Tips & Cara Klaim Asuransi Mobil Kecelakaan Ringan | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Tips & Cara Klaim Asuransi Mobil Kecelakaan Ringan

Prosedur Ajukan Klaim Asuransi Mobil Untuk Kecelakaan Ringan


Tak ada satu orangpun yang menginginkan kecelakaan di jalan raya, tapi meski kita sudah berusaha menghindari dan tidak menginginkannya, seringkali kecelakaan ringan tak terhindar. Sekecil apapun kecelakaan ringan biasanya akan menimbulkan baret di bodi mobil. Entah karena terserempet, atau terbentur de­ngan objek statis ketika parkir. Dan tentu bagi Anda yang punya asuransi mobil, pastinya ingin mengajukan klaim Asuransi untuk menangung biaya perbaikan di bengkel.

Tapi alasan paling umum pemilik kendaraan tidak langsung mengajukan klaim pada perusahaan asuransi mobil nya, lantaran panjangnya antri di bengkel asuransi.
Tapi alasan paling umum pemilik kendaraan tidak langsung mengajukan klaim pada perusahaan asuransi mobil nya, lantaran panjangnya antri di bengkel asuransi. Jika hari itu bisa di tunggu mungkin masih bisa di pertimbangkan, tapi panjangnya antrian sering mengharuskan kendaraan menginap di bengkel mobil untuk beberapa hari selama perbaikan. Akhirnya, selama kendaraan masih bisa di gunakan dan hanya kerusakan ringan, maka pemilik mobil banyak yang memilih untuk menggabungkan klaim Asuransi dengan kejadian berikutnya, meski tidak menginginkan kecelakaan lagi.

Tapi, Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam menyikapi masalah klaim asuransi mobil tersebut. Yang perlu Anda ketahui, siapapun pemegang polis asuransi mobil tetap harus segera melapor terlebih dahulu, dalam jangka waktu 5 hari setelah kejadian, maksimal. Sebab jika lebih dari 5 hari setelah terjadinya kecelakaan, maka klaim asuransi akan ditolak.

Tidak masalah setelah Anda melapor, dan tidak langsung mengajukan klaim, sebab lama jangka waktu mengajukan klaim 1 tahun. Dengan demikian mobil yang Anda asuransikan tersebut masih bisa digunakan untuk kebutuhan aktivitas harian.

Untuk masalah klausul polis asuransi kendaraan, ada yang namanya poin deductible yang berarti risiko ditanggung oleh pemegang polis asuransi. Besar poin deductible berbeda-beda untuk setiap perusahaan asuransi.

Mungkin bisa kita ambil contoh di asuransi Allianz, 300 ribu per kejadian adalah besar poin deductible yang harus ditanggung oleh pemegang polis asuransi. Misal saat terjadi kecelakaan ringan yang pertama seperti terjadi baret di mobil dan tidak langsung melapor. Selanjutnya selang beberapa hari/minggu mengalami kecelakaan yang mengakibatkan bodi mobil penyok. Dan keduaanya diajukan klaim asuransi mobil gabungan, maka pemegang polis asuransi tetap menanggung deductible 2 kali. Asal awal kejadian yang pertama tadi melapor dan tidak lebih dari 5 hari.

Dengan demikian, tanpa perlu menunggu adaanya insiden berikutnya setiap pemilik mobil yang mengasuransikan kendaraannya harusnya melaporkan insiden yang dialami sesegera mungkin. Dengan mengikuti prosedur klaim asuransi mobil tersebut, maka klaiam yang di ajukan bisa diterima oleh perusahaan asuransi.


Tips, Prosedur Pengajuan Klaim

Prosedur Ajukan Klaim Asuransi Mobil Untuk Kecelakaan Ringan


Pertama Menghubungi Perusahaan Asuransi

Jika terjadi kecelakaan ataupun mobil dicuri, prosedur pertama untuk dilakukan adalah menghubungi perusahaan asuransi yang bersangkutan, maksimal dalam waktu 5 hari. Jika tidak memungkinkan untuk datang ke tempat perusahaan asuransi mobil Anda, maka bisa via telepon, SMS dan email. Langkah pertama ini wajib agar tidak terjadi penolakan klaim asuransi mobil, sebab sydah lewat dari jangka waktu yang ditentukan oleh perusahaan.

Ada Bukti

Jika dalam kecelakaan, mobil masih bisa dijalankan, ada baiknya Anda membawanya ke bengkel perusahaan asuransi terdekat. Kecuali jika mobil rusak berat, maka opsi yang bisa Anda lakukan adalah memfoto dan dokumentasikan sebagai bukti klaim asuransi. Sebab foto yang Anda Ambbil ini menjadi bukti dalam pengajuan klaim.


Mengisi formulir

Prosedur selanjutnya adalah dengan mengisi formulir pengajuan klaim. Formulir yang mereka sediakan ini merupakan dokumen kelengkapan dalam Klaim Asuransi mobil Anda.

Info Yang Jelas

Langkah selanjutnya adalah dengan memberi informasi sebenar-benarnya dari rentetan kecelakaan yang Anda alami pada perusahaan asuransi. Sebab, apa yang Anda sampaikan ini sumber pertimbangan untuk meloloskan klaim Anda atau tidak.


Menyiapkan Dokumen

Terakhir adalah melengkapi dokumen yang diperlukan untuk pengajuan klaim Asuransi Mobil Anda pada perusahaan yang bersangkutan.

Dokumen kecelakaan


• Formulir klaim
• Fotokopi polis asuransi mobil
• Fotokopi SIM
• Fotokopi STNK
• Surat keterangan dari kepolisian
Tips & Cara Klaim Asuransi Mobil Kecelakaan Ringan | Tri Sunenti | 5