Pengertian & Cara Simpel Memilih Speaker Aktif Terbaik | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Pengertian & Cara Simpel Memilih Speaker Aktif Terbaik

Pengertian speaker secara umum adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai output suara dari dari komponen, misal head unit atau soundcard pada komputer. Tapi berbeda dari sistem audio mobil, Speaker untuk komputer lebih identik dengan kebutuhan multimedia serta game. Bahkan hampir semua perangkat elektronik memerlukan teknologi speaker terbaik.

Semakin banyaknya kebutuhan dan merk speaker, dalam memilih mobil speaker terbaik kita bisa berfokus pada tingkat efisiensi, ukuran & kualitas. Dan berikut secara singkat Tips;
Teknologi speaker terbaik
Semakin banyaknya kebutuhan dan merk speaker, dalam memilih mobil speaker terbaik kita bisa berfokus pada tingkat efisiensi, ukuran & kualitas. Dan berikut secara singkat Tips;

Cara Memilih Speaker yang Baik

Cara Memilih Speaker yang Baik
Cara Memilih Speaker yang Baik

1. Ukuran

Sebelum membeli pastikan dulu tujuan memiliki speaker, tentang ukurannya, berapa jumlah & besar frekuensi yang dibutuhkan.

2. Suara

Sudah pasti Cara memilih speaker yang baik adalah dengan mempertimbangkan output suara yang dihasilkan.

3. Desain & Kualitas

Dalam banyak hal anggaran adalah memang sangat penting, begitu juga untuk membeli speaker komputer maupun kebutuhan audio mobil. Jadi jangan gengsi untuk memilih kualitas terbaik yang sesuai badget.

Perbedaan speaker 2 way dan 3 way


Pengertian dari Speaker 2 way ialah speaker yang memiliki 2 sistem frekwensi, yakni rendah serta tinggi. Sedang dalam dalam pemasangan 2 way ini bisa dengan speaker woofer maupun tweeter. Lalu untuk Jenis Speaker 3 way memiliki pengertian dengan 3 jenis frekwensi, rendah, menengah serta tinggi. Kemudian kemampuanya mampu menghasilkan frekwensi mulai dari 20Hz - 20KHz.

Mengenal Berbagai Macam dan Jenis Speaker


Mengenal Berbagai Macam dan Jenis Speaker
Mengenal Berbagai Macam dan Jenis Speaker
Untuk mendapatkan suara yang lebih keras dan enak untuk didengar, kita memerlukan speaker aktif sebagai pengeras suara. Tapi tetap saja didalam speaker aktif terdapat speaker pasif dalam sebuah box yang terintegrasi dengan power amplifier. Dengan demikian kita tidak memerlukan amplifier lagi untuk mengaktifkannya.

Berbagai bentuk speaker pasif diantaranya ada yang lonjong, corong serta bulat. Dari kesemuanya masih ada yang menggunakan magnet, tapi ada juga hanya berupa kumparan. Mari kita ketahui apa saja jenis speaker pasif.

Jenis speaker berdasarkan frekwensi


Sub Woofer
Dengan Subwoofer memungkinkan kita untuk mendengarkan nada rendah atau full bass, sebab jenis speaker ini mampu menghasilkan frekwensi suara 20Hz - 200Hz. Dan karena menghasilkan getaran yang cukup tinggi maka memerlukan box sendiri, yang bisa kita kenal sebagai box subwoofer.

Woofer
Untuk menghasilkan suara ngebass, kita memerlukan jenis Speaker yang dapat menghasailkan frekwensi rendah, yakni Woofer, mampu menghasilkan 40Hz - 1000Hz. Woofer mudah di temukan pada hampir semua jenis speaker aktif. Untuk hasil terbaik dalam hal suara, woofer harus dipasang pada sebuah box, yang biasanya sudah digabungkan dengan tweeter serta midrange. Dan untuk ukuran sendiri mulai dari 4-6-8-10 dan 12, dst.

Midrange
Midrange menghasilkan frekwensi menengah, pada 500Hz - 5000Hz. Jadi memungkinkan untuk suara yang terdengar lebih jelas seperti seperti aslinya. Anda bisa menemukan jenis speaker ini pada speaker aktif 3 way. :)

Tweeter
Tweeter merupakan jenis speaker yang memiliki kemampuan menghasilkan frekwensi antara 5000Hz hingga 20.000Hz. Dengan frekwensi tersebut suara yang dihasilkan otomatis lebih melengking. Adanya tweeter pada speaker aktif memungkinkan kita untuk mendengar melodi gitar, angklung atau juga kaca pecah dengan lebih jelas lagi.

Full range
Sesuai dengan namanya, Speaker Full range mampu menghasilkan nada rendah, menengah hingga tinggi. Jadi type ini memang cocok sebagai speaker sound system, agar suara mampu terdengar dikejauhan. Dan untuk ukurannya sendiri mulai dari 10-12-15-18,dst.

Ok! sekian dan semoga artikel singkat di Teknovanza ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Silahkan baca mengenai speaker lainnya ataupun yang khusus pada pembahasan Speaker Audio mobil.
Pengertian & Cara Simpel Memilih Speaker Aktif Terbaik | Tri Sunenti | 5