Review Mobil Irit Daihatsu Xenia R Sporty 1.3 M/T | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Review Mobil Irit Daihatsu Xenia R Sporty 1.3 M/T

Opini Daihatsu Xenia R Sporty

Daihatsu Xenia R Sporty telah membuktikanya sebagai salah satu mobil yang paling irit BBM, begitu juga untuk akselerasi ketimbang versi transmisi otomatis. Pamor serta kemampuan Xenia R Sporty berkat adanya pembaruan pada jantung pacu. Meskipun pada fitur keamanan kalah dari rivalnya, Daihatsu Xenia R masih terbukti sebagai mobil keluarga yang istimewa.

Xenia R Sporty  - Mobil keluarga ini memiliki 11 varian Daihatsu Great New Xenia  - Pilihan lain, Xenia bermesin 1.000 cc  - Dengan mengusung harga mobil 205,8 juta, Daihatsu Xenia R Sporty 1.3 A/T merupakan Varian yang paling mahal.

Xenia R Sporty

- Mobil keluarga ini memiliki 11 varian Daihatsu Great New Xenia
- Pilihan lain, Xenia bermesin 1.000 cc
- Dengan mengusung harga mobil 205,8 juta, Daihatsu Xenia R Sporty 1.3 A/T merupakan Varian yang paling mahal.


Kelebihan & Kekurangan

Berdasarkan hasil Test Drive, Jika dibanding varian Xenia tertinggi, Daihatsu Xenia R Sporty transmisi manual membuktikan dirinya lebih baik dalam tingkat efisiensi BBM yang irit. Di kelas mobil MPV, yang paling irit bahan bakar masih tetap menjadi pertimbangan utama dalam membeli mobil.

Untuk varian Xenia R Sporty bertransmisi otomatis vs transmisi manual, mereka tak memiliki perbedaan spesifikasi teknis. Yang mana keduanya mengandalkan mesin mobil 1.329 cc 4 silinder, tenaga hingga 97 dk serta torsi 121 Nm. Lalu kombinasi pengaplikasian mesin baru dengan dual VVT-i transmisi manual 5 percepatan menjadi daya tarik tersendiri.

Selain memiliki karakter suara mesin yang halus, kekedapan kabin Xenia baru memang lebih baik dari kabin Xenia lawas. Dan dukungan mesin dual VVT-i Xenia lebih memungkinkan sistem katup untuk mendukung mengeluarkan seluruh potensi tenaga yang dimiliki dan proses pembakaran yang lebih responsif. Daihatsu Xenia R Sporty 1.3 M/T saat akselerasi 0-100 km/jam sanggup mengunci hanya dengan waktu 12,8 detik. Dengan kata lain Xenia R ini lebih cepat 1,4 detik dari Daihatsu Xenia transmisi otomatis, yang memerlukan 14,2 detik.

Untuk karakter suspensinya, kini sedikit terkoreksi, Daihatsu Xenia yang sebelumnya lebih cenderung empuk serta terlalu mengayun. Mobil ini jauh lebih rigid dan stabil berkat sistem suspensi yang baru dan pengaturan ulang di shock absorber, lateral control rod serta diameter stabilizer yang lebih lebar.

Namun untuk beberapa konsumen mobil keluarga yang menyukai akselerasi keras, mobil Daihatsu ini bukan kendaraan yang cocok. Meski hanya melaju di kecepatan 120 km/jam lebih sudah ada gejala limbung, yang seolah-olah pengemudi mobil gugup dalam menggenggam setir. Terlebih tidak adanya ABS plus EBD sebagai sistem keamanan yang ada pada mobil Toyota Avanza. Sebab ini adalah satu paket keamanan berkendara yang seharusnya ada pada varian Xenia paling mahal.
Review Mobil Irit Daihatsu Xenia R Sporty 1.3 M/T | Tri Sunenti | 5