Tips Memilih Merk Speaker Paling Bagus Suaranya

Seiring berkembangnya teknologi sistem audio, desain merk speaker aktif terbaik pun terus bertambah, mulai dari dengan bentuknya yang unik hingga pada harga murah yang kompetitif. Sebagian dari kita mungkin ada beberapa yang memang fanatic dengan merk sound system terkenal yang banyak dijual di toko online maupun offline. Tapi merk speaker aktif terbaik tersebut belum tentu kualitasnya cocok untuk selera musik kita. Sedang produk terbaru yang belum masuk daftar merk speaker terbaik terkadang malah lebih bagus ketimbang yang sudah terkenal di dunia Audio.

Ciri Speaker Paling Bagus Suaranya

Tips Memilih Merk Speaker Paling Bagus Suaranya
Speaker Paling Bagus Suaranya
Jika dilihat, Secara umum sebuah speaker sound system terbaik memiliki beberapa bagian sesuai fungsi serta peranannya masing-masing. Diantara tanda-tanda merk speaker bagus tersebut terdapat komponen yang berkualitas, dan didikung oleh:
  • Pre Amp
  • Tone control
  • Power Amplifier
  • Loudspeaker
  • Catu Daya
  • Magnet
  • Voice Coil
  • Surround
  • Cone

Merk Speaker Terbaik Untuk Sound System

Hingga saat artikel ini ditulis tidak ada patokan atau standar pasti pada speaker aktif paling bagus suaranya untuk musik, sebab perbedaan selera suara sering membedakan penilaian tersebut. Tapi ada beberapa tolak ukur untuk mengetahui merk speaker sound system terbaik apakah berkualitas. Dan melalui patokan itu bisa kita jadikan cara memilih merk speaker bagus (speaker aktif untuk karaoke di rumah, merk speaker lapangan terbaik, merk sound system outdoor terbaik, speaker terbaik untuk musik, speaker aktif terbaik untuk karaoke, merk speaker aktif berkualitas, merk speaker yang bagus untuk sound system, speaker aktif terbaik untuk musik) hingga dengan mudah kita bisa menentukan mana jenis dan model yang cocok sesuai selera juga kebutuhan yang kita inginkan.

RMS (Power Output)

Pastinya Anda sudah mengenal apa itu Power Output. Rms adalah daya keluaran rata rata pada speaker, entah itu berkualitas, terkenal dan bukan yang terbaik tetap memilikinya. Setiap speaker yang memiliki rms besar umumnya output speaker pun juga besar. Tapi merk speaker terbaik untuk sound system bukan hanya dinilai dari besarnya Peak Music Power Output (PMPO), karena Peak Music Power Output bukan merupakan patokan untuk mengetahi output suatu speaker. Bagi yang sudah mengenal audiphile speakers patinya mengetahui bahwa Peak Music Power Output hanya kekuatan keluaran tertinggi suara dari speaker. Sedangkan peak itu sendiri keluar hanya pada saat tertentu, tidak keluar terus menerus. Jadi cara memilih speaker aktif paling bagus suaranya yakni dengan mencari RMS yang tinggi, dan bukan Peak Music Power Output (PMPO) nya yang tinggi.

Frequency Response

Range atau jangkauan frekuensi yang dihasilkan berpengaruh pada efek suatu speaker. Sedang untuk pendengaran telinga manusia hanya memiliki range antara 20-20KHz. Jadi cara memilih speaker terbaik untuk musik yang kedua adalah pilihlah merk speaker bagus dengan range paling lebar. Cara tersebut bertujuan agar efek yang dihasilkan akan semakin baik, sebab merupakan range frekuensi yang standar sesuai daya dengar kita.

SNR (Signal to Noise Ratio)

Semakin besar nila SNR maka kualitas yang dihasilkan akan semakin bening dan efek yang jelas. Sebab ganguan pada sinyal inputan atau interferensi noise semakin besar nila SNR semakin bagus. Jika SNR pada merk speaker terbaik tersebut tidak lebih besar dari Dinamic Range maka akan terjadi loss signal, atau minimal terdengar suara clipping distorsi.

Speaker

Semakin banyak penggunaan jumlah speaker pada merk speaker terbaik untuk sound system maka akan semakin berkualitas untuk suara yang dihasilkannya. Sebab lebih memungkinkan untuk menspesifikasikannya dan sprektrum suara tertentu yang dihasilkan.
Merk speaker bagus
Merk speaker bagus

Surround Sound

Teknologi yang mampu membedakan sumber suara dan frekuensi untuk dikeluarkan pada satellites speaker aktif terbaik untuk musik adalah Suround sound, yang merupakan hardware decoder. Dan setiap speaker yang mampu men suport teknologi Surround Sound tersebut umumnya merupakan merk speaker sound system yang bagus karena mampu menghasilkan suara terbaiknya.

THD (Total Harmonic Distortion)

Dengan THD kita bisa mengetahui seberapa murni sinyal audio dari sebuah merk speaker subwoofer yang paling bagus.
Merk speaker terbaik untuk sound system
Merk speaker terbaik untuk sound system

Magnetic Shield

Merk speaker terbaik untuk sound system harus memiliki magnetic shield yang merupakan sebuah pelindung magnet didalamnya. Jika speaker terbaik untuk musik tersebut Anda letakan di dekat monitor dan tidak terdapat magnetic shield, akibatnya monitor tersebut akan mengalami kerusakan secara perlahan, kecuali pada merk speaker subwoofer yang paling bagus. Sebab subwoofer pastinya tidak akan Anda letakan didekat monitor, sehinga bukan suatu masalah subwoofer tanpa magnetic shield.
Merk speaker yang bagus untuk sound system
Merk speaker yang bagus untuk sound system
Tips Memilih Merk Speaker Paling Bagus Suaranya | Tri Sunenti | 5