Cara Instalasi Audio Mobil Yang Benar | Teknovanza - Otomotif Audio Mobil

Cara Instalasi Audio Mobil Yang Benar

Cara Merangkai Sistem Audio Mobil

Cara instalasi audio mobil yang benar bukanlah pekerjaan sulit, biarpun bagi pemula. Semua hal yang berkaitan dengan audio sound system mobil yang terpenting adalah mengerti sistem kelistrikan mobil.

Cara Instalasi Audio Mobil Yang Benar
Cara Instalasi Audio Mobil Yang Benar
Sebelum head unit dipasang pertama yang harus dilakukan adalah melepaskan frame dashboard, kemudian untuk kontrol audio remote yang dipilih adalah kabel warna biru. Fungsi utama dari remote kabel audio mobil ini untuk mematikan amplifier saat head unit dimatikan. Dan beberapa hal dasar tersebut juga tidak jauh beda dengan cara instalasi audio video mobil.

Cara Memasang Ampli Mobil

Hal selanjutnya adalah menentukan dimana Anda akan meletakkan amplifier, bisa di bawah kursi maupun dibagasi. Tapi kalau Teknovanza menyarankan untuk dibawah kursi pengemudi. Keuntungan cara instalasi audio mobil yang benar ini adalah bisa menghemat pemakaian kabel, ringkas dan praktis dalam pemasangannya.

Sekarang sampai pada sistem kelistrikan audio mobil. Semoga tidak menjadi masalah besar buat Anda, karena takut listrik. Sambungkan kabel plus dari accu menuju amplifier. Jika sudah sekarang silahkan hubungkan kabel ground body chasis serta baut dengan rigit. Tapi jangan lupa untuk membersihkanya terlebihh dahulu dengan cara mengamplasnya agar chasis body mobil tersebut tidak mudah karatan. Selanjutnya sambungkan remote audio kabel head unit nya dengan power amplifier. Nah, sampai disini untuk cara instalasi audio mobil yang benar sudah menyelesaikan pemasangan kabel pada sistem kelistrikannya.

Cara instalasi audio mobil yang benar selanjutnya adalah menghubungkan kabel RCA pre out audio ke amplifier dari head unit. Agar terhindar dari masalah storing Audio mobil hindari mendekatkan kabel RCA dengan kabel positif, sebab kabel rca terbilang rentan dengan induksi gelombang induksi. Tarik kabel rca tadi untuk di selipkan kedalam karpet mobil Anda.

Setiap Head unit mobil biasanya disediakan jalur rca font dan rear. Yang perlu diketahui dari Cara instalasi audio mobil yang benar ini, rear untuk subwoofer serta front untuk speaker depan. Jika semua sudah selesai silahkan Anda mengkoneksikan kabel remote head unit dengan amplifier. Seperti Yang Teknovanza tulis tadi, dengan kabel remote ini otomatis amplifier akan off jika head unit dimatikan pada posisi OFF. Kabel remote amplifier standart head unit umumnya berwarna biru, tapi untu kbeberap merk hal tersebut bukan jaminan

Pemasangan speaker mobil

Cara pemasangan sistem audio mobil selanjutnya adalah pemasangan speaker mobil terbaik yang Anda miliki, apa pun itu merk speaker nya. Dan jika anda akan menggunakan speaker split, pastikan sudah menyiapkan tempat untuk meletakan pasif crossover. Cara instalasi audio mobil yang benar untuk pasif crossover ini adalah dengan meletaknya di bawah jok, hal ini sudah jelas akan lebih mempermudah pemasangan kabel speaker. Koneksikan kabel midrange ke crossover kabel tweeter dan kabel inputkan dengan dengan Ampli mobil. Agar terkesan rapi, silahkan simpan semua kabel tersebut dibawah karpet.

Sebelum pada tahap cara memasang head unit, langkah instalasi audio mobil selanjutnya adalah mengkoneksikan kabel speaker dengan ampli mobil di jalur terminal front amplifier mobil. Bagi Anda yang menggunakan subwoofer mobil, silahkan tarik kabel nya untuk dihubungkan dengan amplifier melalui terminal rear amplifier yang tersedia. Bagi yang menggunakan aktive slim subwoofer, bisa meletakkanya dikolong jok sopir. Sedang bagi yang menggunakan menggunakan subwoofer komponen, letakan box subwoofer mobil di bagasi.


Pasang head unit di mobil

Head Unit
Head Unit
Langkah terakhir adalah cara pemasangan head unit. Tapi sebelum head unit dipasang, lepaskan terlebih dahulu frame dashboard. Jika sudah sekarang adalah menghubungkan kabel font speaker dengan crosover. Jika tadi kabel warna putih, sekarang kabel kuning hubungkan dengan accu dan kabel merah untuk ac. Sedangkan untuk warna kabel biru untuk remote ampli dan yang hitam adalah kutup negatif. Dan untuk mengkoneksikannya ke amplifier, silahkan jalankan kabel rca front dan rear pada head unit mobil tersebut. Baca juga; Memahami Audio Mobil Untuk Pasang Head Unit Sendiri. Ok! Cara instalasi audio mobil yang benar ini sudah selesai, tapi sebelum head unit mobil tersebut di pasang, sebaiknya rapikan dulu semua kabelnya.
Cara Instalasi Audio Mobil Yang Benar | Tri Sunenti | 5