangan keluaran th. 1997 serta 2000 (jenis kaset) dengan th. 2010 (jenis DVD), nyatanya sama tuh wiring diagram nya, jadi selanjutnya kita tinggal mencocokkan bagian kabelnya saja.

Uraian singkat :
1. Baca serta banding wiring diagram dari tape mobil lama serta baru
2. Buka panel dasbor tempat tape mobil
3. Mengeluarkan tape mobil lama dari dasbor
4. Menyambung kabel power (ignition), ground, antena, speaker
5. Menempatkan kembali

Wiring Diagram

Meyakinkan tape mobil anda ikuti standard perkabelan, terlebih bila tape mobil anda terhitung barang langka limited edition yg super mutakhir yg mana anda bisa pesan serta angkut sendiri dari pabriknya diluar negeri sana. Wiring diagram umumnya ada pada buku manualnya waktu pembelian. Bila kebetulan tape mobil anda bisa beli second, atau bisa bisa gratifikasi dengan kata lain hibah, atau copotan serta tak ada manual, dapat cobalah mencari di internet. Terasa sih bila unit keluaran pabrikan yg telah mempunyai nama, mereka harusnya sih ikuti standard. Tersebut misal wiring diagram utk Sony XR-C223.

Buka panel pada dasbor

Bila anda pemula dgn instalasi panel mobil anda, langkah ini memerlukan extra kehati-hatian, jgn tergesa-gesa, mesti jeli, jgn hingga nanti jadi mengakibatkan kerusakan dasbor. Untuk ruangan tape mobil, tentu beberapa besar pabrik sudah membuat agar panel dasbor utk tape mobil dapat di buka, utk sesuaikan dgn selera yang memiliki. Aneh sekali bila untuk ganti tape mobil, anda mesti ke bengkel untuk melepas semua dasbor.

Hati-hati dalam melepas frame panel tengah dasbor ini, jgn hingga mengakibatkan kerusakan klem pengaitnya. Lakukan dgn sehalus mungkin saja. Adakalanya kita juga mesti melepas kepala tombol-tombol. Bisa juga waktu ada ke bengkel (resmi), anda minta panduan langkah membukanya kpd teknisi.

Buka baut tape mobil

Sesudah melepas frame, bakal tampak rumah tempat tape mobil terpasang, umumnya sih diikat dengan baut, tinggal kita buka bautnya serta taruh yg rapi jgn hingga hilang. Bila seluruhnya baut telah dilepaskan, tinggal ditarik tempat tinggalnya.

Cermati dibagian belakang tape mobil, umumnya kabel-kabel bakal menyatu pada suatu konektor, serta konektor tsb yg bakal terpasang ke tape mobil. Mungkin saja bila merk sama, konektor tsb juga sama, hingga tinggal segera terlepas serta gunakan di tape mobil baru. Tetapi yaitu sangatlah bijak bestari bila kita cermati dahulu susunan kabel pada konektor lama serta baru, apakah sama, sambil memerhatikan dokumentasi wiring diagram dari tape lama serta baru. Aksi ini menghindar berlangsung korslet atau mengakibatkan kerusakan tape mobil lantaran nyatanya susunan posisi kabel nyatanya berbeda, umpamanya listrik jadi nyambung ke speaker.

Menyambung kabel

Bila konektornya tidak sama, atau susunan kabel berbeda, jadi kita mesti mainkan di perkabelan, lewat cara menyambungkan kabel instalasi audio mobil dengan konektor tape mobil baru. Kebetulan saya merasa punya pengalaman di bidang instalasi audio mobil serta konektor disambung hanya dgn pilinan kabel lalu dibungkus dgn isolasi listrik.

Ingin di perhatikan agar sepanjang lakukan pemasangan ini, kunci kontak tak dalam situasi menyala, terlebih mesin menyala, manfaat menghindar terjadinya korsleting.


Susunan kabel standard yaitu sebagai berikut :
- Biru : power antena radio
- Hitam : ground (B-)
- Merah : Ignition switch (B+) /switch starter mobil
- pasangan putih serta putih-hitam : speaker depan kiri
- pasangan hijau serta hijau-hitam : speaker belakang kiri
- pasangan kelabu serta kelabu-hitam : speaker depan kanan
- pasangan ungu`dan ungu-hitam : speaker belakang kanan

Dalam melepas kabel dari konektor tape mobil lama, baiknya bila anda belumlah pakar, tak melepas sekalian seluruhnya. Memanglah agak merepotkan lantaran bakal melibatkan banyak kabel, namun menghindar anda lupa atau salah sambung. Seumpama anda baru melepas pasangan kabel speaker belakang kiri (hijau serta hijau/hitam) dari konektor lama, terbaik sekali bila segera anda hubungkan ke konektor yg baru. Janganlah lupa bungkus dengan isolasi agar tak berlangsung jalinan pendek/korsleting. Sekian selanjutnya.

Testing
Yakinkan posisi tape mobil dalam keadaan switch off, hidupkan kunci kontak, silakan switch on tape mobil anda. Bila tidak ingin menyala, matikan kembali kunci kontak serta teliti kabel merah (ignition switch) serta hitam (ground), keduanya mesti tersambung dgn terbaik.

Bila menyala, dengarkan suara pada ke-empat speaker apakah seluruhnya berbunyi. Teliti radio utk meyakinkan kabel antena terpasang dgn terbaik. Sesudah seluruhnya ok, tinggal dipasang pada tempat tinggalnya bila ada, atau kembali dibaut pada panel dasbor serta pemasangan kembali frame panel dasbor.

+Teknovanza 
Memahami Audio Mobil Untuk Pasang Head Unit Sendiri | Tri Sunenti | 5