Cara Pilih Amplifier Untuk Sistem Audio Mobil Terbaik | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Pilih Amplifier Untuk Sistem Audio Mobil Terbaik

Fungsi pemasangan amplifier untuk sistem audio mobil adalah bertujuan memperkuat sinyal suara dari head unit atau sumber utama yang lain, selanjutnya disalurkan ke speaker mobil.

Dengan kata lain cara kerja Amplifier adalah menerima sinyal dari sumber suara yang kemudian mengelolanya hingga sinyal suara lebih bertenaga, banyak daya serta kekuatan untuk mengeluarkan suara melalui speaker. Dan untuk mendapatkan kebutuhan energi maksimum yang dibutuhkan berupa gelombang suara.
Cara Pilih Amplifier Untuk Sistem Audio Mobil Terbaik
Cara Pilih Amplifier Untuk Sistem Audio Mobil Terbaik

Pada dunia otomotif khususnya sistem audio mobil, kita kenal dengan multi-channel dan tipe mono blok. Penggunaan Multi-channel pada amplifier umumnya bertujuan memperkuat sinyal suara output audio berupa arus listrik ke speaker mobil.

Sedangkan mono blok secara khusus kita digunakan untuk menguatkan sinyal yang akan dituangkan pada subwoofer mobil (audio sound) yang memang membutuhkan tenaga besar.

Diantara beberapa jenis amplifier mobil, terbagi pada kelompok A, AB, B, D, Tube, Hybrid, kemudian dari masing-masing jenis amplifier mobil tersebut memiliki karakter output daya tersendiri yang berbeda.

Kelompok A: Pada kelompok pertama ini memiliki kualitas audio terbaik dalam menghasilkan suara yang lebih bagus. Akan tetapi untuk jenis amplifier ini sangat boros energi juga cepat panas. Dan untuk harga Amplifier mobil ini terbilang paling mahal dan juga tergantung merek itu sendiri.

Kelompok B: Untuk kelompok B, termasuk tipe yang tidak menghasilkan panas yang berlebihan dan juga cukup hemat energi. Meski demikian tetap mampu menghasilkan suara audio mobil yang cukup bagus.

Kelompok AB: Nah, ini merupakan yang paling banyak diminati para pemain audio mobil. Dari kombinasi Amplifier Kelompok A serta B, memungkinkan untuk lebih efisien dan fleksibel pada penggunaan sistem audio mobil juga kualitas suara yang lebih baik ketimbang jenis B diatas.

Kelompok D: Jenis Amplifier ini merupakan yang paling diminati untuk drive subwoofer juga untuk penggunaan konsep Sound Pressure Level. Yang perlu diketahui dari Amplifier Kelompok D adalah memiliki Watt atau kekuatan yang besar hingga kemampuan untuk bertahan di bawah 1 ohm. Dengan kemampuan tersebut, maka kelebihanya Amplifier mono blok dapat menghasilkan suara bass yang lebih dinamis.

Hybrid: Pada tipe Amplifier Hybrid, transistor dan tabung digunakan pada komponen elektronik penguat hibrida. Gabungan senyawa ini membuat tipe amplifier Hybrid mampu menghasilkan kualitas suara berkarakter tebal. Lengkap beserta akurasi tonal yang baik mirip tabung amp penuh, dan letak perbedaannya adalah harga Amplifier yang lebih terjangkau.

Tube / Tabung: Pada jenis amplifier tube ini berkemampuan menghasilkan kualitas suara audio mobil yang lebih bagus beserta karakter vokal yang terdengar lebih alami, tidak kaku. Harga Amplifier tube terbilang cukup tinggi alias mahal.

Berdasarkan perbedaan yang besar dalam hal kualitas, karakter serta komponen amplifier diatas terbukti bahwa amplifier mobil berkualitas berpengaruh pada karakter juga kualitas suara yang dihasilkan pada penggunaan sistem audio mobil.
Cara Pilih Amplifier Untuk Sistem Audio Mobil Terbaik | Tri Sunenti | 5