Spesifikasi Dan Kelebihan TVS Apache RTR 20 4V FI | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Spesifikasi Dan Kelebihan TVS Apache RTR 20 4V FI

20 Januari lalu TVS Apache RTR 20 4V FI resmi meluncur di Indonesia pada hari Rabu,  2016. TVS tak hanya melakoni debut dunianya di Indonesia, namun motor sport India ini juga membuktikan komitmen besarnya untuk membangun pasar di Indonesia. Argumen ini terbukti dengan di rakitnya TVS Apache RTR 200 4V FI di Karawang Barat.

Tapi tetap saja tidak mudah untuk TVS membuka pasar di segmen motor sport. Seperti halnya Bajaj yang telah gagal menggarap pasar motor sport nasional sebagai manufaktur motor India. Dan salah satu penyebabnya adalah ketidak percayaan konsumen di Indonesia pada produk motor india.


Kelebihan TVS Apache RTR 200 4V FI

Jadi keberanian TVS Apache RTR 20 4V FI merupakan topik menarik untuk ditelaah. Jika demikian sudah pasti motor TVS juga mengususng beberapa kelebihan untuk memikat konsumen.
Kelebihan pertama dari motor sport TVS Apache RTR 200 4V FI adalah mengenai desain. Konsep TVS X21 Draken merupakan desain Motor Sport Baru ini. Mulai desain tangki motor yang tajam lengkap beserta tutup tangki bertype balap. Kemudian juga pada lekukan samping tangki bensin yang dibentuk supaya kaki si pemakai bisa menjepit tangki bahan bakar dengan lebih nyaman saat melaju berkecepatan tinggi serta menikung.

Kelebihan pertama dari motor sport TVS Apache RTR 200 4V FI adalah mengenai desain. Konsep TVS X21 Draken merupakan desain Motor Sport Baru ini. Mulai desain tangki motor yang tajam lengkap beserta tutup tangki bertype balap. Kemudian juga pada lekukan samping tangki bensin yang dibentuk supaya kaki si pemakai bisa menjepit tangki bahan bakar dengan lebih nyaman saat melaju berkecepatan tinggi serta menikung.

Kelebihan desain selanjutnya adalah joknya yang dibuat terpisah untuk menegaskan esensi balap pada motor sport TVS Apache RTR 200 4V FI ini. Jadi berdasarkan desain motor ini, jika ditarik garis mulai dari titik tengah motor menuju buritan nya, sudah pasti bagian buritan tersebut lebih tinggi ketimbang posisi tangki bahan bakar. Tapi meskipun demikian tetap dibuat seimbang sebab sama handle-bar sama tinggi berdesain race on split bar.

Untuk spesifikasi lampu motor TVS Apache RTR 200 4V FI ini, ia mengandalkan lampu utama berupa LED dengan kekuatan 55/60 W H4 plus Daytime Running Light. Kemudian pada bagian lampu belakang juga memanfaatkan lampu LED.

Dengan pemakaian indikator kecepatan digital di TVS yang berlayar LCD dengan diagnostic plus indikator kecepatan puncak dan lap timer. Ini membuktikan trend teknologi digital pun di gunakan pada motor India tersebut. Selain itu juga di lengkapi dengan shift timing light yan berfugsi dalam perpindahan gigi yang presisi.


Mesin TVS Apache RTR 200 4V FI juga merupakan kelebihan yang kedua. Dengan mengusung mesin generasi SOHC + 4 valve dan berpendingin cairan yang memiliki kapasitas 197.75 cc, TVS Apache RTR 200 4V FI memiliki kekuatan puncak 21 PS pada 9.000 rpm dan pada torsi maksimalnya 17 point 5 Nm di 7.000 rpm. Kita ambil contoh TVS Apache RTR 200 4V FI yang lebih bertorsi dan bertenaga dari Yamaha Scorpio Z 225 cc.

Mesin TVS Apache RTR 200 4V FI ini juga mengandalkan sistem pendinginan mesin berupa 03C Technology. Dan perlu di ketahui juga, aliran oli secara terus menerus di area busi adalah teknologi pada motor sport TVS dan yang sudah dipatenkan ini merupakan proses pendinginan mesin. Cara kerja pendingin mesin motor ini bisa dicapai akibat ruang aliran oli pada dinding kepala silinder di dalamnya. Untuk meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar TVS Apache RTR 200 4V FI mengandalkan sistem injeksi bahan bakar dari BOSCH (DFI) untuk suplay bahan bakar respon katup.

Dan untuk kelebihan dari TVS Apache RTR 200 4V FI selanjutnya adalah pada aplikasi frame Double cradle split syncro stiff frame yang terbuat dari baja berkualitas terbaik. Jadi motor sport TVS ini menghasilkan rigiditas terbaik ketika dikemudi menikung juga untuk menopang mesin. Termasuk di dalamnya pemakaian garpu depan berdiameter 37 mm lansiran KYB dan suspensi belakang Monoshock. Dan cara penyatuan garpu dan frame tersebut diatur supaya distribusi bobot tercapai dengan baik dan bisa menjadi unggulannya.

Untuk kenyamanan dan memaksimalkan kondisi dinamika saat di kemudi, TVS Apache RTR 200 4V FI mengandalkan ban Pirelli atau ban tubeless yang memiliki ukuran 90/90 ring 17 di depan kemudian untuk ukuran ban belakang 130/70 ring 17. Dan velg motor TVS ini adalah 1.85 x 17 inci di bagian depan dan 3.50 x 17 inci belakang. Dan untuk keamanan berkendara, Motor TVS mengndalkan cakram berukuran 270 mm bertipe Petal. Sementara ban belakang memakai cakram berukuran 240 mm bertipa Petal.
Spesifikasi Dan Kelebihan TVS Apache RTR 20 4V FI | Tri Sunenti | 5