Cara Mengendarai Mobil Matic Agar Irit Bagi Pemula | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Mengendarai Mobil Matic Agar Irit Bagi Pemula

Tips Dan Cara Mengemudi Mobil Matic Yang Benar Bagi Pemula Agar Irit BBM

Cara Mengemudi Mobil Matic Yang Benar Bagi Pemula
Cara Mengemudi Mobil Matic Yang Benar Bagi Pemula
Minat konsumen terhadap mobil matic kian terus meningkat. Meski kendaraan praktis ini dibilang boros bahan bakar. Tapi mobil matic irit dan tidaknya ialah tergantung karakter atau cara mengemudi mobil matic.

Yups, benar karena kepraktisan cara mengemudi yang lebih nyaman untuk lalu lintas yang selalu macet adalah argumen yang paling banyak di utarakan konsumen yang memilih mobil matic honda. Tapi pertimbangan yang acap kali membuat mereka kembali memilih mobil manual adalah karena borosnya konsumsi BBMnya.

Tapi selain cara mengemudi mobil matic menjadi penyebab borosnya bahan bakar, penyebab utamanya adalah penggunaan fluida ketika mentransfer tenaga melalui torque converter. Tenaga atau sebagian dari torsi berfungsi meningkatkan tekanan pada fluida saat dilakukan perpindahan gigi. Kemudian, yang terjadi adalah berkurangnya tenaga pada penggerak atau roda mobil. Dan itulah yang membuat mobil transmisi otomatis boros BBM.

Jika pada bawaanya memang sudah lebih boros ketimbang jenis mobil manual, konsumen tetap bisa mensiasatinya dengan cara mengemudi mobil matic agar lebih irit. Pengemudi bisa melakukan cara mengendarai mobil yang lebih baik serta trik yang juga efektif.

Baca Juga:
Cara Mengemudi Mobil Matic yang Baik dan Benar
Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic
5 Tips panduan cara mengemudi mobil matic
Cara Mengemudi Mobil Matic Yang Bijak dan Selamat

Teknik Belajar Mobil Matic Bagi Pemula


Gas Secara Perlahan

Pada dasarnya, cara agar mobil matic irit bahan bakar mudah dan bisa dilakukan tanpa keahlian khusus. Mobil umumnya sudah dapat meluncur maju ketika pedal rem mulai dilepas dan posisi tuas transmisi berada di D. Jadi untuk menambah kecepatan, pengemudi hanya tinggal menekan pedal gas secara perlahan. Agar konsumsi bahan bakar lebih irit, Anda tidak perlu terlalu dalam menekan pedal gasnya. Kecuali jika sedang ingin berakselerasi yang tinggi saat mengemudi mobil matic tersebut.

Perhatikan Putaran Mesin

Biarpun itu merupakan mobil matic atau mobil manual, tips paling efektif cara menghemat bahan bakar adalah dengan memperhatikan RPM atau putaran mesinnya. Dan yang paling umum dalam keadaan normal adalah 2.500-3.000 rpm.

Mengemudi Dengan Kecepatan Stabil

Tidak hanya motor, cara mengemudi dengan kecepatan yang konstan mampu menghemat bahan bakar, karena akan menurunkan intensitas kita untuk memainkan pedal gas. Sebab semakin sering penemudi menginjak pedal gas yang dalam, secara otomatis lebih banyak mengkonsumsi BBM.

Menjaga Jarak Aman

Yups, selain kecepatan yang konstan, dengan menjaga jarak aman kendaraan yang ada di depan juga berpengaruh terhadap irit tidaknya konsumsi bahan bakar. Sebab cara mengemudi mobil matic ini akan mengurangi kita untuk menginjak rem. Jadi saat mobil matic terbaik di indonesia yang ada di depan sedang mengurangi kecepatan, secara perlahan Anda masih berkesempatan untuk ikut mengurangi kecepatan dengan menggunakan engine brake atau mengurangi gas. Sehingga untuk menambah kecepatan lagi pengemudi tidak perlu membuang banyak tenaga dengan cara menginjak gas yang dalam. Dan hal tersebut adalah salah satu cara rem mobil matic terbaik.

Cara Mengemudi Mobil Matic Pada Saat Macet

Transmisi di posisi 2/S sangat cocok ketika Anda sedang melewati jalur yang sering macet. Ibarat mobil manual ini sama saja dengan posisi gigi 1 atau 2. Maka pengemudi mendapatkan engine brake ketika mobil maju perlahan saat macet dan melepas gas tanpa perlu menginjak rem ketika ingin berhenti mendadak. Dan transmisi pada posisi Netral (N) digunakan untuk lampu lalu lintas dan perlintasan kereta api.

Demikian teori cara belajar menyetir mobil matic untuk pemula agar lebih hemat bahan bakar. Semoga bermanfaat.
Cara Mengendarai Mobil Matic Agar Irit Bagi Pemula | Tri Sunenti | 5