Teknologi hidrogen Mobil Sedan Toyota Mirai | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Teknologi hidrogen Mobil Sedan Toyota Mirai

Toyota sudah memperkenalkan kendaraan "yang disebut sebagai" mobil masa depan pada November lalu, yakni Sedan Mirai dengan Teknologi hidrogen.

Toyota sudah memperkenalkan kendaraan "yang disebut sebagai" mobil masa depan pada November lalu, yakni Sedan Mirai dengan Teknologi hidrogen.
Toyota mengklaim bahwa mereka yang pertama mengembangkan kendaraan hybrid, yang kemudian jejaknya di susul merk yang lain. Alasan membuat Mobil yang mengunakan bakar hidrogen ini, karena hidrogen merupakan unsur yang paling banyak di dunia. Dengan demikian bahan bakar hidrogen akan menjadi yang utama di masa depan nantinya.

Selain ketersediaannya yang masih sangat mencukupi, zat hidrogen ini terbilang sangat aman, efisien dan yang terpenting adalah ramah lingkungan karena tanpa menghasilkan H2O atau emisi dari sisa pembakarannya mesin.

Toyota Mirai adalah kendaraan pertama yang diproduksi massal oleh Toyota dengan teknologi hidrogen th 2014.

Pada Desember 2014 Toyota meluncurkan FCV (Fuel Cell Vehicle) Mirai, yang saat itu hanya tersedia di Neraga Jepang dan Amerika saja.

Kemampuan jelajahnya lebih panjang dengan sekali pengisian bahan bakar untuk jarak sekitar 700 km dan kecepatan maksimal lebih dari 170 km/jam. Kelebihan lain dari toyota sedan mirai, adalah proses pengisian hidrogen pun lebih cepat yakini hanya sekitar 3 menit.

Kecepatan maksimal Mirai lebih dari 170 km/jam hanya dengan sekali pengisian bahan bakar untuk jarak sekitar 700km dan terbilang kemampuan jelajahnya lebih panjang. Proses pengisian hidrogen Toyota Mirai juga terbilang lebih cepat hanya memerlukan waktu 3 menit-an.

Di Jepang dan Amerika sejak tahun lalu sudah dijual bebas. Juga sudah di dukung dengan adanya stasiun pengisian bahan bakar hidrogen di beberapa wilayah.

Uniknya meski masih dalam jumlah terbatas, di Negara Jepang harga bahan bakar hidrogen hampir separuh dari harga bahan bakar minyak atau bensin dan solar.

Saat Mirai di luncurkan, Toyota hanya mempunyai target penjualan sebesar 700 unit. Tapi karena ternyata mendapat sambutan positif dan banyaknya pesanan, akhirnya produksi akan di tingkatkan.

Untuk kemungkinan Mirai dijual di Indonesia, mungkin masih tarlalu jauh dan belum waktunya. Karena di Indonesia bahan bakar hidrogen masih sulit di dapat.

Mobil Sedan Toyota Mirai hanya diproduksi di pabrik Motomachi yang berdiri tahun 1959 yang bearada di jepang. Pabrik Motomachi ini merupakan fasilitas yang pertama untuk kendaraan penumpang.
Teknologi hidrogen Mobil Sedan Toyota Mirai | Tri Sunenti | 5