Kenali Sistem Konektivitas Smartphone Untuk Audio Mobil Anda | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Kenali Sistem Konektivitas Smartphone Untuk Audio Mobil Anda

Feature multimedia telah sangatlah jamak diterapkan pada mobil. Banyak pabrikan yang mendatangkan piranti multimedia yang mumpuni juga sebagai unjuk level kemewahan. Bahkan juga aneka konektivitas juga ikuti di dalamnya supaya kenyamanan serta keamanan berkendara semakin mendukung.

Tidak ingin ketinggalan, pabrikan headunit juga ikuti trend yang tengah berkembang itu. Bila Anda pilih varian mobil yang belum dilengkapi piranti multimedia dengan konektivitasnya, sekarang ini telah banyak terdapat pilihan headunit aftermarket yang beredar di market dengan kelebihan feature serta system koneksinya.

Sebatas memutar lagu dari smartphone, head unit single DIN juga telah cukup Single DIN atau double DIN dapat mengakomodir konektivitas audio mobil
Sebatas memutar lagu dari smartphone, head unit single DIN juga telah cukup Single DIN atau double DIN dapat mengakomodir konektivitas audio mobil.
Hal semacam ini jadi utama untuk dipahami lantaran sesungguhnya butuh atau tidaknya pilih head unit aftermarket bukanlah tergantung pada biaya semata, tetapi keadaan gadget yang dipunyai juga. Bila Anda cuma memerlukan headunit yang dapat dipakai untuk menelepon, jadi tidak butuh juga pilih headunit yang dapat terkoneksi dengan macam aplikasi lantaran minimnya.kurang tersedianya piranti gadget yang kita punyai.

Hal tersebut yang berupaya dijauhi, jangan sempat salah beli headunit serta fitur-fiturnya tidak terpakai. Atau jadi mesti beli gadget baru yang belum pasti sehari-hari sesuai sama keperluan kita.

Bila pilihan telah sesuai sama keperluan dan gadget yang dipunyai juga gampang terkoneksi, jadi maksud paling utama untuk memiliki feature konektivitas dengan multimedia mobil juga terwujud. Mobil semakin mutakhir, gadget juga jadi dapat terkoneksi untuk melindungi komunikasi sembari terus berkendara aman.

Audio Mobil Merk Pioneer X8650 BT salah satu head unit yang bertabur fitur Pastikan seluruhnya feature bekerja dengan mengkoneksikan smartphone

Mengerti Gadget Anda


Saat sebelum beli headunit, sebaiknya Anda mengetahui dahulu gadget Anda. Karena sekarang ini sebagian headunit membatasi konektivitasnya cuma pada salah satu system kerja gadget saja, terbaik itu iOS, Android, Symbian ataupun Safari. Memanglah ada pula yang dapat terkoneksi ke sebagian type system operasi, tetapi umumnya cuma dapat bekerja maksimal menimbulkan fitur-fiturnya lewat salah satu system operasi.

Ketahui Fitur


Ketahui juga feature apa sajakah dari gadget Anda yang bisa dipakai nanti pada headunit. Bila gadget cuma jadi mobile tethering semata, hal semacam ini lebih untungkan lantaran Anda tidak butuh mempertimbangkan feature yang ada pada gadget lantaran head unit sudah mempunyai system operasi sendiri yang dapat memainkan apllikasi. Bila mau memercayakan system navigasi dari smartphone jadi tidak butuh mencari headunit navigasi, tetapi mencari yang dapat memantulkan citra smartphone pada headunit seperti headunit bersistem Mirrorlink. Seperti Sony XAV-712BT yang dapat mengkoneksikan smartphone ke piranti iOS melalui Bluetooth saja.

Kebutuhan


Banyak pilihan head unit dengan aneka feature serta harga nya, pasti pilih headunit yang diperlukan semakin utama. Bila cuma memerlukan feature pairing phone untuk menelepon umumnya harga yang murah. Tak sama bila Anda memerlukan konektivitas komplit pada gadget serta headunit, jadi headunit dengan system koneksi Mirrorlink lah yang perlu ditebus. Lain lagi bila cuma mau memainkan video dengan HDMI, pasti Anda butuh memerhatikan apakah headunit yang di idamkan mempunyai koneksi itu. Bila mau sebatas memainkan koleksi lagu dari smartphone, jadi headunit berkoneksi Bluetooth, USB atau AUX juga. Seperti Pioneer AVH-X1650DVD yang dapat memainkan lagu dari Android atau iOS dengan koneksi Bluetooth saja.

Banyak feature tidak bakal berperan bila smartphone tidak mendukung Pastikan smartphone bisa terkoneksi prima saat sebelum membeli

Spesifikasi Mobil


Janganlah lupa pikirkan juga ruangan untuk headunit nanti. Sebagian jenis mobil tak dapat dengan gampang ditukar headunit aftermarket. Karenanya carilah yang sesuai sama supaya tak mengakibatkan kerusakan serta sesuai sama estetika. Cermati juga supaya headunit pengganti tak hingga menyingkirkan manfaat dari feature bawaan ASLI DARI mobil seperti kontrol audio di kemudi. Termasuk juga juga fitur-fitur lain yang telah menyatu dengan headunit standard, seperti navigasi serta MID, yang malah hilang saat ditukar headunit aftermarket.

Tips Cara Mengoptimalkan Gadget dan menghubungkan Smartphone ke Audio Mobil


Dulu untuk mende­ngarkan musik masih tetap membutuhkan kepingan CD, atau DVD untuk memutar film. Dengan cara bertahap media CD serta DVD mulai ditinggalkan. Media USB (Universal Serial Bus) berbentuk kabel data yang dapat menghubungkan headunit dengan alat pemutar musik atau gadget jadi trend pengganti CD/DVD. Cukup atur daftar lagu yang mau Anda dengar di gadget serta sambungkan ke headunit (HU) lewat USB.

Sampai saat ini sangat banyak moda konektivitas yang dapat Anda jumpai pada suatu mobil moderen, se­perti Bluetooth, WiFi, NFC sampai wireless charging. Seluruhnya konektivitas itu bukan sekedar dipakai untuk memutar musik atau video, namun dapat juga untuk isi baterai gadget, perintah suara sampai yang tercanggih menyalakan mobil. Nah, supaya lebih terang bagaimanakah memaksimalkannya, simak penjelasan tersebut.

Kabel Data


Koneksi ini adalah yang paling tradisional. Konektornya biasanya memakai system USB. Sebaiknya saat sebelum jalan buat daftar lagu yang mau Anda dengarkan serta gunakan ke HU mobil. Hingga tak mengganggu Anda saat mengemudi.

Walau awalannya cuma dapat memutar lagu, saat ini pemakaian kabel data dapat juga isi baterai gadget. Sangatlah berguna mengingat telephone genggam sekarang ini condong boros baterai. Walau tak dianjurkan sering-sering mengerjakannya lantaran arus listrik yang keluar tak sestabil arus listrik dirumah.

Diluar itu, tak sembarang kabel data dapat Anda pakai. Saat Anda memakai kabel yang umum untuk isi baterai, ada kemungkinan HU tak dapat membaca gadget untuk memutar lagu atau film. Pakai kabel yang sesuai sama untuk mengalirkan data.

Slot Memori


Media konektivitas ini biasanya dipakai untuk aktifkan feature navigasi pada HU. Feature navigasi belum dapat segera dipakai lantaran mesti memasukkan kartu memori diisi peta. Supaya peta navigasi senantiasa teranyar, kerjakan up-date. Umumnya dengan berkunjung ke situs penyedia peta atau lewat bengkel resmi bila systemnya bawaan HU orisinil.

Terkecuali juga sebagai peta digital, terdapat banyak HU yang dapat membaca kartu memori diisi lagu atau film favorite Anda. Dengan. kemampuan yang makin besar, ini dapat mempermudah Anda hingga tak perlu bolak-balik mencolok gadget ke HU. Ketahui jenis kartu memori yang diapaki supaya gampang ganti saat rusak atau perlu kemampuan semakin besar.


Bluetooth


Bluetooth memiliki ke­lebihan tanpa ada kabel se­hingga lebih fleksibel untuk dipakai. Fungsinya juga makin bermacam. Jika dahulu cuma untuk memutar musik di HU saat ini dapat juga untuk voice command sampai telephone dengan cara handsfree.

Saat sebelum jalan, hubungkan dulu gadget Anda dengan lakukan pairing. Tekuni langkah-langkahnya agar gampang di masa datang. Bila ada pilihan untuk menaruh koneksi, kerjakan supaya waktu pairing lagi dapat segera terhubung.

Namun butuh diingat, meskipun dapat berkomunikasi tanpa ada menggenggam telephone, kesibukan ini terus berisiko. Mengemudi yaitu full time job yang berarti mesti konsentrasi pada jalan raya tidak ada masalah lain. Jikalau sangat terpaksa mesti bicara lama, Anda dapat menepi lebih dahulu.


NFC (Near Field Communication)


Teknologi ini masih tetap sangatlah tidak sering di Indonesia. Di Eropa juga belum terlampau banyak dipakai untuk mobil. Tetapi feature ini memiliki potensi menjanjikan yang akan datang lantaran sebagian pabrikan telah mendemonstrasikan di pameran mobil internasional.

Seperti yang di kembangkan oleh Hyundai yaitu Connectivity Concept yang memakai NFC untuk buka kunci pintu lewat cara tempelkan smartphone ke ruang mobil spesifik. Diluar itu NFC dapat juga dipakai juga sebagai pengganti kunci mobil untuk menyalakan mesin kendaraan. Hingga mungkin saja di hari esok saat Anda beli mobil tak memperoleh kunci namun mesti mengunduh aplikasi untuk mobil itu.


Wireless Charging


Feature ini termasuk juga yang lagi trend sekarang ini. Toyota Alphard, Vellfire, Lexus NX200t serta Toyota Camry termasuk juga mobil-mobil baru yang memiliki feature ini. Bukanlah mustahil yang akan datang banyak pabrikan yang juga memasangnya.

Lewat feature wireless charging ini bikin gadget Anda dapat terus menyala selama seharian. Feature ini juga sangatlah bermanfaat saat Anda terjerat di kemacetan jalan serta mau isi baterai tanpa ada mesti repot dengan kabel. Pas untuk Anda yang kerap memakai gadget untuk melakukan aktivitas. Feature ini dapat tak perlu banyak prosedur. Asal smartphone telah dukungan, jadi automatis dapat segera digunakan.


DLNA


DLNA yaitu singkatan dari Digital Living Network Alliance. Pola kerjanya memakai tanda WiFi. Waktu diaktifkan, feature ini mampu membaca data yang ada di galeri foto, video, serta musik yang tersimpan pada smartphone yang paling disayangi.


WiFi


Sesudah Bluetooth, inilah salah satu roh moda transportasi data nirkabel di masa moderen ini. HU mobil juga saat ini dapat dipakai untuk searching dengan memercayakan feature Portable Wi-Fi Hotspot pada gadget Anda. Feature ini dapat bermanfaat apabila Anda mau melihat video dari YouTube umpamanya. Apabila HU mobil memiliki monitor semakin besar dari smartphone, jadi bakal lebih senang untuk menontonnya.

Bukan sekedar untuk akses internet di HU, namun dapat juga dipakai juga sebagai portable hotspot hingga penumpang lain di mobil dapat memiliki akses data. Walau resikonya kesibukan internet jadi lambat lantaran digunakan kian lebih satu gadget. Sama juga dengan Bluetooth, ketahui dahulu sistem pairing supaya tak merepotkan.
Kenali Sistem Konektivitas Smartphone Untuk Audio Mobil Anda | Tri Sunenti | 5