2016 Tahunya SUV, Hyundai Siapkan Mobil SUV Terbaru 2016 Tenaga Hidrogen | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

2016 Tahunya SUV, Hyundai Siapkan Mobil SUV Terbaru 2016 Tenaga Hidrogen

2016 Di Rumorkan sebagai tahunya Mobil SUV, dan Hyundai Sudah siapkan SUV Terbaru benaga Hidrogen untuk th 2016.



2016 Di Rumorkan sebagai tahunya Mobil SUV, dan Hyundai Sudah siapkan SUV Terbaru benaga Hidrogen untuk th 2016.

Banyak perusahaan otomotif telah memprediksi, untuk jenis mobil yang akan jadi tren di tahun 2016 nanti adalah segmen SUV. Tapi berberda dengan Hyundai yang telah siapkan SUV terbaru, Suzuki Indomobil Sales belum terlalu yakin dengan adanya rumor di kalangan pasar otomotif tersebut.

SIS menilai jika benar type mobil SUV mengalami peningkatan penjualan pada 2016, dengan kata lain memang jadi Trend di dunia, maka untuk Indonesia baru sekitar 2 tahun lagi. Atau jiks itu terjadi di India, maka setahun kemudian baru menjadi tren di Indonesia.

Tapi untuk saat ini Suzuki juga memiliki model SUV, yakni mobil terbaru dari New Escudo, dan kita mengenalnya lebih ke Grand Vitara. Kemunculan Grand Vitara yang merupakan andalan Suzuki di segmen SUV ini, tepatnya di Tokyo Motor Show th 2015 lalu.

Dan terlepas dari Suzuki, Pihak produsen automotif Hyundai Motor siap dengan agenda besar, kendaraan berbahan bakar hidrogen dengan daya jelajah lebih bagus dari versi terdahulu, konsep ix35 Fuel Cell. Jika rival lain lebih mengandalkan sedan bermesin bahan bakar hidrogen, Model mobil SUV lebih dipilih Hyundai sebagai platform baru, ketimbang pada ix35 atau Tucson.

Mobil bertenaga hydrogen tersebut merupakan generasi penerus ix35 Fuel Cell, sebab kemampuan jelajahnya hingga 804 kilometer, dengan kecepatan maks 177km/jam.

Tucson Fuell Cell

Jenis Mobil yang menggunakan bahan bakar hidrogen adalah alternatif terbaik sebagai kendaraan ramah lingkungan, tapi tentu saja selain pure electric car dan hybrid. Dan kelebihan lain untuk type mobil hidrogen ini, ketersediaan gas hidrogen sebagai bahan bakar kendaraan masih melimpah, juga pengisian ulang yang lebih cepat.

Tidak heran jika banyak produsen automotif yang mengembangkan produk hidrogen, salah satu produsen otomotif yang ikut mengembangkan produk hidrogen ini adalah Hyundai dengan Tucson Fuel Cell. Dalam uji cobanya, Hyundai Tucson Fuell Cell berhasil memecahkan rekor dalam kecepatan sebagai kendaraan crossover berbahan bakar hidrogen, dengan 152km/jam. Meskipun bukan sebagai mobil tercepat di dunia, Tucson Fuell Cell berhasil menjelajah sejauh 426 kilometer.

Sayangnya, sejak Juni 2014, Hyundai Tucson Fuell Cell hanya untuk konsumen California Selatan, dan telah terjual +/-100 unit. Untuk harga Hyundai Tucson Fuell Cell, konsumen harus membayar uang muka 41,48 juta atau tepatnya sekitar USD2.999, kemudian cicilan /bulan USD499 atau 6,9 juta rupiah.

Uji Ketahanan Mesin Mobil Hydrogen Hyundai iX35

Uji Ketahanan Mesin Mobil Hydrogen Hyundai iX35
Di Hamburg, Dua pengendara profesional berhasil melakukan uji coba ketahanan mesin mobil Hyundai iX35 bahan bakar hidrogen dengan menempuh perjalanan selama 24 jam nonsetop. Mobil hydrogen yang di luncurkan beberapa waktu lalu ini sengaja dipacu 2.383 (km) tanpa henti.

Tujuan uji coba ketahanan mesin mobil Hyundai iX35, juga untuk pengetesan durabiliti plus tingkat efisiensi bahan bakar dan teknologi ramah lingkungan yang diterapkan.

Dan hasil yang didapat, mobil Hyundai iX35 berhasil menempuh jarak 563 km sekali jalan dengan kondisi tanki bahan bakar hydrogen terisi penuh. Selain itu karakter kendaraan ramah lingkungan ini sama dengan type mesin berbahan bakar bensin, yakni akselerasinya mampu 0-100 km/jam dengan waktu 12,5 detik.

Harga Mobil Hidrogen Hyundai turun 43% Demi Saingi Toyota

Harga Mobil Hidrogen Hyundai turun 43% Demi Saingi Toyota
Setelah Pada Desember 2015 lalu, mobil hidrogen terbaru Toyota Mirai keluar, Sepertinya Hyundai Motor berniat turunkan harga produk fuel cell electric vehicle mmobil SUV Tucson ix miliknya. Penurunan harga Hyundai ini tak tanggung2, yakni harga Tucson hidrogen akan turun sekitar 43% persen khusus di Korsel. Dengan demikian harga mobil SUV ini hanya 980 juta atau 85 juta won.

Potongan harga mobil baru Tucson ix hidrogen ini bukan di Korsel saja, melainkan juga di berbagai negara.

Seperti ulasan di atas tadi, sebenaynya pihak Hyundai sudah lama mengembangkan jenis mobil hidrogen, tapi selain kurangnya fasilitas, harga mobil hidrogen terlalu mahal dari mesin ramah lingkungan yang lain, seperti mobil listrik dan hybrid.
2016 Tahunya SUV, Hyundai Siapkan Mobil SUV Terbaru 2016 Tenaga Hidrogen | Tri Sunenti | 5