Tips, Penyebab Cat Mobi & Motor Cepat Kusam | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Tips, Penyebab Cat Mobi & Motor Cepat Kusam

Tidak hanya cat mobil kusam dan dekil yang mengganggu penampilan kendaraan, tapi motor pun juga demikian. Sebab asumsi dari siapa saja yang melihat, kendaraan yang bersih dan kinclong itu menggambarkan karakter untuk pemiliknya. Jadi sudah selayaknya jika setiap pemilik kendaraan perlu untuk melakukan perawatan, yang juga termasuk di dalamnya adalah pada cat sepeda motor.

Berdasarkan pengalaman dan beberapa sumber berita otomotif, berikut ini adalah faktor yang sering mengakibatkan cat motor kusam:

Berdasarkan pengalaman dan beberapa sumber berita otomotif, berikut ini adalah faktor yang sering mengakibatkan cat motor kusam:

Panasnya terik matahari


Penyebab cat mobil dan motor kusam yang pertama ini biasanya karena penempatan parkir pada tempat terbuka. Perlu kita ketahui bahwa panasnya sinar matahari tersebut cukup dan sangat berpengaruh pada keawetan warna cat motor, terlebih lagi bila hal tersebut sering dan berlangsung hingga bejam-jam. Sebab lapisan cat tersebut dapat di dekonstruksi oleh radiasi sinar ultraviolet dari terik matahari, yang akhirnya warna cat mobil maupun motor tersebut menjadi pudar, kusam, dan menguning.

Tips:


Berdasarkan penyebab pudarnya warna cat kendaraan tersebut, maka bisa kita simbulkan sendiri cara mengatasi warna cat pudar. Hal pertama adalah dengan memilih tempat parki motor pada tempat teduh. Atau bila sekiranya tidak memungkinkan, solusinya adalah dengan menutupi motor menggunakan sarung motor yang bisa dibeli di toko aksesori sepeda motor, dan sarung mobil untuk mobil.

Debu yang menumpuk


Debu pada bodi yang terlalu lama melekat bisa membuat bodi daya kilap cat plastic cepat berkurang. Jadi jangan pernah anggap sepele setiap debu yang menebal pada bodi mobil motor Anda, sebab akibatnya akan timbul baret pada cat bodi motor Anda. Selain itu, partikel halus dari debu yang menjadi pengganggu tersebut akan membuat keindahan warna cat motor pudar dan kusam.

Tips:

Sulusi untuk menghindari pudarnya warna cat tersebut adalah dengan meluangkan sedikit waktu setiap hari untuk mencuci motor & mobil Anda.

Sulusi untuk menghindari pudarnya warna cat tersebut adalah dengan meluangkan sedikit waktu setiap hari untuk mencuci motor & mobil Anda. Tapi pastikan untuk tidak mengelap secara langsung debu yang menempel pada bodi tersebut menggunakan lap kering, sebab hal ini, dipastikan akan menimbulan baret-baret pada bodi kendraan Anda. Sebaiknya siram terlebih dahulu dengan air bersih lalu lap dengan kanebo untuk menghindari baret pada cat.

Air Hujan

Semoga Anda tahu, bahwa Air hujan mengandung zat asam nitrat (HNO3). Zat asam pada air hujan tersebut berpotensi untuk merusak lapisan cat motor. Terlebih untuk Anda yang tinggal di daerah perkotaan, yang dimana polusi udara semakin membuat kadar zat asam pada air hujan semakin tinggi dan tentunya makin berpotensi untuk merusak warna cat mobil dan motor. Selain itu, Air hujan juga mengakibatkan proses korosi pada logam lebih cepat, terutama pada bagian mesin serta sasis.

Tips:


Cara menghindari air hujan ini cukup sulit untuk di lakukan, sebab sering kali terbentur keperluan dan kepentingan. Jadi solusi terbaik untuk menghindari dan mengatasi cat bodi pudar dan kusam sebab air hujan adalah secepatnya mencucinya.
Tips, Penyebab Cat Mobi & Motor Cepat Kusam | Tri Sunenti | 5