Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Dan Cara Mengatasinya | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Dan Cara Mengatasinya

Tips: cara memperbaiki ac mobil yang tidak dingin

Salah satu masalah serius saat mengendaraai mobil adalah Ac Mobil Tidak Dingin, huft,, apalagi jika suhu udara di luar sangat panas, belum lagi pas terjebak macet panjang. Untuk mengatasinya, maka Anda perlu mengetahui penyebab ac mobil kurang dingin dan panas, atau bahkan tidak sama sekali.

Tapi perlu juga untuk sedikit kita sadari bahwa ac mobil panas merupakan permasalahan yang relatif. Sebab penyebab tidak dinginnya ac seringkali akibat temperatur suhu udara di sekitar mobil. Jadi Anda jangan terburu-buru dulu untuk mencari cara service ac mobil, Anda harus memastikan dulu penyababnya, muungkin saja yang perlu Anda cari adalah cara isi freon ac.

Dan paling umum, perbedaan suhu di luar dengan di dalam kabin terdapat perbedaan sekitar 10 derajat celsius. Jadi misal udara diluar 32 derajat, maka besaran suhu di dalam kabin antara 20 - 22 derajat celsius, ac mobil sudah terbilang dingin.

Cara mengukur suhu ac di dalam mobil bisa dilihat pada grill ac, yang letaknya pada dashboard. Melalui grill ac di dashboard tersebut, Anda lebih mudah mengetahui temperatur cut off / on off setiap saat melalui kompressor ac.

Untuk kondisi ac mobil yang masih bagus & normal, akan terukur suhu di grill ac sekitar 6 off kompressor serta sebesar 8 derajat celsius saat on. Dan jika grill ac mobil tersebut hanya mampu 9 derajat celsius, maka ac mobil kurang dingin.

Setelah mengetahui tentang pengukuran suhu, saatnya kita mengulas penyebab ac mobil tidak dingin dan cara mengatasinya. Dari sekian banyaknya permasalah yang Anda alami, tentu memiliki penyebab yang berbeda, dan begitu pula cara mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab masalah pada ac mobil Anda.

12 Penyebab Ac Mobil Tidak Dingin

ac mobil tidak dingin, penyebab ac mobil tidak dingin dan cara mengatasinya ac mobil, penyebab ac mobil tidak dingin, ac mobil kurang dingin, mengatasi ac mobil tidak dingin, cara memperbaiki ac mobil tidak dingin cara service ac mobil, cara memperbaiki ac mobil yang tidak dingin, ac mobil panas
Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

1.Freon kurang atau habis

Paling umum, penyebab utama ac mobil kurang dingin adalah berkurangnya Freon. Hal ini biasanya akibat kebocoran pada sistem ac Anda. Tapi mungkin Anda bertanya, kalau freon ac bocor kenapa tidak habis? Sebab kemungkinan kebocoran freon tersebut terlalu kecil, jadi hanya akan bocor pada saat tekanan tertentu saja, misal pada tekanan 120 psi dan lebih tinggi. Dan pada tekanan di bawahnya kemungkinan kebocoran tersebiut berhenti.

Kebocoran freon yang sangat kecil tersebut biasanya pada sel o ring, atau pada sambungan pipa ac, seal saft kompresor, dan relief valve di kompresor. Meski hanya kecil akibatnya ac kurang dingin, tapi kalu sampai freon habis, sudah pasti ac mobil tidak dingin lagi.

2.Drive Belt Putus

Drive belt ac putus, atau anda mengenalnya dengan fan belt. Jika ini putus, maka sudah pasti jadi penyebab ac mobil tidak dingin. Sebab fungsi atau cara kerja fan belt ini adalah untuk menyalurkan putaran mesin dan kompresor ac.

3.Radiator kotor dan Kondensor

Kotornya pada permukaan kondensor atau radiator oleh debu dan karat, atau tertekuknya sirip mengakibatkan terhambatnya pembuangan panas dari freon. Denagan tekanan tinggi yang tidak sempurna pada kondensor tersebut maka proses kondensasi pun ikut kurang sempurna, dan ac tidak dingin.

4.Putaran lemah pada Motor Cooling Fan Mati atau mungkin Putarannya Terbalik

Terganggunya motor cooling fan/extra fan dengan tanda-tanda putaran lemah/ mati, menyebabkan pembuangan panas di kondensor kurang lancar. Termasuk jika motor cooling fan terbalik, sebab angin yang di hembuskan tersebut akan mengarah kedepan.

5.Putusnya spul magnetic clutch atau Field Coil

Field Coil yang mati, putus dan terbakar membuat armature asembly tak terhubung pada puli kompressor ac untuk ikut berputar dengan mesin. saat ac dihidupkan akan terlihat kompresor ac tidak berputar.


6.Sebab Tekanan sistem AC Mobil berlebih

Over heat pada system ac akan terjadi saat tekanan system ac berlebihan. Ini akan mengakibatkan high pressure switch bekerja dan memutus arus listrik menuju Field Coil melalui magnetic clutch. Jika pada kompressor ac mobil yang di lengkapi dengan temperature switch, jika ac mobil panas otomatis temperature switch pada body kompressor bekerja tapi memutus arus listrik menuju Field Coil.

7.Kelebihan oli kompressor

Kita perlu tahu bahwa pada Sistem Ac mobil suadah memiliki volume atau ruang isi yang tetap, dan jika memaksa oli kompressor lebih dai yang seharusnya maka ruang untuk freon ac pun otomatis berkurang. Misal, jika pada mobil sedan perlu freon 0,40 kg, dan jumlah tersebut sudah terisi. tapi juga kelebihan oli kompressor, maka akibatnya terjadi tekanan berlebihan. Sedang jika harus mengurangi jumlah freon maka ac kurang dingin atau bahkan dingin.

8.Kompressor Aus

Penyebab ac mobil tidak dingin akibat kompressor AC aus membuat tekanan tidak normal, atau juga di tandai dengan timbulnya bunyi pada kompresor saat ac mobil hidup. Maka akibatkan bisa dilihat pada sigh glass hitam, katup expansi tersumbat dan receiver driyer.

9.Evaporator Kotor atau tersumbat

Aliran angiN/udara dari AC yang kurang kecang biasanya di sebabkan adanya kotoran pada permukaan evaporator. Kotoran ini sering kali berupa debu, hasil hisapan dari double blower yang kemudian menempel pada permukaan evaporator tersebut. Penyebab kedua, biasanya filter ac yang kotor dan penuh debu karena jarang di bersihkan.

10.Tersumbatnya Saluran Buang Air Kondensasi

Melalui hasil kondensi permukaan evapotator bisa memenuhi rumah evap dengan air akibat tersunbatnya saluran buang kondensasi. Kemudian akan berubah seperti embun dan kemudian menetes di bawah dashboard mobil Anda. Selain dapat menyebabkan adanya tetesan air dari rumah evaporator, juga bisa membuat hembusan angin dari blower berkurang, dan akhirnya ac mobil kurang dingin.

11.Overheating

Overheating tidak hanya akan menyebaban mobil macet, tapi temperatur tinggi pada mesin juga salah satu penyebab ac mobil tidak dingin. Penyebab masalah ac mobil ini juga terhubung dengan beberapa point diatas, diantaranya meliputi kipas kondensor mati/kipas radiator .

12.Pemakaian Freon

Untuk beberapa masalah mobil ac kurang dingin, pemakaian freon juga berpengaruh terhadap penyebab ac mobil kurang/tidak dingin.
Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Dan Cara Mengatasinya | Tri Sunenti | 5