Tips: Pilih System Audio Mobil yang Paling Anda Idamkan | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Tips: Pilih System Audio Mobil yang Paling Anda Idamkan

Panduan Merakit System Audio Pilihan untuk Kualitas Terbaik

Sudah lama rasanya tidak membuat postingan mengenai sistem audio mobil terbaik. Meski di dalam sana sudah bertumpuk2 ratusan tulisan yang mungkin intinya hanya itu-itu saja. Tapi tidak ada salahnya bila di sini Teknovanza kembali memperbaruinya, agar siapa saja yang belum membaca bisa mengetahui, atau juga lebih mudah memahami dengan cara penyampaian yang beda juga. Untuk mengetahui tips seperti judul diatas silahkan simak uraian artikel kami di bawah ini, dan semoga bermanfaat.

Head Unit

Banyak aspek sebagai penentu bagaimanakah rangkaian audio mobil membuahkan suara yang mantap. Aspek utama untuk audio sistem yaitu ganti head unit terlebih dulu. Head unit dapat jadi aspek penentu kulitas audio lantaran berapapun mahalnya amplifier akan tidak maksimal tanpa ada memakai head unit berkwalitas terbaik. Tentukan head unit yang mempunyai kontrol audio seperti time alightment serta equalizer.

Umpamanya saja head unit premium seperti Blaupunkt Cape Town 940. System pengoperasian yang tersemat memakai Android Jelly Bean 4. 1. 1. Head unit 2-din ini mempunyai port USB depan dan 3 port USB belakang, port HDMI/HML serta slot kartu microSD.
Umpamanya saja head unit premium seperti Blaupunkt Cape Town 940. System pengoperasian yang tersemat memakai Android Jelly Bean 4. 1. 1. Head unit 2-din ini mempunyai port USB depan dan 3 port USB belakang, port HDMI/HML serta slot kartu microSD. Head unit di dukung oleh processor Dual Core MST786 Cortex A9 dengan RAM 1GB serta penyimpanan internal 8GB hingga kian lebih cukup untuk mendukung semburan peranti audio.

Pilihan yang lain yang lebih superior yaitu head unit Bewith MM-1DT adalah salah satu product head unit dengan smart interface berbentuk color liquid crystal digital display. Dengan bentuk yang sederhana semua bodinya terbuat berbahan magnesium yang berperan pada kwalitas audionya. Disokong processor digital high-end dan head unit ini cuma dapat memutar musik yang bersumber dari memory card dengan kemampuan optimal 64GB (20. 000 folder) serta beragam jenis format audio dari mulai MP3 sampai flac.

Yang pasti head unit mesti mempunyai manfaat pengatur frekwensi yang bisa cocokkan hingga suara vokal lebih konsentrasi di depan pendengar. Manfaat time alightment penting juga, juga sebagai kontrol audio untuk menangani akustik serta mengatur posisi suara audio didalam mobil. Teknologi ini mempunyai manfaat untuk menyamai arah suara hingga suara datangnya dengan cara berbarengan ke pendengar.

Processor Audio

Processor dipakai untuk tingkatkan kwalitas tanda audio. Paling umum processor audio mempunyai manfaat juga sebagai equaliser, effect serta kompresor. Equaliser pada intinya adalah himpunan pengontrol suara yang bisa mempertinggi atau meredam frekwensi tanda audio dengan cara khusus. Effect dipakai untuk memberi special dampak bunyi, seperti reverb (suara bergaung) serta delay (memberi penundaan tanda). Kompresor mengatur level tanda yang beragam. Tanda yang terlampau kuat sampai melalui batas yang didapatkan pada kompresor bakal direda.

Disini Afung, salah satu instalatur Mobiltronik merekomendasikan memakai processor Alpine PXA H 800 yang mempunyai delapan channel, telah termasuk juga satu unit controller RUX C 800 yang bisa menaruh enam setting audio. Juga sebagai pilihan ke-2, dapat memakai prossesor Helix DSP Pro 10 channel yang telah dapat auto summing.

Power Amplifier

Power amplifier dibutuhkan untuk menaikkan kemampuan suara yang diantarkan ke speaker serta subwoofer. Salah satu pilihan power amplifier yang khusus yaitu Sinfoni seri Desiderio. Bila di instalasikan di mobil sekurang-kurangnya perlu empat unit untuk mensupport speaker serta subwoofer.

Seri Desiderio di buat dengan cara manual atau hand made yang memerlukan saat pembuatan sepanjang 20 sampai 30 hari untuk membikin satu unit amplifier. Jadi Anda mesti memesannya terlebih dulu karena Desiderio tidaklah product massal. Ia mempunyai output 2. 100 watt, dengan frekwensi response 10Hz sampai 30KHz, signal rasio kian lebih 100 dB, serta dengan berat 18, 3 kg. Tidak heran bila power amplifier ini bisa disamakan dengan suatu karya seni dengan harga yang fantastis.

Speaker

Speaker yaitu sisi paling utama dari system audio mobil yang digunakan untuk membuahkan suara dalam rentang frekwensi tidak sama pada semasing suara. Untuk pilihan dengan kwalitas jempolan, baiknya menggunakan satu set speaker bikinan Sinfoni seri Grandioso.

Tweeter bikinan Sinfoni ini mampu menghasilkan frekwensi tinggi pada kisaran 2 KHz. Tweeter ini memiliki bahan enteng hingga bisa merespon suara pada frekwensi tinggi. Setelah itu yaitu speaker midrange, yang biasanya memiliki ukuran seputar 3-4 inci dengan cakupan frekwensi 350-4500Hz. Midrange ini diikutsertakan pada satu set system 3-way car audio. Tugasnya untuk menolong menyempurnakan frekwensi tinggi atau mengakomodasi vokal yang terdengar supaya lebih konsentrasi serta terang. Untuk midbass yang fungsinya membuahkan suara pada rentang frekwensi 80-350 Hz umumnya mempunyai diameter 5-7 inci.

Bila pemasangannya benar hasil suara speaker Grandioso yang dikeluarkan bakal sangatlah istimewa. Ia juga memberi pilihan lain memakai speaker Focal Ultima dengan system 2-way dengan sepasang subwoofer delapan inci.

Kabel

Seperti urat saraf, peran kabel audio tak dapat diremehkan. Manfaat kabel yaitu menyalurkan tanda audio dari head unit yang diolah di processor sampai ke speaker serta subwoofer. Kabel bakal sangatlah memengaruhi tingkat kejernihan suara yang dihasilkan. Untuk masalah kabel menurut memanglah tidak mungkin saja patokan pada satu merk saja. Umumnya kami lakukan uji coba kabel mana yang paling pas sesuai yang di idamkan pendengar audio mobil. Pada level tertinggi umumnya gunakan Tchernov Ultimate untuk kabel serta RCA.

Untuk menempatkan seluruhnya peranti audio cuma diperlukan saat sepanjang 1 minggu bila pengaturannya simpel. Seluruhnya dapat dikerjakan dengan cepat sepanjang satu minggu. Alangkah sebaiknya menempatkan audio high end itu pada instalatur yang telah senior lantaran pengalamannya dalam mendesain tata panggung audio. Untuk masalah peredaman mobil dapat gunakan STP untuk peredam getar serta noise insulator. Untuk settingan audio cuma sehari mungkin saja. Tetapi untuk finishing tunning mesti menanti sampai 6 bln. lantaran karet speaker mulai lentur.
Tips: Pilih System Audio Mobil yang Paling Anda Idamkan | Tri Sunenti | 5