Cara Meningkatkan Kualitas Sistem Audio Mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Meningkatkan Kualitas Sistem Audio Mobil

Kualitas Suara Sistem Audio Kijang Innova

Yups,, Teknovanza akan kembali mengulas dan memberikan tips untuk tingkatkan kualitas suara Sistem Audio Mobil Kijang Innova. Tapi meski ini untuk merk toyota kijang, pada dasarnya tetap banyak kesamaan pada merk lain.
Mobil Toyota Kijang Innova baru kian tampak mewah plus canggihnya sistem audio di dalamnya. Tapi apa perlu kita masih harus melakukan pembenahan untuk ini

Mobil Toyota Kijang Innova baru kian tampak mewah plus canggihnya sistem audio di dalamnya. Tapi apa perlu kita masih harus melakukan pembenahan untuk ini. Ya, yang namanya fitur bawaan, pasti masih ada banyak konsumen yang kurang puas dengan kualitas suara sistem audio mobil pada Toyota Kijang Innova baru tersebut.

Untuk mereka yang banyak melakukan perjalanan sendiri dan mungkin juga perlu teman dan hiburan, biasanya suka dengan modifikasi kabin yang khususnya meliputi dasbor dan sistem audio. Nah, keinginan Anda ini lebih mudah sekiranya memilki dukungan sistem entertainment standar yang baik, contohnnya adalah pada kabin Innova terbaru.

Kabin mobil Innova baru memang jauh lebih kedap dalam hal ini, serta akan berimbas pada kualitas sistem audio standar dengan suara yang lebih baik. Kemudian pada Tes road noise Innova baru tercatat memilki tingkat kekedapan yang cukup baik,yang hanya 80 db saja saat melaju 100 km/jam.

Innova baru tipe G (entry level) memilki sistem entertainment berlayar sentuh yang berukuran 7". Kemudian di dukung juga dengan fitur konektivitasnya sederhana berupa USB, SD card, AUX serta pastinya bluetooth.

Spesifikasi dari innova tipe G tersebut berbeda bila di banding dengan fitur audio mobil pada Innova tipe V serta Q (flagship) yang sudah mengandalkan touchscreen 8 inci. Serta Kijang Innova sebelumnya memilki komposisi head unit yang belum menggunakan layar touchscreen serta belum memiliki konektivitas bluetooth, yang memudahkan pengguna memaksimalkan fitur audio mobil.

Mungkin bisa kita ambil contoh pada Innova baru tipe V yang sudah mengandalkan layar 8 inci, HDMI input, bisa air gesture, bluetooth, voice command serta mira cast untuk kemudahan konektivitas dengan gadget canggih saat ini. Termasuk dukungan pengaturan setting audio mobil yang sederhana untuk kemudahan saat digunakan konsumen.

Meskipun saat ini sudah include pengaturan audio Kijang Innova namun hanya pengaturan treble serta bass, feder plus ballance. Tapi pengguna masih perlu mengapresiasikan untuk kemudahan pengaturannya yang masih standar.

Selain itu Pada pengaturan audio mobil standar pada Kijang Innova baru juga makin mudah berkat dukungan kontrol audio pada setir atau lingkar kemudinya. Kemudian juga respons layar sentuh cukup baik dan tidak keras. Misal untuk menambah volume bass, kita cukup sentuh respons suara bass, kemudian dengan penggunaan speaker standar bermodel karton maka akan membuat bass lebih kencang.

Saat dibandingkan dengan sistem audio mobil Innova lama, maka kualitas suara standar sistem audio Innova terbaru ini lebih bagus hingga 50 %. Apalagi bila konsumen melakukan modifikasi dengan mengubah komposisi head unit mobil didalamnya.

Untuk memodifikasi sistem audio mobil, tidak perlu mengganti head unit, tapi hanya cukup dengan menggantikan speaker standar serta menambahkan subwoofer mobil yang bagus dan cocok.

Interior Kijang Innova Terbaru

Komposisi speaker mobil pada Kijang Innova terdapat 6 buah, yang diantaranya, 4 speaker terpasang pada pintu depan bermodel 2 way split, kemudian 2 speaker lagi pada pintu belakang.

Meskipun masalah cara mengganti subwoofer itu merupakan urusan konsumen, sesuai apa yang diinginkannya, tapi sebaiknya tetap memilih fungsional yang luas pada bagasinya. Kemudian juga cukup disarankan untuk mengandalkan subwoofer aktif, dan Anda bisa meletakanya di bawah jok.

Tapi sekiranya Anda sendiri menganggap bagasi tidak terlalu penting, maka bisa mengandalkan subwoofer mobil pasif dengan ukuran 10 hingga 12 inci.

Dan untuk masalah biaya dan harga modifikasi audio mobil Kijang Innova baru berkisar antara 5 - 10 juta. Terdapat juga paket audio mobil dengan harga 6 - 10 juta. Sedang untuk paket seharga 10 juta, meliputi speaker 2 way plus ada power amplifier eksternal serta subwoofer pasif 10". Tapi kekurangan dari paket ini, konsumen perlu membikin box di bagian belakang. Sedang untuk harga 6 juta maka akan di lakukan pergantian speaker dan subwoofer aktif.
Cara Meningkatkan Kualitas Sistem Audio Mobil | Tri Sunenti | 5