Tutorial Cara Memasang Sistem Audio/Video Kamera Mobil Baru | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Tutorial Cara Memasang Sistem Audio/Video Kamera Mobil Baru

Untuk memasang sistem audio video mobil sendiri, yang terpenting adalah adanya waktu luang yang cukup. Sebab cara pemasangannya pun terbilang mudah, asal mengetahui fungsi setiap kabel yang ada. Jadi anak SD pun asal mengetahui hal tersebut pasti juga bisa memasangnya.

Cara Memasang Sistem Audio/Video Kamera Mobil Baru
Cara Memasang Sistem Audio/Video Kamera Mobil Baru

Jika sebelumnya cara memasang audio video mobil sendiri terbagi dalam beberapa halaman, dan mungkin juga menggunakan bahasa yang kurang di mengerti, kali ini Teknovanza akan coba urai secara lengkap, termasuk mengenai kabel standar pada sistem stereo mobil. Dengan demikian Teknovanza yakin, Anda bisa memasang sistem audio mobil sendiri tanpa mengeluarkan jasa instalasi, sebab memang tidak memerlukan pengetahuan tingkat tinggi untuk bisa melakukanya.

Daftar peralatan Yang Harus Anda Siapkan Sebelum Mulai Memasang Sistem Audio Video Mobil

  • Solasi
  • Kabel
  • Soldering Iron dan Solder Lead
  • cutting plier
  • multimeter
  • Screwdriver
  • Spanar soket
  • Alat untuk membuka cover interior
    Alat untuk membuka cover interior
    Alat untuk membuka cover interior
  • Head Unit Removal Key
  • Cable Ties
  • Waktu Anda

Jika ada alat berikut ini adalah suatu kelebihan:


  • Mesin bor tangan / hand drill
  • Kit wire Crimper beserta terminal kabel
  • Wire connector
  • Solder flux
  • Wire sleeve / sleeving tube

Jika yang Anda punyai adalah model head unit CD / DVD terbaru, umumnya tersedia satu plug wire harness selanjutnya bagian belakang head unit terdapat soket untuk wire harness serta minimal 2 terminal RCA (kanan(-)kiri). Dan hanya type head unit lama yang tidak tersedia konektor RCA.

Berdasarkan jenis & merk mobil, Wire harness memiliki perbedaan jumlah pin, meski fungsi kabel bisa dibilang sama. Pada CD head unit biasanya 16 pin. Sedang jika sudah support DVD juga sistem android bisa 18 lebih pin.

Berikut fungsi dari kabel Wire Harness sesuai warna:

Wire Harness
Wire Harness

 

01. Kuning - disambungkan ke aki mobil
02. Merah - disambungkan ke ACC switch, kunci ON sistem elektrikal mobil
03. Hitam - adalah ground
04. Putih - untuk speaker depan kiri (+)
05. Putih strip hitam - untuk speaker depan kiri (-)
06. Kelabu - untuk speaker depan kanan (+)
07. Kelabu strip hitam - untuk speaker depan kanan (-)
08. Purple - untuk speaker belakang kanan (+)
09. Purple strip hitam - untuk speaker belakang kanan (-)
10. Hijau - untuk speaker belakang kiri (+)
11. Hijau strip hitam - untuk speaker belakang kiri (-)
12. Biru strip putih - disambungkan ke motor listrik antena radio mobil. Abaikan jika tidak menggunakanya (cukup di amankan dengan solasi untuk menghindari korsleting)
13. Biru - disambungkan ke terminal remote amplifier jika menggunakanya.
14. Oranye (jika ada) - untuk illumination disebut dimmer

Paling umum hanyalah 13 kabel saja, tapi tidak semua harus di sambungkan jika ada 16-18 atau lebih. Dalam pemasangan sistem Audio mobil memang beberapa fungsi untuk diabaikan, dan jika memang ada 18 atau lebih, jangan khawatir, sebab semua informasi yang anda perlukan akan ada pada petunjuk instalasi head unit mobil yang Anda beli.

Reverse Camera/Video Out Connector

Untuk head unit type DVD player yang bisa memutar video, akan tersedia konektor Video Out. Anda perlu menghubungkan Video Out dan RCA cable pada monitornya. Sedang jika memasang kamera pada body mobil dan itu adalah head unit double din ber-touch screen, sambungkan kabel dari kamera pada konektor Video In di head unit tersebut, meskipun itu adalah kamera tersembunyi tu reverse.

Kabel kamera mobil umumnya memiliki 3 jenis, yakni positif, remote serta ground. Cara mengaktifkan kamera mobil hanya saat di reverse, buat sambungan T-joint kabel positif dari kamera ke kabel positif. Yang perlu di ketahui, lampu reverse ini adalah lampu putih yang ada di bagian belakang. Kamera akan diaktifkan secara autmatik jika Anda masuk ke gear reverse, dan lampu reverse juga akan muncul di layar head unit. Dan jika gear reverse dibatalkan maka akan kembali ke layar asli.

Jika ingin menggunakanya sebagai kamera CCTV, atau membuat rekaman video saat mengemudi, biasanya terminal output kamera menggunakan kebel RCA warna kuning. Caranya hanya tinggal mencolokkan kabel output pada terminal input videodi head unit mobil Anda.

Cara Memasang Head Unit Mobil Baru

RCA input belakang head unit mobil
RCA input belakang head unit mobil

Cara 1, Langkah melepaskan kabel negatif dari terminal aki mobil

Sebelum mengeluarkan head unit mobil yang lama, pastikan untuk mencabut kabel negatif aki mobil, demi keamanan dan jauhkan benda yang bisa dengan mudah di aliri arus listrik.

2. Cara mengeluarkan head unit yang lama, tarik keluar hanya sekitar 6 - 8 inci untuk memastikan tidak ada kabel terputus atau tercabut, mengunakan removal pin. Sedangkan jika head unit mobil Anda terpasang pada belakang panel dashboard, yang pelu Anda lakukan terlebih dahulu adalah membuka panel dashboard.

3. Setelah berhasil mengeluarkan head unit, perhatikan dan buat sebuah catatan mengenai sambungan kabel yang ada. Sekiranya head unit mobil lama menggunakan wire harness yang sama dengan head unit baru yang ingin di pasang, cara memasang head unit baru ini akan lebih mudah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencabut wire harness dari head unit lama serta plug-in dan di hubungkan pada head unit baru (jangan memotong kabel). Langsung saja lompat menuju langkah no 6.

Dan untuk yang tidak ada wire harness atau juga jumlah pin wire harness berbeda, masih tetap mengikuti langkah-langkah selanjutnya.

Perlu Anda ingat bahwa jangan memotong kabel antena radio di dashboard. Sebab kabel antena radio sama, jadi hanya perlu plug-in menuju head unit mobil yang baru.

Ketika menarik keluar head unit lama jangan sampai memutuskan sambungan kabel, atau Anda harus lokalisir satu persatu untuk memperbaikinya. Jika kabel speaker mobil tersebut tidak sama seperti umumnya berarti ada tanda untuk membedakan antara positif serta negatif. Anda harus bisa memastikan mana kabel aki, kabel ground, serta kabel aksesoris.

Head unit mobil OEM

Jenis Head unit mobil OEM umumnya menggunakan warna kabel yang sama, yakni putih. Jika memang demikian, solusi mudah yang cepat adalah mencari/membeli adapter untuk head unit mobil OEM sesuai merk/type mobil. Karena Adapter mobil tersebut sudah pasti sesuai dengan head unit OEM yang Anda perlukan. Selanjutnya tinggal mengoneksikan kabel dari adapter menuju head unit baru sesuai warnanya.

4. Setelah mencotoh koneksi sesuai warna kabelnya, potong sambungan kabel dashboard yang menuju head unit yang lama. Potong kabel agak panjang untuk memudahkan Anda dalam menghubungkan nya ke head unit baru yang ingin di pasang. Cara menghubungkan kabel sebaiknya mengunakan solder agar tidak mudah lepas.

5. Sambungkan kabel menuju head unit baru sesuai fungsi kabel masing-masing, lihat petunjuk atau yang Teknovanza tulis di atas tadi. Kabel aki menuju aki. Kabel speaker menuju speaker. Kabel aksesori menuju aksesoris. Dan untuk type head unit baru dengan built-in amplifier sambungkan ke speaker. Anda bisa membaca disini; cara memasang speaker mobil. Namun sekiranya menggunakan amplifier bukan built-in, Cara menghubungkannya bisa dengan kabel RCA dari belakang head unit menuju amplifier. Dan Koneksi RCA umumnya 2, yakni kiri serta kanan.

Untuk type mobil lama tanpa kabel aksesoris, Anda dapat menghubungkan kabel warna kuning (aki) dan kabel merah (aksesoris) menuju aki mobil. Jenis warna kabel kuning tersebut umumnya merupakan kabel constant power dimana head unit mobil perlu sedikit daya dari aki tanpa peduli mesin mobil tersebut mati. Fungsi ini adalah berguna untuk kesinambungan jam dan memori stasiun radio atau settingan lain di head unit.

Anda harus melakukannya dengan benar. Hubungkan ground (kabel hitam)menuju body mobil pada permukaan logam tanpa berlapis cat agar arus mengalir. Kabel Warna hitam ini merupakan terminal negatif untuk sirkuit sistem audio mobil. Sebab jika Anda tidak melakukannya dengan benar maka head unit tersebut tidak akan berfungsi. Untuk mengkoneksikan ground, pilihlah tempat yang kokoh dan stabil.

Cara yang baik untuk mengkoneksikan kabel ke setiap speaker mobil Anda, sebaiknya menggunakan solder dan gunakan juga sleeving tube. Sedang untuk mengkoneksikan ke aki mobil serta ACC mengunakan plug connector. Di era yang serba mudah dan praktis ini, sekarang banyak tersedia jenis konektor kabel yang tidak perlu solder, sekrup dan kelebihanya mudah dibuka juga untuk digunakan berulang kali. Namanya adalah spring connector.

6. Merapikan semua sambungan kabel mengunakan solasi. Jika tidak di tata dengan baik ada potensi mempengaruhi kualitas suara audio mobil ketika melewati jalan yang tidak rata. Jangan lupa agar sambungan kabel speaker mobil kuat dan kokoh. Buat susunan kabel agar mudah diidentifikasi. Dan untuk amplifier harus terpasang pada tempat yang stabil.

7. Sebagai protection aki menuju sistem audio mobil, head unit serta amplifier Gunakan satu fuse jenis AGU dengan holder. Kemudian hubungkan terminal negatif aki, lalu hidupkan mesin, patikan head unit baru yang sudah terpasang tersebut bekerja. Pastikan juga semua speaker mobil berfungsi dengan baik. Dan Anda perlu memeriksa semua sambungan kabel jika di perlukan, tapi pastikan untuk mencabut terminal negatif aki sebelum Anda mulai memeriksanya. Tapi jika semua sambungan kabel sudah benar dan tetap tidak berfungsi, coba Anda sambungkan dua kabel merah pada aki dan kuning + 12V paralel menuju kabel aksesoris. Lihat Gambar Dibawah yang di beri ligkaran merah:
Fuse AGU
Fuse AGU


Jika semuanya berfungsi dengan baik, Anda tinggal memasang kembali semua cover di semua bagian. OK! Selamat Sekarang Anda sudah berhasil menginstal Sistem Audio Video Mobil Anda sendiri tanpa jasa tukang instalasi.
Tutorial Cara Memasang Sistem Audio/Video Kamera Mobil Baru | Tri Sunenti | 5