Plus Minus 8 Desain Boks Subwoofer Untuk Audio Mobil | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Plus Minus 8 Desain Boks Subwoofer Untuk Audio Mobil

Performa subwoofer adalah salah satu faktor penopang kualitas audio mobil yang bagus. Sebab subwoofer mobil ini mempunyai fungsi untuk menghasilkan suara yang solid pada bass rendah. Dan untuk menghasilkan suara yang nyaman dan berkualitas, memerlukan desain boks subwoofer terbaik juga.
Boks Subwoofer mobil
Boks Subwoofer mobil

Keperluan akan boks subwoofer untuk audio mobil harus sesuai dengan jenis serta ukuran. Untuk memiliki hasil terbaik, pastikan sesuai dengan data teknis yang di rekomendasikan untuk type subwoofer tersebut. Sebab kotak subwoofer ini terbagi sesuai jenis maupun model. Cara memilih box subwoofer, silahkan sesuaikan dengan ukuran, desain hingga model boks yang Anda inginkan. Mereka para tukang install audio mobil biasanya ciri lain dalam mendesain boks subwoofer, dan tetap memakai rumus perhitungan dalam merancangnya.

Boks Subwoofer mobil
Boks Subwoofer
Dan yang perlu kita ketahui adalah tiap tipe boks atau kotak subwoofer terdapat Minus serta Plus tersendiri. Jadi untuk mendapatkan hasil yang optimal kita perlu mengaplikasikan tipe boks secara tepat. Nah.. untuk itu Teknovanza akan memberi informasi mengenai 8 jenis boks subwoofer, Plus apa saja Plus dan Minusnya. Dengan membaca Artikel ini semoga bisa di jadikan acuan ketika memilih model boks subwoofer untuk mobil yang sesuai:

Boks Subwoofer Mobil

01. Sealed Box


Tipe dari bentuk box subwoofer ini ialah penggunaan perhitungan volume dalam mengurangi perubahan maupun pengendalian. Ciri khusus dari sealed box adlah adanya ruang boks yang tidak berlubang, kemudian desain kotak subwoofer ini ialah kemampuanya dalam menghasilkan dentuman bass yang halus dan respon yang tepat. Sering kali boks sealed ini dikombinasikan subwoofer reverse dalam instalasinya.

Plus Sealed Box adalah ukuranya yang relatif kecil, namun mampu menghasilkan tenaga yang besar. Plus selanjutnya adalah mudahnya untuk direproduksi, sehingga kesalahan dalam pembuatan bisa minim.

Dan Minusya adalah Efisiensinya yang terbatas

02. Vented (Ported)



Desain dari jenis kotak subwoofer ini adalah penggunaan port atau lubang. Pembuatan port difungsikan untuk menambah output frekuensi rendah di dalam boks via perpindahan udara. Ibarat piston, udara di dalam boks subwoofer tersebut dikeluarkan melalui lubang tersebut, kemudian proses perpindahan udara tersebut bisa memperbesar frekuensi pada subwoofer. Umumnya untuk tipe boks subwoofer ini sering di temukan pada sistem SQ maupun SPL.

Plus: Mungkin nya untuk menambah efisiensi audio, sedikit distorsi, kemampuan untuk output frekuensi rendah.

Minus: Cara membuat boks subwoofer agak rumit, Ukuran yang identik besar serta, tidak memiliki control tuning frequency.

03. Infinite Baffle (free air)



Model Subwoofer yang cocok untuk mobil sedan. jenis boks subwoofer ini berdesain menempel dan terpisahnya antara gelombang depan dan belakang.

Plus: efisiensi ruang, resonansinya yang sangat rendah.

Minus: Sulitnya dalam memperkuat gelombang depan dari belakang dan terbatasnya Output.

04. Acoustic Couple



Acoustic Couple adalah jenis boks subwoofer yang menggunakan dua Subwoofer danterpasang rapat pada boks, agar bisa menambah volume audio mobil.

Plus: Cara membuat boks subwoofer ini mudah

Minus: output setiap driver terdapat perbedaan data, karena tanpa tambahan penguat maka bentuk boks subwoofer ini cenderung lentur.

05. Isobaric


Jenis boks subwoofer Isobaric ini sama seperti seperti Acoustic Couple, yakni menggunakan dua subwoofer. Tapi untuk boks Subwoofer Isobaric ke-2 subwoofer dipasang dengan saling berhadapan (dengan satu sistem kabel berlawanan), istilah kerennya face to face. Jika dilihat secara umum boks Isobaric memiliki 2 amplifier & 2 subwoofer.

Plus: Tingkat distorsi rendah & Ukurannya yang kecil

Minus: ukurannya terlalu kecil dengan efisiensi yang juga sangat kecil dan ukuran dua subwoofer yang cukup standart.

06. Reflex bandpass


Boks subwoofer yang di bentuk sealed dengan didesain berbentuk port agar memiliki filter lowpass dan bisa menambah tingkat efisiensi frekuensinya. Ciri dari jenis Boks Subwoower ini adalah terdiri dari dual reflex bandpass serta single reflex bandpass. Dan yang perlu di ketahui, untuk mendapatkan kualitas audio mobil terbaik, kedua boks tersebut memerlukan tuning yang beda.

Plus: Cukup efisien untuk bandpass serta cocok untuk penambah tenaga serta frekuensi yang dihasilkan. Model bok subwoofer ini sangat cocok untuk mobil berdaya rendah.

Minus: Subwoofer model ini mudah rusak dan distrosi yang tinggi dengan ukuran yang relatif besar dan cara & proses pembuatan boks rumit.

07. Aperiodic

Desain boks Aperiodic memanfaatkan selaput luar untuk meratakan impedansi yang dihasilkan & memperkecil subwoofer.

Plus: Efisiensi ruang

Minus: Memerlukan subwoofer besar dengan efisiensi audio yang rendah, Kemudian cara pembuatan boks subwoofer sulit serta memerlukan tuning yang tepat juga.


08. Labyrinth



Model Labyrinth berbentuk unik, merupakan jenis boks subwoofer yang untuk menghasilkan output yang besar memerlukan sekat didalamnya. Jika Anda menemukan banyak sekat di dalamnya maka itu adalah Boks subwoofer jenis Labyrinth.

Plus: Pada frekuensi tertentu boks Labyrinth mampu menghasilkan output yang maksimal.

Minus: Karena ukuanya yang besar maka kurang praktis serta proses pembuatan boks ini juga sulit.

Boks Subwoofer
Boks Subwoofer
Ok! semoga dengan informasi 8 jenis boks subwoofer diatas, bisa memudahkan Anda dalam memilih yang sesuai dan cocok dengan mobil Anda. Tips, sebelum membeli atau membuatnya pastikan untuk mempertimbangkan apa Plus serta Minusnya.
Plus Minus 8 Desain Boks Subwoofer Untuk Audio Mobil | Tri Sunenti | 5